www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Kisruh Pulau Rempang dan Galang, Maklumat Mabmi Riau Minta Presiden Jokowi Batalkan Penggusuran
Rabu, 13 September 2023 - 10:38:07 WIB
Ketua Mabmi Riau, Datuk H Agustiar SE (foto/Andi-Halloriau)
Ketua Mabmi Riau, Datuk H Agustiar SE (foto/Andi-Halloriau)

Baca juga:

PELALAWAN - Polemik yang terjadi di Pulau Rempang da Galang, Batam, ternyata langsung mengusik puak Melayu dalam arti luas. Tak urung, Majelis Adat dan Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Riau mengeluarkan maklumat.

Maklumat Mabmi Provinsi Riau ini dikeluarkan karena mereka merasa terusik dengan peristiwa yang menimpa masyarakat adat Melayu di Pulau Rempang dan Galang. Akan eksistensi bangsa Melayu dan juga atas nama kemanusiaan mengutuk keras atas peristiwa yang terjadi pada masyarakat di Pulau Galang, Batam. 

"Kami atas nama Mabmi (Majelis Adat dan Budaya Melayu Indonesia) membela dan mendukung penuh perjuangan masyarakat bangsa Melayu pulau Rempang dan Galang di Batam, Kepulauan Riau. Untuk mempertahankan hak dasar mereka, berupa hak atas tanah," terang Ketua Majelis Adat dan Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Riau, Datuk Agustiar, pada halloriau.com, Selasa (12/9/2023). 

Dia juga menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kepala negara untuk membatalkan aksi penggusuran dan pengusiran warga dari perkampungan penduduk di Pulau Rempang/Galang, Batam, Kepulauan Riau. 

"Kami juga mendesak dan menuntut Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir Joko Widodo, sebagai kepala pemerintahan untuk mengembalikan hak atas tanah kepada masyarakat adat suku Melayu di Pulau Rempang dan Galang pada semua perkampungan tersebut. Sebagai perwujudan semangat UUD 1945 yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia," tandas Datuk Agustiar, didampingi Sekretariat Mabmi Riau, Datuk Said Ihsan.

Lanjutnya, dalam maklumat ini juga pihaknya meminta kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Sigit Listyo, agar bisa menarik pasukan Brimob dari Pulau Rempang dan Galang untuk menghindari bentrokan sesama anak bangsa. Mabmi juga meminta kepada Panglima TNI untuk menarik seluruh personil TNI yang diperbantukan mendukung pasukan kepolisian dalam aksi pengusiran dan penggusuran penduduk Pulau Rempang dan Galang, Batam, Kepulauan Riau. 

Tak hanya itu, sambungnya, pihaknya juga mengharapkan pimpinan DPR RI agar turun ke Pulau Rempang dan Galang. Untuk mendampingi masyarakat di sana yang sedang dalam kesusahan dan terluka. Serta melakukan upaya normalisasi situasi secara maksimal. 

"Kepada seluruh masyarakat Melayu di semua daerah di Indonesia dan Asia Tenggara, dalam menunjukkan empati kepada masyarakat Pulau Rempang dan Galang. Hendaknya dilakukan sesuai koridor hukum, tidak berlebih-lebihan dan tetap menahan diri agar tidak timbul masalah baru yang justru dapat merugikan," tukasnya.

Penulis: Andi Indrayanto
Editor: Riki

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot masih menyala di Pulau Sumatera (foto/int)Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
ilustrasi NPWP.Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
Syamsuar, Edy Natar dan Muhammad Nasir.Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
  (ki-ka) Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho, Ida Yulita, dan mantan Pj Wako Muflihun (foto/int)Adu Elektabilitas Jelang Pilwako: Agung Nugroho dan Ida Teratas, Muflihun Ungguli Dr Ikhsan
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
Rektor Umri, Saidul Amin.(foto: mcr)Umri Rayakan Milad Ke-16 dengan Serangkaian Acara Penting
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved