www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pekan Seni Budaya 2022 RAPP di Pelalawan Diapresiasi Semua Kalangan
Selasa, 01 November 2022 - 23:22:38 WIB
Bupati Pelalawan membuka kegiatan Pekan Seni Budaya 2022 yang ditaja PT RAPP.(foto: andi/halloriau.com)
Bupati Pelalawan membuka kegiatan Pekan Seni Budaya 2022 yang ditaja PT RAPP.(foto: andi/halloriau.com)

PELALAWAN - Bupati Pelalawan H Zukri, memberikan apresiasi pada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang selama ini sudah berkontribusi kepada Pemkab Pelalawan.

Melalui seluruh Paguyuban Riau Kompleks yang sudah menjaga kondusifitas, menjaga keberagaman dan menjaga kebersamaan yang makin mengokohkan persatuan di Negeri Seiya Sekata ini.

"Semua ini secara langsung atau tidak, bisa memperat silaturahmi dan memperkuat kerukunan antar umat beragama. Jadi saya sangat bangga adanya PSB yang ditaja PT RAPP karena hal ini bisa menjadi pemersatu warga. Itulah bentuk cinta kita sesama, perbedaan adalah keindahan maka satukanlah dengan cinta," kata Zukri saat pembukaan PSB 2022 di Riau Kompleks, Senin (24/10/2022).

Sebelumnya, Gubernur Riau diwakili Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy mengatakan banyak hal yang dilakukan dalam acara PSB ini, terutama sangat bermanfaat dalam mengembalikan upaya pemulihan ekonomi daerah.

"Pemerintah mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan. Seni dan budaya juga mengandung banyak pesan moral sehingga diharapkan semakin mempererat keharmonisan antar sesame," jelas Masrul.

Dalam PSB yang digelar tiap tahun di lingkugan Riau Kompleks ini, tingginya antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan Pekan Seni Budaya (PSB) Riau Kompleks yang diadakan PT RAPP, dilihat dari kemeriahan pembukaan PSB 2022 yang diiktui oleh ratusan peserta pada saat iring-iringan pawai budaya. Selama sepekan, para pengunjung dimanjakan dengan beragam atraksi seni budaya daerah.

PSB 2022 berlangsung mulai tanggal 23-29 Oktober 2022 di Lapangan Merdeka Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dengan mengangkat tema 'Sinergitas dalam keberagaman suku dan budaya di Riau Kompleks menjadikan kita Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'. RAPP sudah menggelar PSB sejak tahun 2014 silam, sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi.

Setiap paguyuban menampilkan ciri khas seni dan budayanya, seperti replika rumah adat, peragaan alat musik, aneka hidangan makanan dan sebagainya. Asisten I pun menyempatkan diri berkunjung ke setiap stan tersebut, mendengarkan ragam informasi adat budaya daerah dan mencicipi makanan khas masing-masing daerah.

Saat ini di lingkungan Riau Kompleks terdapat 11 paguyuban, diantaranya Ikatan Melayu Riau (IKMR), Permasa (Persatuan Masyarakat Aceh), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (Hikmat), Ikatan Keluarga Batak Toba (Ikaba), Margasilima dan Ikatan Minang Riau Kompleks (IKM-RK).

Kemudian, Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKAS), Pandan Wangi (Asal Pasundan, Jawa Barat), Pagayuban Tunggal Warga (Punggawa), dan Ikatan Keluarga Tionghoa (IKT).

Setiap paguyuban menampilkan ciri khas seni dan budayanya seperti replika rumah adat, peragaan alat musik, aneka hidangan makanan dan sebagainya. PSB biasanya berlangsung selama seminggu, acara dilaksanakan pada malam hari agar tidak menggangu jadwal kerja karyawan.

Chief Operations Officer (COO) PT RAPP Eduward Ginting mengatakan, sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang mejemuk, hal ini tercermin dari semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan bahasa.

"Bisa kita saksikan selama acara PSB ini berlangsung, kita melihat pertukaran seni budaya daerah tersebut ini memberi manfaat bagi warga. Betapa kaya dan banyaknya keberagaman suku dan etnis di Riau Komplek tapi tetap saling menghargai satu sama lain," ujar Edu.

Kepala Disbuparpora Pelalawan, Dody Asmasyahputra memuji PSB yang digelar di PT RAPP. Menurutnya, acaranya bagus karena dapat mempersatukan suku-suku yang ada di dalam Riau Kompleks.

"Acara itu juga sekaligus dapat memperkenalkan dan menunjukkan bahwa di riau kompleks itu terdiri dari berbagai macam suku, yang kesemuanya bisa menjaga silaturahmi satu sama lain," tandasnya.

Dia berharap event yang ditaja PT RAPP tiap tahun ini bisa lebih besar dalam memperkenalkan budaya yang ada di Kabupaten Pelalawan. Dalam artian, kegiatan yang biasanya hanya ditaja sebatas di Riau Kompleks, tapi bisa lebih meluas lagi di tingkat Kabupaten Pelalawan.

Ketua Umum IKN Pelalawan, Sozifao Hia mengapresiasi PSB yang digelar PT RAPP tiap tahunnya. Menurutnya, keberagaman di perusahaan yang disatukan dalam bentuk PSB ini akan makin mempersatukan perbedaan yang ada di dalam perusahaan.