www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Tak Hanya Kaya Vitamin, Nanas Sangat Baik untuk Kecantikan Kulit
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Semua Pihak Harus Berperan Aktif, Jangan Apatis
Senin, 08 Maret 2021 - 20:53:48 WIB
Suasana Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada sejumlah elemen masyarakat, organisasi kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas)
Suasana Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada sejumlah elemen masyarakat, organisasi kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas)

PANGKALAN KERINCI – Kepolisian Sektor (Polsek) Pangkalan Kerinci menggelar kegiatan Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada sejumlah elemen masyarakat, organisasi kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas). Kegiatan ini bekerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang berlangsung di Kantor Polsek, Senin (8/3), Pangkalan Kerinci.

Kapolsek Pangkalan Kerinci, Kompol Novaldi mengatakan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibutuhkan peran aktif semua pihak.

“Kita tidak bisa sendiri, butuh kerjasama semua pihak, termasuk dukungan pihak perusahaan seperti RAPP agar daerah kita terbebas dari karhutla,” kata Kapolsek.

Novaldi juga mengapresiasi adanya program desa bebas api yang ditaja oleh PT RAPP. Namun sayangnya, Novaldi menyebutkan selain faktor alam, masih terdapat unsur kesengajaan dalam pembukaan lahan.

“Masih ada yang membakar, seperti yang terjadi di Kerinci Timur, kita akan panggil pemilik lahannya nanti, karena Kapolda juga sudah memerintahkan untuk menindak para pelaku pembakar lahan tanpa ragu,” tegasnya.

Camat Pangkalan Kerinci, Dodi Asma Putra menghimbau semua pihak untuk peduli dalam mencegah karhutla.

“Kita jangan apatis dan membiarkan saja karhutla terjadi, apapun kondisinya ini tanggung jawab kita bersama. Jika ada daerah yang terbakar, segera lakukan pemadaman, jangan cuek dan hanya menunggu petugas datang,” tuturnya.

Komando Rayon Militer (Koramil) 09/ LGM yang diwakili Peltu Sahata Manurung menyampaikan pada umumnya sebagian besar kebakaran terjadi bukan unsur alam, tetapi juga ulah dari manusia terutama dari pemilik lahan.

“Kami menghimbau kepada pemilik lahan untuk bertanggung jawab. Pemilik lahan justru tidak mau tahu terutama saat musim kemarau,” tuturnya.

Fire Protection and Conservation Manager PT RAPP, Sailal Arimi mengatakan pihaknya konsisten dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.  Untuk memudahkan pemantauan titik panas (hotspot), pihaknya telah memasang kamera pantau jarak jauh (CCTV) di beberapa titik di sekitar area konsesi perusahaan dan sekitarnya.

“Kita juga siapkan nomor telepon hotline karhutla dan RAPP siap membantu, baik pemadaman maupun pencegahan seperti melalui Program Desa bebas Api yang melibatkan masyarakat di desa sekitar,” jelas Sailal.

Program ini memiliki tiga tingkatan yang dimulai dari Fire Aware Community (FAC) yang memperkenalkan inisiatif konsep pencegahan desa bebas api kepada masyarakat.

Kemudian Fire Free Village Program (FFVP) yang fokus kepada edukasi, dukungan peralatan dan membantu desa-desa untuk membuka lahan dengan cara tanpa bakar. Pada tingkat ini, desa-desa peserta program juga akan memperoleh penghargaan jika tidak terjadi satu pun karhutla di desanya selama periode tertentu.

Tingkatan ketiga disebut Fire Resilient Community (FRC) yang merupakan tingkatan tertinggi di mana sebuah desa dinyatakan telah memiliki kesadaran tinggi dalam mencegah karhutla. Tahapan ini desa tidak lagi mendapatkan penghargaan, melainkan akan terus dibina oleh perusahaan secara berkelanjutan. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
RAPP Serahkan Istana Peraduan ke Pemkab Siak Usai Dilakukan Pemugaran
Pembagian secara simbolis bantuan PMT dan posyandu di Kabupaten Siak oleh PT RAPPRibuan Balita di Siak Peroleh Bantuan Stunting
Azrina bersama Ofi Herawati memamerkan pakaian yang terbuat dari viscose-rayon yang diproduksi APR.IWARA RAPP Promosikan Baju Berbahan Viscose di Riau International Fashion Festival 2021
Pakar Lingkungan Unri Muhammad SyafiiSoal Ikan Mati di Sungai Kampar Pelalawan, Ini Penjelasan Pakar Lingkungan Unri
Dian Andi Syahputra meletakkan sandbag di pedalaman hutan. Ia sudah terbiasa menjalani kegiatan pemulihn hutan di RER. Jalan Berkilo-kilo Demi Menjaga Keberlanjutan Hutan
  Danrem Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed M Han secara simbolik menerima hibah bangunan satu unit Wisma Korem 031/Wira Bima 2 lantai.Korem 031/Wira Bima Terima Hibah Bangunan Wisma dari RAPP
Penyerahan bantuanPKK Siak dan PT RAPP Berikan Bantuan PMT dan Peralatan Posyandu untuk 5 Kecamatan
Ketua Komisi I DPRD Pelalawan, Abdul Nasib saat sidak di kawasan PT RAPP. DPRD Pelalawan Bakal Beberkan Hasil Sidak ke RAPP Terkait Ikan Mati di Sungai
Penyelenggaraan MUFFEST 2021 bertema “Recovery For Fashion Industry” ini akan di lakukan di beberapa kota besar dan diawali di Jakarta selama 18-28 Maret 2021Jelang Ramadan, Asia Pacific Rayon Tampilkan Brand Muslim Lokal di MUFFEST
Pembukaan Training Welder Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) Town Site 2, pada Rabu, (24/03/21).Pelatihan Welder Siapkan Kemampuan Teknis Pemuda Tempatan

BERITA LAINNYA    
Tak Hanya Kaya Vitamin, Nanas Sangat Baik untuk Kecantikan Kulit
Puluhan Orang Terjaring Razia Prokes Covid-19 di Rohil
Ditpolair Polda Riau Turunkan Tim Evakuasi Warga Terdampak Banjir
Kasatpol PP DKI Akhirnya Akui Hanya Habib Rizieq yang Dipidana, Begini Respons Jaksa
ilustrasiDiperketat, Ini Syarat Perjalanan 22 April-24 Mei 2021
  Habib Rizieq Emosi Pertanyaannya Dipotong Jaksa: Saya Bertanya Fakta!
Polres Pelalawan Gulung Sindikat Pembobol Brankas Antar-Provinsi dan Kabupaten
Radhar Panca DahanaInnalillah, Budayawan Radhar Panca Dahana Tutup Usia di Umur 56
Refly Harun soal isu Ahok diajukan untuk Pilpres 2024 (YouTube/ReflyHarun), Isu Ahok Disiapkan China Maju Pilpres 2024, Refly Harun Beri Peringatan Ini
Kapolres Rohul, AKBP Taufiq Lukman NurhidayatTiga Kecamatan di Rohul Zona Merah Covid-19
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved