www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ini Suasana Kemeriahan Perayaan HUT RI ke-77 di Riau Kompleks PT RAPP
Senin, 15 Agustus 2022 - 10:28:47 WIB
Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI begitu terasa bergelora di kompleks perumahan karyawan PT RAPP (foto/And)
Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI begitu terasa bergelora di kompleks perumahan karyawan PT RAPP (foto/And)

PELALAWAN - Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia begitu terasa bergelora Minggu (14/8/2022) di kompleks perumahan karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Kemeriahan tersebut terlihat jelas di setiap sudut jalan perumahan Townsite (TS) 2 yang berada di sekitar jalan akses RAPP. Gapura-gapura berbagai bentuk terpancang di persimpangan jalan disertai bendera merah putih di depan rumah dan umbul-umbul di sisi jalan. Semua bernuansa hari bersejarah kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Kreatifitas dan keunikan yang dibuat oleh warga perumahan akan diperlombakan antar Rukun Tetangga (RT) masing-masing.

Mill Operations Support Director RAPP, Mhd Ali Shabri bersama para Ketua RW, Community Religious Affairs (CRA), Ikatan Wanita Riau Andalan (IWARA) dan jajaran manajemen perusahaan lainnya turun langsung meninjau setiap RT yang ada di Riau Kompleks.

Foto bersama

Ali Shabri sangat mengapresiasi dan kagum atas kreatifitas serta soliditas warga tiap RT baik di lingkungan TS 1 dan TS 2. Menurutnya, tanpa kebersamaan dan kekompakan, kemeriahan ini takkan terwujud.

"Ini bukan lahir dari satu atau dua orang saja melainkan lahir dari kebersamaan seluruh warga yang ingin membuat suasana perayaan Kemerdekaan RI terasa megah dan berbeda," kata Ali Shabri yang langsung disambut tepuk tangan warga Riau Kompleks.

Ali menambahkan meski pandemi belum berubah menjadi endemi karena harus menerapkan prokes, namun karyawan dan keluarganya tetap bisa merayakan kemeriahan HUT RI ke-77 sesuai dengan tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Oleh karena itu, tahun depan pihaknya berencana untuk menjadikan perayaan kemerdekaan RI ini semakin meriah dan memiliki beragam aktifitas yang bermanfaat.

"Jadi kalau kita ada Pekan Budaya yang digelar setiap tahun, maka tahun depan akan kita buat Pekan Merdeka, sehingga setiap harinya akan banyak terlihat kreatifitas dan kekompakan warga dalam memeriahkan HUT RI selama sepekan," ujar Ali didampingi penasehat IWARA Riau Kompleks, Hj Syafridah Harahap.

Ali berpesan kepada seluruh warga Riau Kompleks agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan. Sebab hal tersebut memang sulit terbentuk, namun jika sudah terwujud kekompakan, maka segala bentuk kegiatan atau persoalan apapun akan berjalan dan diselesaikan dengan mudah.

Foto bersama disela-sela perayaan HUt ke-77 RI.

Ada sebanyak 12 lokasi RT yang dikunjungi tim manajemen. Di setiap wilayah RT tampak berdiri panggung kecil dengan segala keunikan ornamennya. Semuanya bernuansa kemerdekaan. Menariknya, bahan baku pembuatan gapura dan dekorasi tersebut berasal dari bahan yang tidak terpakai lagi.

"Semua dibuat secara gotong royong di jam sehabis kerja, kita manfaatkan barang-barang bekas yang ada dari pabrik tapi tidak terpakai, kita ajukan izinnya lalu secara swadaya kita bentuk menjadi gapura dan pernak-pernik lainnya," kata Ketua RT 05/RW 03, Tengku Nasrun.

Kreatifitas lain tampak jelas di lapangan TS 2 dekat pos masuk ke RT 01/13, berdiri replika tugu Proklamasi yang terbuat dari styrofoam sekaligus dua Proklamator RI, Soekarno - Hatta.

Di sana, rombongan manajemen sejenak mendengarkan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan Presiden RI pertama, Ir Soekarno, disusul menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Meski hangatnya mentari pagi cukup menyengat, namun itu tak mengurangi kesakralan untuk menghayati arti dari kemerdekaan RI yang akan diperingati beberapa hari lagi.

Rombongan kemudian bergerak ke kompleks perumahan RAPP di TS 1. Meski sempat diguyur hujan sesaat, namun antusias warga tak surut menyambut kedatangan rombongan dengan berdiri di sisi jalan sambil menyanyikan lagu kemerdekaan. Tak kalah dari TS 2, suasana dan nuansa kemerdekaan terasa juga di sini. Umbul-umbul dan bendera merah putih mendominasi setiap jalan dan sudut yang ada di kompleks BLI dan Rukan ini. Bahkan replika tank baja mini dan dua unik meriam pun dibuat warga di pintu masuk dekat gapura bambu runcing.

Peninjauan berikutnya di RT 001 RW 010 TS 1 tepatnya di depan Klinik. Di sana warga membangun area khusus yang dinamakan Taman Merah Putih. Para warga terutama ibu-ibu, terlihat bahagia menyambut kedatangan rombongan manajemen.

Posisi matahari mulai meninggi. Sinar terang dan hembusan angin sepoi-sepoi semakin menambah kemeriahan jalan-jalan di area perumahan Riau Kompleks ini. Dekorasi dan deretan bendera serta umbul-umbul terpasang rapi di setiap lorong perumahan Kampung Baru TS 1, RT 03 RW 10.

"Jadi setiap lorong ini kami lombakan dan lorong terbaik akan mendapatkan hadiah, karena jumlah warga RT kami ini termasuk cukup banyak ada sekitar 200 Kepala Keluarga dan masih terjaga kebersamaan dan kekompakannya," jelas Ketua RT Kampung Baru, Edy Ismanto.

Perayaan HUT kemerdekaan RI ini sebelumnya sempat tertunda sejak awal masa pandemi. Agenda tahunan warga Riau Kompleks ini kembali digelar dengan tetap menerapkan aturan Protokol Kesehatan. Selain semangat patriotisme dan kebersamaan, kemeriahan perayaan kemerdekaan RI ini juga didasarkan atas semangat menjaga kelestarian lingkungan salah satunya dengan memanfaatkan barang-barang bekas tidak terpakai. (*)

Penulis: Andi Idrayanto
Editor: Riki

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved