www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Sambut Ramadan, Bupati Zukri Ajak Warga Pelalawan Lestarikan Budaya Mandi Balimau Potang Mogang
Jumat, 08 Maret 2024 - 10:36:58 WIB

PELALAWAN - Bupati Pelalawan, H Zukri membuka secara resmi Mandi Balimau Potang Mogang di Kecamatan Langgam sebagai rangkaian menyambut bulan Ramadan 1445 H.

Dalam acara yang digelar di Balai Anjungan Tepian Ranah Tanjung Bunga, Kamis (7/3/2024), Bupati Zukri mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya dan filosofi di balik tradisi tersebut.

"Saya mengajak masyarakat untuk terus melestarikan budaya yang ada di kabupaten pelalawan, salah satunya adalah mandi balimau kasai potang mogang di kecamatan langgam," ujar Bupati Zukri.

Acara Mandi Balimau Kasai Potang Mogang merupakan sebuah prosesi adat yang dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Bupati Zukri melihat antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam acara tersebut sebagai komitmen bersama dalam melestarikan warisan budaya.

"Ramainya masyarakat yang mengikuti acara ini adalah bentuk komitmen bersama dalam melestarikan wisata budaya yang ada di kabupaten pelalawan. Semoga budaya ini bisa diwariskan kepada generasi berikutnya," tambahnya.

Bupati Zukri juga menyampaikan filosofi Mandi Balimau sebagai simbol penyucian diri, sesuai dengan nilai-nilai ibadah puasa yang sebentar lagi akan dimulai.

Dia berharap agar festival budaya seperti ini dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Pelalawan.

"Semoga kita bisa terus melestarikan budaya yang ada di kabupaten pelalawan, dan bisa semakin lebih baik dalam melaksanakan festival budaya yang kita miliki," sebutnya.

Selain itu, Bupati Zukri mengajak masyarakat untuk selalu kompak dan saling tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.

Mandi Balimau Potang Mogang juga dijadikan sebagai ajang menjalin silaturahmi bagi seluruh masyarakat dan pemangku adat dengan anak kemenakan.

Bupati Zukri juga menegaskan komitmen Pemkab Pelalawan dalam menjaga kesejahteraan masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan bagi yang membutuhkan.

Dia menjamin akses berobat dengan cukup menunjukkan KTP, serta memberikan perhatian khusus kepada anak yatim di Kabupaten Pelalawan.

"Jangan sampai ada anak yatim yang terlantar, karena itu adalah tanggungjawab kita bersama. Maka saat ini lebih kurang 5.300 anak yatim di kabupaten pelalawan telah diberikan santunan setiap bulannya oleh Pemkab pelalawan," pungkasnya.

Penulis: Andi Indrayanto
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Bupati Inhil, Herman.(foto: sri/halloriau.com)Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
Ketua Bawaslu, Syamsurizal saat hadiri Rakornas di Medan.Mantabkan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera
Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti, Iptu. Yhon Mabel, S.Tr.K., S.I.K., M.H.Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti Datangi Desa Tanjung Peranap
  Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
Anggota Bawaslu Kepulauan Meranti Rio Andika, M.Pd dan M. Hafit, S.Sos saat menyampaikan hasil pengawasan coklit pada Rakor Evaluasi Pengawasan Coklit Daftar Pemilih di Bawaslu Provinsi Riau.Koordinasi Inten Dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024
Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal MIP.Jelang PSU, Ini Strategi Bawaslu Meranti untuk Cegah Pelanggaran
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved