Pelalawan
Pemkab Pelalawan | DPRD Pelawan
 
 
+ INDEX BERITA

12:46 - Pelaksanaan MTQ Tingkat Pr...
11:36 - Sekda Pelalawan Tengku Muk...
16:07 - RAPP dan Polres Kembali Se...
12:16 - Hasil Seleksi SKB CPNS Aka...
07:21 - Pasca Jembatan Amblas, Jal...
16:59 - Karyawan PTSI Mitra RAPP R...
16:00 - Ketua TP PKK Kabupaten Pel...
12:33 - Baznas Kabupaten Pelalawan...
17:13 - Polres Pelalawan dan RAPP-...
19:41 - Karyawan RAPP Ikuti Pelati...
14:08 - Duh, Hari Ini 13 Orang Ter...
14:02 - Jaga Pelalawan, Kapolres M...
17:29 - Bupati Pelalawan Serahkan ...
12:28 - Kasus Covid-19 di Pelalawa...
14:56 - Peringatan HUT Kemerdekaan...
09:54 - Pemerintah Desa Lubuk Tera...
14:31 - Tambah 2 Pasien, Terkonfir...
12:46 - Wabup Pelalawan Tandatanga...
14:25 - Program Kejar Paket Solusi...
14:53 - Antisipasi Karhutla Secara...
 
Wabup Pelalawan Tandatangani MoU Program Kampung Iklim dengan PT Pertamina Hulu Energi Kampar
Kamis, 13 Agustus 2020 - 12:46:29 WIB

PELALAWAN - Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan, bersama Ketua DPRD Kabupeten Pelalawan Adi Sukemi, ST MM menghadiri penandatanganan MoU Program Kampung Iklim (PROKLIM) IJO bertempat di Desa Pematang Tinggi, Kecamatan Kerumutan pada Rabu (12/08/2020).

Proklim IJO ini terbentuk atas kerja sama antara Pemerintah Desa Pematang Tinggi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( DLHK ) Kabupaten Pelalawan dan PT  Pertamina Hulu Energi ( PHE ) Kampar. Untuk Proklim ini jenis tanaman yang ditanami adalah tanaman sayur-sayuran, tanaman obat-obatan herbal, serta tanaman pepohonan.

Wakil Bupati Pelalawan Zardewan,  dalam sambutannya berharap agar program kampung iklim ini bisa tercipta di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Pelalawan, sehingga  negeri Pelalawan tampak hebih asri. Dan semoga dengan adanya kampung iklim menjadikan masyarakat Pelalawan khususnya masyarakat Desa Pematang Tinggi menjadi lebih sehat dan panjang umur. 

Kepala Desa Pematang Tinggi Andi Agus Susiawan, ST dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui Program Kampung Iklim secara nasional yang ditaja oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, pihaknya bertekad untuk ikut dalam program tersebut dengan harapan minimal bisa masuk nominasi. 

"Untuk itu, terimakasih banyak pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan yang telah memberikan pembinaan kepada kami dan ini juga tidak lepas dari kerja sama bersama PT. PHE Kampar,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa di tahun-tahun sebelumnya sampai saat ini pihaknya sudah membuat kampung iklim di Desa Pematang Tinggi ini dengan menginstruksikan kepada setiap warga setingkat RT untuk membuat Dasawisma dan ditanami tanaman sayuran dan obat-obatan. 

"Dan berkat kekompakan masyarakat, kami berinisiatif untuk lebih mengembangkan poklim ini dengan dibantu oleh pihak terkait,” ujarnya.

Selanjutnya Manager PT. PHE Kurniawan Trio Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa terbentuknya Kampung Proklim Ijo ini selain untuk mendukung program dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI adalah untuk mencegah dampak rumah kaca dan menjaga kelestarian lingkungan desa dengan penghijauan agar warga aman dari segala penyakit. 

"Semoga ke depannya proklim Desa Pematang Tinggi ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain agar dapat membuat program kampung iklim dan kami siap mensupport," tandasnya.

Sementara itu Adi Sukemi, ST. MM dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya kepada Desa Pematang Tinggi. “Kami bangga terhadap Desa Pematang Tinggi, desanya produktif. Terimakasih kepada PT. PHE Kampar yang ikut andil dalam mensupport program kampung iklim di daerah Pelalawan terutama di Kecamatan Kerumutan ini. Mudah-mudahan desa kita bisa bersaing dengan desa-desa dari daerah lainnya,” katanya.

Diakhir acara Wakil Bupati Pelalawan bersama rombongan berkunjung ke lokasi kampung iklim dan melakukan penanam pohon serta melakukan penandatangan MOU Program Kampung Iklim (Proklim) IJO bersama pihak-pihak terkait.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Komisi I DPRD kabupaten Pelalawan Imustiar, S.IP , Staf Ahli Bupati Pelalawan Amri Fuad, Kepala Balitbang Ir. Arizal, Kepala Satpolpp dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pelalawan  Abu Bakar, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Nifto Anin, Kepala Dinas PMD Drs. Zamur, Perwakilan Dinas Sosial, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Camat Kerumutan Husnizal, SE, M.Si, Kapolsek Kerumutan Iptu Fajri Sentosa, SH.MH, Danramil Kerumutan Kapten Arh. Aswin Sembiring, Kepala Puskesmas Kerumutan Harno, SKM, tim PT. PHE Kampar, kepala desa, Lurah Kerumutan Olivia Maya, SE serta tokoh masyarakat dan PKK Desa Pematang Tinggi.

Penulis : Andi Indrayanto
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Bertambah 231, Total Terkonfirmasi Covid-19 Riau Tembus 6.120 Kasus, Ini Sebarannya...
  • Berkas dan Bukti Dilimpahkan ke Jaksa, Wabup Bengkalis Nonaktif Muhammad Bakal Ditangani Kejari Inhil
  • Dokter Aisah Bee Minta Kebobrokan Dokter Silvy di RSUD Kepulauan Meranti Dibongkar
  • Sembuh dari Covid-19, Pencalonan Said Hasyim - Abdul Rauf Dilanjutkan
  • Delapan Anggota Dewan Positif Covid-19, DPRD Pekanbaru Tetap Gelar Paripurna
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved