www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tingkatkan Kualitas Pendidikan Jadi Upaya Pemprov Riau Selamatkan Generasi Muda
Selasa, 09 Agustus 2022 - 22:43:59 WIB
Gubernur Riau Syamsuar.(foto: mcr)
Gubernur Riau Syamsuar.(foto: mcr)

PEKANBARU - Dalam paripurna HUT ke-65 Riau di DPRD Riau, banyak hal yang disampaikan Gubernur Riau Syamsuar terkait perkembangan dan upaya dalam meningkatkan kualitas dan daya saing masyarakat Bumi Lancang Kuning.

Salah satunya yang disampaikan Gubernur Riau Syamsuar terkait upaya Pemprov Riau untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, dengan meningkatkan kompetnsi guru melalui diklat penguatan kompetensi.

"Penguatan kompetensi guru ini diikuti sebanyak 1.792 tenaga pendidik dan pemberian dana BOS Daerah SMA/SMK/SLB tahun 2020 sebanyak 253.059 siswa dan tahun 2021 sebanyak 258.944 siswa," kata Syamsuar dilansir mcr, Selasa (9/8/2022).

Selain itu, upaya mendukung pendidikan berkualitas di Riau, sebut Gubri, Pemprov Riau juga memberikan beasiswa S1, S2 dan S3 dalam dan luar negeri untuk guru dan anak Riau berprestasi, serta tidak mampu, pada tahun 2021 sebanyak 5.956 orang, dan pada tahun 2022 sebanyak 7.491 orang.

"Dengan kebijakan yang dilakukan pada sektor pendidikan ini memberikan dampak terhadap capaian kinerja rata-rata lama sekolah sebesar 9,19 tahun pada tahun 2021 yang meningkat dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 9,14 tahun," sebutnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menerangkan, sebagai upaya menyelamatkan generasi muda di Riau, Pemprov juga berupaya melakukan pencegahan bahaya narkoba.

Pemprov Riau telah menerbitkan Pergub Nomor 13 tahun 2022 tentang Integrasi Pendidikan Anti Narkoba pada Satuan Pendidikan Menengah dan Satuan Pendidikan Khusus, program ini bekerjasama dengan BNNP Riau.

"Untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM, Pemprov Riau juga telah menetapkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 6 Tahun 2022 tentang penguatan pendidikan dan pelatihan vokasi," jelasnya.

Ia menuturkan, Pergub Riau nomor 6 Tahun 22 tentang penguatan pendidikan dan pelatihan vokasi ini, dilakukan melalui kemitraan dengan industri, dunia usaha dan dunia kerja. "Tentunya sekolah yang menjadi sasaran vokasi yaitu kepada SMK, SMALB, Lembaga Kursus dan Pelatihan serta Lembaga Pelatihan Kerja," tambahnya.

Menurutnya, kebijakan ini dimaksudkan untuk menciptakan, link and match antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri. Saat ini, lanjut Gubri, Provinsi Riau telah memiliki SMK pusat keunggulan sebanyak 43 SMK se-Riau sekaligus telah bekerjasama dengan perusahaan besar, menengah dan kecil.

"Pemprov Riau juga telah bekerjasama dengan PHR dalam peningkatan kualitas manajerial Kepala SMK maupun peserta didik, serta juga telah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi termasuk Perguruan Tinggi Vokasi," terangnya.

"Kerjasama dengan perguruan tinggi vokasi ini, bertujuan untuk meningkatkan sinegritas dari stakeholder terkait, untuk mencetak tenaga kerja tamatan SMK berkualitas sesuai dengan kebutuhan dunia industri," tandasnya.(*)

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved