www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
DPRD Riau: Penggunaan Infrastruktur Jalan Harus Diimbangi Ketegasan Pemerintah
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Gerak Cepat Pembangunan Daerah, Pembangunan Jembatan Desa Tambak dengan Desa Sotol Mulai Dibangun
Selasa, 10 Agustus 2021 - 20:30:08 WIB
H Zukri Misran
H Zukri Misran

PELALAWAN - Pasca dilantik Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih periode 2021-2026 pada Senin (26/4/2021) sore lalu, H Zukri Misran dan H Nasarudin SH MH mulai melakukan gerak cepat untuk menggesa percepatan kemajuan pembangunan daerah yang berjuluk Negeri Seiya Sekata ini.

Satu persatu janji politik kedua putra terbaik kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kampar ini pun mulai direalisasikan. Salah satunya pembangunan jembatan Tambak - Sotol Kecamatan Langgam yang telah bertahun - tahun dinantikan masyarakat setempat.  Apalagi jembatan yang kondisinya sangat memprihatinkan tersebut, telah menjadi saksi pasangan mantan Wakil Ketua DPRD Riau dan Ketua DPRD Pelalawan ini saat mendeklarasikan diri maju bertarung dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pelalawan pada Desember Tahun 2020 lalu.

Lewat visinya yang mengusung program Pelalawan Maju, pembangunan jembatan yang mengubungkan Desa Tambak dengan Desa Sotol dan Segati menuju Ibukota Kecamatan yakni Kelurahan Langgam, telah dimulai pelaksanaannya. Hal ini ditandai dengan diresmikannya peletakan tiang pancang pertama pembangunan jembatan yang juga menjadi salah satu akses jalan darat alternatif yang menghubungkan Kabupaten Pelalawan menuju Kabupaten Kampar dan Kuantan Singingi (Kuansing), oleh Bupati Pelalawan H Zukri, Kamis (24/6) sore lalu.



Turut hadir mantan Bupati Pelalawan HM Harris, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharudin, SH, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan H Syafrizal SE, Ketua Komisi III  Monang Pasaribu, Kepala Bappeda Ir Syarul Syarif MSi, Asisten Administrasi Pembangunan Drs Atmonadi MSi, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan MD Rizal, tokoh adat, tokoh agama beserta masyarakat Desa Tambak yang tampak sangat gembira menyaksikan dimulainya pengerjaan jembatan yang telah lama mereka nantikan.



Dalam penyampaiannya, Bupati Pelalawan H Zukri mengatakan bahwa, dirinya memberikan apresiasi kepada HM Harris. Pasalnya, rencana pembangunan jembatan Tambak ini, sebelumnya telah diprakarsai dan dianggarkan semasa beliau menjabat sebagai Bupati Pelalawan. Hanya saja, akibat adanya keterbatasan anggaran keuangan daerah dan juga dampak pendemi Covid-19, pembangunan jembatan ini baru dapat dimulai pengerjaannya saat dirinya bersama H Nasarudin SH MH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih.

"Jadi, pada masa kepemimpinan kami ini, hanya sebagai pelaksana saja untuk memulai pelaksanaan pengerjaan proyek pembangunan Jembatan Tambak hingga rampung nantinya dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat Negeri Seiya Sekata. Intinya, meski pemimpin daerah yang berasal dari partai politik itu berbeda, namun tujuannya sama. Yakni merealisasikan pembangunan yang adil untuk kesejahteraan masyarakat, tanpa membeda-bedakan. Artinya, saat ini kita tak ada lagi membicarakan kelompok kalah atupun menang, tapi bersama kita wujudkan kemajuan Negeri ini sesuai visi program Pelalawan Maju," terang Zukri.



"Jadi, pada masa kepemimpinan kami ini, hanya sebagai pelaksana saja untuk memulai pelaksanaan pengerjaan proyek pembangunan Jembatan Tambak hingga rampung nantinya dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat Negeri Seiya Sekata. Intinya, meski pemimpin daerah yang berasal dari partai politik itu berbeda, namun tujuannya sama. Yakni merealisasikan pembangunan yang adil untuk kesejahteraan masyarakat, tanpa membeda-bedakan. Artinya, saat ini kita tak ada lagi membicarakan kelompok kalah atupun menang, tapi bersama kita wujudkan kemajuan Negeri ini sesuai visi program Pelalawan Maju sehingga program ini  dapat tercapai dengan optimal," terang Zukri.

Diungkapkan Zukri yang juga menjabat Ketua DPD PDIP Riau ini bahwa, visi program Pelalawan Maju tersebut memiliki makna untuk mewujudkan Pelalawan Makmur, Pelalawan Adil, Pelalawan Jaya dan Pelalawan Unggul. Sedangkan misi dalam Program Pelalawan Maju ini untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan iman (Maju SDM). Kemudian, mewujudkan kemakmuran ekonomi di Perkotaan dan Perdesaan yang mandiri dan berdaya saing (Maju Ekonomi) dan mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan, lengkap dan berkelanjutan (Maju Infrastruktur). Begitu juga untuk mengembangkan pariwisata daerah berbasis partisipasi masyarakat dan budaya melayu sebagai perekat negeri (Maju Wisata & Budaya). Serta mewujudkan Tata Kelola dan layanan Pemerintahan yang humanis (Good Public Services) berbasis data dan teknologi informasi (Maju Kepemerintahan).
 
"Kami akan gerak cepat untuk berbuat dengan maksimal guna mewujudkan percepatan kemajuan pembangunan daerah. Salah satunya merampungkan pembangunan jembatan Tambak ini. Apalagi jembatan ini merupakan akses utama masyarakat Desa Tambak yang menghubungkan sejumlah Desa dan juga beberapa Kabupaten yang berdekatan dengan Pelalawan. Sehingga dapat memudahkan dan memperpendek jarak tempuh masyarakat pengguna jalan. Dan kami optimis kehadiran jembatan yang menjadi akses barang dan akses orang  serta mempermudah keluar masuk hasil pertanian ataupun hasil dari perkebunan, dapat meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Negeri yang terkenal dengan kedahsyatan gelombang Bono yang telah mendunia," ujarnya.

Sementara itu, HM Haris selaku perancang pertama dalam pembangunan jembatan Tambak- Sotol menyampaikan sejarah singkat proses bagaimana perencanaan jembatan Tambak-Sotol hingga akhirnya dibangun. Dimana pembangunan jembatan ini, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hanya saja, akibat keterbatasan keuangan daerah, sehingga pembangunan ini sempat tertunda dan baru dapat direalisasikan pada tahun 2021 ini.



"Jadi awalnya pada tahun 2005 lalu, Pemkab Pelalawan telah membangun jembatan Tambak ini dengan bahan material kayu. Namun akibat adanya larangan menebang kayu oleh Pemerintah Pusat, maka dimasa kepemimpinan saya sebagai Bupati Pelalawan ( 2012-2016 dan 2016-2021,red), jembatan ini direncanakan akan dibangun secara permanen. Hanya saja, akibat keterbatasan anggaran keuangan daerah dan sejumlah kendala lainnya, sehingga pembangunan jembatan itu belum dapat direalisasikan. Dan baru dapat dimulai pelaksanaannya pada tahun 2021 ini,"papar HM Harris.

Meski demikian, sambung mantan Bupati Pelalawan dua periode ini, upaya maksimal telah dilakukannya untuk merealisasikan pembangunan jembatan Tambak itu. Dimana pada tahun 2017 lalu, dirinya telah menginstruksikan Dinas PUPR untuk mengusulkan pembangunan jembatan tersebut melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun, proyek pembangunan jembatan tersebut akhirnya batal karena tidak adanya pihak penyedia (kontraktor,red) yang memenuhi persyaratan. Bahkan, usulan pembangunan jembatan itu melalui DAK tersebut kembali dikirim kepada Pemerintah Pusat, namun kembali gagal dan tidak diakomodir Pemerintah Pusat.



"Alhasil, pada tahun 2020 lalu, kita mengusulkan pembangunan jembatan Tambak ini dibiayai melalui dana APBD tahun 2021. Dan alhamdulillah, pembangunan tersebut telah masuk dalam paket enam pembangunan prioritas Pemkab Pelalawan dengan pagu anggaran sebesar Rp23,5 miliar. Sehingga pengerjaan pembangunan jembatan itu mulai dilaksanakan dengan pemancangan tiang beton pertama oleh Bupati Pelalawan terpilih H Zukri. Untuk itu, saya berharap, siapa pun yang akan menjadi pemimpin Negeri ini, harus melaksanakan program yang berdasarkan kepentingan pembangunan daerah dan juga masyarakat banyak," ujarnya.

Ditempat yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pelalawan MD Rizal Abbas MPd menabahkan bahwa, jembatan Tambak - Sotol yang akan dibangun sepanjang 110 Meter dengan lebar 7 Meter ini, akan menelan pagu anggaran atau nilai kontrak sebesar 23,5 Miliyar. Dan pengerjaannya dimulai dari tanggal 18 Juni-23 Desember 2021 yang akan dilaksanakan oleh PT Agus Jaya Selaras selaku pemenang tender proyek. Sedangkan latar belakang dibangunnya jembatan ini, adalah salah satu akasus utama yang menghubungkan desa Tambak dengan sejumlah desa lainnya seperti Desa Bakung dan Segati. Dan jembatan ini juga menjadi jalan alternatif menuju Kabupaten Kampar dan Kuansing.

"Kami optimis pembangunan jembatan Tambak ini nantinya dapat rampung tepat waktu. Sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat yang telah lama mendambakan jembatan penghubung ini. Dan kami juga berharap, dengan adanya pembangunan jembatan ini kita harapkan semoga giat-giat ekonomi UMKM bergerak cepat, sehingga masyarakat mampu meningkatkan perekonomiannya," tutup MD Rizal yang menjabat Kepala Sinas Arsip dan Pustaka Pelalawan. (adv/ndy)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Anggota DPRD Riau Mardianto MananDPRD Riau: Penggunaan Infrastruktur Jalan Harus Diimbangi Ketegasan Pemerintah
istMoU dengan BRK, Bupati Kepulauan Meranti Optimis Perekonomian Masyarakat Meningkat
Jubir Satgas Covid-19 Riau Indra Yovi5 Atlet Dayung Riau Masih Jalani Isolasi, Kondisinya Membaik
Bapenda Provinsi Riau menggelar penertiban dan sosialisasi pajak kendaraan bermotor (PKB) di pintu masuk Kota Dumai. Bapenda Riau Gelar Penertiban dan Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor di Dumai
Viani Limardi Tak Terima Dituding Gelembungkan Dana Reses, Viani Akan Tuntut PSI Rp1 T
  Kabid Perencanaan Kepegawaian, BKPP Rohul Henni WidyastutiUjian SKD CPNS Rohul Digelar 13 hingga 20 Oktober
Jokowi dan Warga Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove, Kasmarni: Terima Kasih, Pak Presiden
Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat Bengkalis. Tanpa Alas Kaki, Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Bengkalis
PS Kepulauan Meranti berfoto bersama sebelum menjamu PS Bengkalis di Stadion Kaharuddin Nasution, PekanbaruDitahan Imbang PS Bengkalis, PS Askab Kepulauan Meranti Segel Tiket Perempat Final Piala Gubri 2021
Foto bersama disela-sela penyerahan tabung oksigen.Hari Perdamaian Sedunia, The Premiere Hotel Pekanbaru Donor Darah dan Sumbang Tabung Oksigen
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bapenda Gelar Penertiban dan Sosialisasi Pajak Ranmor
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved