Pelalawan
Pemkab Pelalawan | DPRD Pelawan
 
 
+ INDEX BERITA

14:53 - Antisipasi Karhutla Secara...
13:49 - Personel Polsek Ukui dan T...
13:49 - Tambah 9, Kini Positif Cov...
12:41 - Kapolsek Ukui Hadiri Pembu...
15:53 - Diskes Pelalawan Tracing 1...
15:28 - Diberitakan Terpapar Coron...
15:03 - Kapolres Pelalawan Hadiri ...
22:11 - Polsek Ukui Terus Sosialis...
11:08 - Polsek Ukui Himbau Penguru...
16:23 - Hikmah Pandemi, Peserta Ku...
14:38 - Pasien Positif Covid-19 MR...
13:27 - Yayasan Al-Hidayah Baroqah...
19:52 - Kapolsek Ukui Sosialisasi ...
17:59 - Kapolsek Kerumutan Adakan ...
17:18 - Diduga Dampak Covid-19, Ta...
11:24 - Seorang Nelayan Diduga Ten...
11:33 - Pemkab Pelalawan Serahkan ...
12:02 - Satu Pasien Covid-19 di Pe...
15:35 - Pertamina EP Lirik Field S...
15:19 - Kasi Intel Kejari Pelalawa...
 
AKNP Berubah Jadi PSDKU
Pemkab Dukung Pendirian PSDKU Poltek Padang di Pelalawan
Kamis, 11 Juni 2020 - 10:25:54 WIB
  Bupati Pelalawan saat menandatangani surat dukungan pendirian PSDKU Politeknik Negeri Padang di Pelalawan, disaksikan Sekdakab Pelalawan Drs HT Mukhlis M. Si dan koordinator AKNP, Yumisri S.Sos.
Bupati Pelalawan saat menandatangani surat dukungan pendirian PSDKU Politeknik Negeri Padang di Pelalawan, disaksikan Sekdakab Pelalawan Drs HT Mukhlis M. Si dan koordinator AKNP, Yumisri S.Sos.
TERKAIT:

PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah menandatangani dukungan pendirian Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Padang di Kabupaten Pelalawan. Penandatangan dukungan pendirian PSDKU Politeknik Negeri Padang ini disaksikan oleh Sekdakab Pelalawan dan juga Koordinator AKN Pelalawan, Yumisri S.Sos.

"Alhamdulillah, Pemkab sudah menandatangani dukungan pendirian PSDKU sebagai pengganti dari AKN Pelalawan. Saat ini, kita tinggal menunggu persetujuan dari jajaran senat di Politeknik Padang," terang Koordinator AKNP, Yumisri, pada media ini, Rabu (10/6/2020).

Yumisri menjelaskan dukungan dari Pemkab Pelalawan ini tertuang dalam Surat Pernyataan dengan Nomor 400/KESRA/2020/51, dimana dalam surat berkop Bupati Pelalawan yang ditandatangani oleh Bupati Pelalawan HM Harris menyatakan mendukung dan bersedia membantu pendirian dan kelancaran operasional pelaksanaan PSDKU Politeknik Negeri Padang di Kabupaten Pelalawan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Setelah nanti mendapat persetujuan dari jajaran senat di Politeknik Padang, kita kemudian menunggu persetujuan dari Kementerian Riset Tehnologi dan Perguruan Tinggi. Untuk pendirian PSDKU Politeknik Negeri Padang sendiri telah diperoleh dari Universitas Riau, yang mendukung keberadaan PSDKU Politeknik Padang di Pelalawan," katanya.

Dia mengatakan bahwa untuk tahap awal ini, targetnya adalah tahun depan PSDKU sudah bisa menerima mahasiswa baru untuk jenjang D3 dan D4 Manajemen Informatika dan Tehnik Listrik.

Terpisah, Sekdakab Pelalawan, Drs HT Mukhlis M.Si, saat dikonfirmasi media ini, Rabu (10/6/2020) soal dukungan Pemkab Pelalawan terkait pendirian PSDKU Politeknik Negeri Padang di Kabupaten Pelalawan, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, saat ini untuk pendirian PSDKU ini sendiri sedang proses.

"Ya, Pemkab Pelalawan mendukung pendirian PSDKU. Soalnya, jika tak PSDKU maka AKNP-nya terhenti," kata Sekda.

Disinggung soal alasan pendirian PSDKU, Sekda mengatakan bahwa sampai saat ini minat siswa tamatan SLTA di daerah ini untuk melanjutkan ke perguruan tinggi cukup tinggi, dimana setiap tahunnya tamatan SLTA yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta mencapai 50%.

"Banyaknya dunia industri dan dunia usaha di Kabupaten Pelalawan yang mendukung terlaksananya Pendidikan tinggi Vokasi," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, belum adanya perguruan tinggi dengan program vokasi di Kabupaten Pelalawan. Di samping itu juga, sampai saat ini perguruan tinggi yang ada di Riau belum mampu menampung tamatan SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan lulusan setiap tahunnya semakin banyak dan dipengaruhi jarak tempuh untuk mendapatkan pendidikan tinggi.   

Ditanya soal bentuk dukungan Pemkab Pelalawan dalam pendirian PSDKU sendiri, Sekda menjelaskan sesuai Peraturan Menteri Riset Tehnologi dan Perguruan Tinggi Nomor 51 Tahun 2018 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan izin Perguruan Tinggi Swasta, dengan ini Pemkab Pelalawan memberikan dukungan berupa rekomendasi potensi dan minat calon mahasiswa PSDKU pada prodi yang akan dibuka, yakni Manajemen informatika (D3) dan Tehnik Listrik (D3).

"Pemkab juga akan menyediakan dana beasiswa dan operasional penyelenggaraan PSDKU. Menyediakan dan menghibahkan tanah dan gedung serta prasarana guna pemenuhan persyaratan PSDKU (dalam proses paripurna DPRD untuk penyerahan aset), menyediakan SDM untuk pemenuhan tenaga dosen dan tenaga kependidikan, serta bersedia menyediakan dan menghibahkan sarana dan prasarana lainnya guna pemenuhan persyaratan PSDKU," tukasnya.

Penulis : Andy Indrayanto
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Gubri Minta Seluruh Kepala OPD Segera Tenderkan Kegiatan
  • Razia Protokol Kesehatan, Data Sementara 25 Pelanggar Disanksi Denda dan Kerja Sosial
  • Sebagian Wilayah Riau Hari Ini Bakal Diguyur Hujan
  • Tito Sebut Virus Corona Kemungkinan Bisa Melemah Sendiri
  • Gubri Usulkan Plt Bupati Bengkalis ke Kemendagri, dari Pejabat Esolon II Pemprov Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved