www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
223 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Sumbang 1 Titik Panas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Gubri Ajak Seluruh Elemen Sukseskan Pemilu 2024
Kamis, 01 Juni 2023 - 18:50:27 WIB

PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang, sinergitas kebangsaan diperlukan sebagai bentuk kolaborasi dalam rangka menyukseskan Pemilu.

Menurutnya, dengan konsep kolaborasi semua tokoh, stakeholder, elemen/unsur masyarakat yang berkaitan dengan Pemilu ikut serta mendukung, tentunya penyelenggaraan Pemilu berjalan damai dan berkualitas.

Hal itu disampaikan Gubri saat membuka seminar Kebangsaan dengan tema Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa yang diselenggarakan oleh BEM se-Riau di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis (1/6/2023).

"Keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilu dapat luas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat. Untuk itu seluruh elemen berkewajiban untuk menyukseskan Pemilu ini dengan sebaik-baiknya," ucap Syamsuar dilansir mcr.

Ia menyampaikan, Pemilu yang damai dan demokrasi bermartabat dapat diwujudkan melalui keterlibatan aktif dan kerjasama yang baik seluruh anak bangsa seperti Pemerintah, penyelenggara Pemilu, Partai Politik, seluruh elemen bangsa.

"Selain itu warga negara mempunyai posisi dan pengaruh penting untuk memajukan proses demokrasi dan menyukseskan Pemilu yang damai, aman, nyaman dan bermartabat," imbuhnya.

Menurutnya, Pemilu memiliki fungsi perekat perbedaan pilihan politik di tengah masyarakat yang multikultural. Pemilu bisa menjadi pemersatu, karena tanpa Pemilu, Indonesia bisa tercerai berai karena perbedaan pandangan politik, kepentingan, dan lainnya.

"Dengan Pemilu, perbedaan pandangan politik bisa menyatu dalam bingkai NKRI," terangnya.

Syamsuar berpendapat, slogan Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa harus diinternalisasi semua pihak, terutama peserta Pemilu dan masyarakat pemilih. Jadi bukan hanya penyelenggara Pemilu saja.

"Pemilu nanti harus dapat menyatukan masyarakat, menghargai dan menghormati pilihan politik yang berbeda serta menerima hasil pemilu dengan lapang dada," sebutnya.

Gubri juga menyampaikan tiga poin penting untuk mewujudkan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Pertama, penyelenggaraan Pemilu harus berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Karena menurutnya, jika penyelenggaraan Pemilu sudah sesuai ketentuan, maka kepercayaan publik atas hasil Pemilu akan kuat dan sulit terbantahkan.

"Berbeda jika penyelenggaraannya sudah tidak sesuai ketentuan, maka hasilnya akan mudah diragukan publik," ujarnya.

Kedua, faktor yang dapat mewujudkan Pemilu sebagai integrasi bangsa adalah peserta Pemilu yang mematuhi peraturan. Proses kontestasi diikuti sesuai regulasi, tidak mencari celah hukum untuk membenarkan tindakannya.

"Diantaranya yaitu tidak mengeksploitasi politik identitas, tidak melakukan tindakan yang dilarang, dan sportif dalam berkompetisi," terang Syamsuar.

Ketiga, yaitu warga yang memiliki hak pilih harus menjadi pemilih berdaulat, menjadi pemilih cerdas, memilih dengan pertimbangan rasional, bukan emosional, apalagi politik transaksional.

Maka dari itu, Syamsuar berharap proses integrasi bangsa akan dapat terwujud, dengan keserentakan Pemilu di tahun 2024 dimana pelaksanaan pemilihan kepala daerah juga dilaksanakan di tahun yang sama.

Dengan demikian, proses koalisi dalam pencalonan pemilihan kepala daerah berdasarkan hasil Pemilu 2024, sehingga bisa jadi berbeda platform politiknya saat pemilu, tapi sama tujuannya saat pencalonan kepala daerah.

"Kita semua berharap, dari penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, pemilih dan pemerintah, kontestasi Pemilu 2024 nanti akan benar-benar menjadi sarana integrasi bangsa," pungkasnya.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sebaran titik panas di Sumatera.(ilustrasi/int)223 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Sumbang 1 Titik Panas
Akun Facebook yang mengatasnamakan Syamsuar diduga melakukan penipuan (foto:ist) Awas Penipuan! Marak Akun Bodong Mengaku Sebagai Syamsuar di Media Sosial
Andry Saputra.Sosok Andry Saputra Ketua DPC Gerindra yang Dapat Surat Tugas Maju di Pilwako Pekanbaru
ilustrasi.Warga Heran Jalan Ahmad Dahlan Tak Kunjung Diperbaiki, DPRD Pekanbaru Desak Pemerintah
ilustrasi pameran mobil.Penjualan Mobil Juni 2024, Daihatsu Sigra Terlaris, Toyota Avanza Naik Peringkat
  Hujan di Riau.(ilustrasi/int)Cuaca di Riau hari ini: Cerah Berawan dengan Potensi Hujan Ringan di Malam Hari
Honda WR-V.Kuasai Pasar SUV, Honda HR-V dan WR-V Cetak Penjualan Tertinggi di Semester Pertama 2024
Suhardiman Amby mendapatkan dukungan dari Gerindra untuk maju di Pilkada Kuansing 2024.Suhardiman Amby Kantongi Rekomendasi dari Prabowo untuk Maju di Pilkada Kuansing
Spanduk dan baliho Bacalon Walikota Pekanbaru Agung Nugroho yang bertuliskan "Rangking 1".Spanduk Rangking Satu Agung Nugroho Bertebaran di Pekanbaru, Ini Maksudnya
Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto.Keren! Inilah Daftar Pemenang Riau Bhayangkara Run 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved