www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pemprov Riau Segera Bangun Kembali Jembatan Panglima Sampul Meranti
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Kagum pada RAPP, Kapolda Riau: Ini Obvitnas yang Harus Dilindungi
Selasa, 07 Maret 2023 - 17:51:08 WIB
Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal saat meninjau PT RAPP dalam kegiatan Gelar Operasional dan Pembinaan.(foto: andi/halloriau.com)
Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal saat meninjau PT RAPP dalam kegiatan Gelar Operasional dan Pembinaan.(foto: andi/halloriau.com)

Baca juga:

Cegah Kecelakaan Jalan Raya, Polda Riau Bikin Terobosan
Dampak Investasi RAPP Ubah Pangkalan Kerinci: Dari Desa Jadi Pusat Kontribusi Ekonomi Kelas Dunia
Biro Logistik Polda Riau Sambangi Mapolres Rohil

PELALAWAN - Disambut secara hormat oleh orang nomor satu di jajaran Kepolisian Resort Pelalawan, AKBP Suwinto SH SIK, rombongan Polda Riau yang dipimpin Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal, sekitar pukul 09.00 WIB tiba di pelataran Hotel Unigraha, Kompleks PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Kedatangan orang nomor satu di Kepolisian Daerah Riau itu dalam rangka Gelar Operasional dan Pembinaan yang mengusung tema 'Polda Riau Siap Mewujudkan Polri Yang Melayani'.

Rombongan Kapolda Riau yang membawa gerbong para petinggi Pejabat Utama (PJU) Polda Riau, Kapolres/Kapolresta se-Riau ini dan jajaran Polda Riau ini langsung disambut Direktur PT RAPP, Mulia Nauli.

Setelah beristirahat sejenak, rombongan Kapolda Riau didampingi Ibu Bahayangkara Polda Riau berkesempatan diajak melakukan trip keliling ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kompleks PT RAPP.

Dalam sesi wawancara dengan awak media usai trip keliling kompleks perusahaan PT RAPP, nampak terpancar raut kepuasan di wajahnya usai berkeliling di Kompleks PT RAPP.

Dia menunjukkan rasa kagum yang luar biasa pada perusahaan yang berdiri di tahun 1993 ini. Menurutnya, dari yang semula saat perusahaan berdiri Kota Pangkalankerinci ini penduduknya hanya ratusan jiwa saja tapi kini sudah lebih dari seratus ribu jiwa.

"Ini lonjakan yang luar biasa. Artinya, PT RAPP sudah bisa menyerap begitu banyak tenaga kerja di sini," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Irjen Pol Muhammad Iqbal mengaku, sengaja dirinya memilih di berbagai lokasi strategis yang ada di Riau. Misalnya, bulan lalu memilih Gelar Operasional dan Pembinaan di Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan hari ini di PT RAPP.

"Kami ingin mempelajari mekanisme dari perusahaan-perusahaan itu. Sehingga kami tahu betul posisi dan strategi apa yang harus kami lakukan guna melakukan tugas-tugas kepolisian di berbagai perusahaan. Ini adalah obyek vital nasional. Dan obyek-obyek nasional harus kami lindungi," tandasnya.

Kapolda Riau juga menyatakan kekagumannya pada PT RAPP. Saat berkeliling untuk melihat langsung operasional dan mekanisme yang ada di perusahaan ini, dia mendapat penjelasan berbagai wawasan, riset and development, perjalanan dari awal berdiri perusahaan sampai hari ini.

"Dari awal berdiri sampai hari ini, PT RAPP sudah menyerap tenaga kerja ratusan ribu serta menyumbang bagi devisa negara yang luar biasa juga. Dan ini merupakan investasi yang harus kami jaga. Artinya, stabilitas keamanan dalam negeri dan kamtibmas menjadi salah satu variabel paling penting yang harus kami jaga di perusahaan aset vital nasional ini," ujar Kapolda Riau didampingi Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto dan Kombes Pol Sunarto.

Diakuinya, kunjungan ke PT RAPP dalam Gelar Operasional dan Pembinaan ini menjadi pengalaman yang luar biasa. Pasalnya, dia bisa melihat langsung operasional perusahaan dari Hulu sampai ke Hilir.

Bahkan dirinya menilai perusahaan ini sangat lengkap dan sempurna dalam prosesnya. Mulai dari riset and development, menentukan pembibitan, kemudian menanam kembali eucalyptus dan akasia terus nanti diolah lagi menjadi paper dan di diversifikasi menjadi rayon.

"Baru perusahaan ini yang lengkap dari hulu ke hilir. Juga dari hilirnya dibalikkan lagi. Ini yang buat kita bangga apalagi tidak ada satu pun yang impor. Ini luar biasa sekali," sebutnya.

"Karena itu, Polri harus menjaga investasi ini. Tapi tentunya Polri tidak bisa bekerja sendiri. Kita harus kolaborasi dengan semua stakeholder yang ada di bumi lancang kuning ini," ujarnya.

Sementara saat ditanya soal Gelar Operasional dan Pembinaan itu sendiri, Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, ini merupakan rapat yang diikuti seluruh PJU Polda Riau, dan seluruh Kapolres/Kapolresta jajaran Polda Riau, dan juga mengajak Intel, Sabhara, Kabag Ops, Reserse Kriminal dan lainnya. Katanya, ini juga acara unnual bulanan untuk mengevaluasi kerja Kepolisian setiap bulannya.

"Jadi kalau ini awal bulan maret maka kepolisian meng-anev kerja-kerja bulan februari. Dan evaluasi ini jelas tentu akan lebih baik lagi kerja-kerja kami di bulan februari 2023," ujarnya.