Pelalawan
Pemkab Pelalawan | DPRD Pelawan
 
 
+ INDEX BERITA

14:49 - Para Nelayan Penjaga Lingk...
14:24 - Bappeda Pelalawan Taja Pro...
13:06 - Terabaikan, Kubangan Berlu...
08:33 - Presiden Resmikan Pabrik A...
21:46 - Seleksi Pendamping Desa di...
16:59 - UAS Ajak Jamaah Belanja S...
15:39 - Sensus Penduduk 2020, BPS ...
19:54 - Salahi Izin, Satpol PP Seg...
16:52 - Tahun Ini, BPKAD Pelalawan...
16:20 - Sosialisasi ke Masyarakat,...
13:16 - Dugaan Harimau Terkam Sapi...
06:04 - Agar Perempuan Berpartisip...
17:59 - Rangkul Nelayan, BPJamsost...
16:55 - Pelantikan Pengurus IWARA,...
21:56 - Pasca Bentrok dengan Apara...
16:55 - Eksekusi Lahan Desa Gondai...
14:06 - Bupati Pelalawan Resmikan ...
17:49 - Bentrok di Lahan Eksekusi ...
16:27 - DPR RI Minta Perusahaan He...
16:05 - Bentrok, Warga Desa Godai ...
 
Peduli Penghijauan, Polres Pelalawan dan Jajaran Polsek Tanam 565 Batang Pohon
Minggu, 12/01/2020 - 16:15:12 WIB
Kapolres Pelalawan, AKBP M Hasyim Risahondua, SIK, MSi melakukan penanaman pohon disaksikan Wabup Pelalawan Drs H Zardewan MM, Jumat (10/1/2020).
Kapolres Pelalawan, AKBP M Hasyim Risahondua, SIK, MSi melakukan penanaman pohon disaksikan Wabup Pelalawan Drs H Zardewan MM, Jumat (10/1/2020).
TERKAIT:

PELALAWAN - Dalam rangka gerakan Polri peduli penghijauan, Polres Pelalawan Polda Riau dan jajaran Polsek Polres Pelalawan melakukan penanaman pohon buah-buahan dan pohon rindang sebanyak 565 batang pohon.

Pada kegiatan penghijauan tersebut, Polres Pelalawan Polda Riau menanam 300 batang pohon buah-buahan dan pohon rindang di tiga lokasi, yaitu di Mako Polres Pelalawan, di Asrama Polisi Bumi Lago Permai Pangkalan Kerinci, dan di Asrama Polisi SP 6 Pangkalan Kerinci, Jumat kemarin (10/1/2020).

Sementara itu, penanaman pohon di Polsek Jajaran Polres Pelalawan telah dilaksanakan sejak tanggal 1 sampai 9 Januari 2020. Dimana, di Polsek Pangkalan Kerinci telah ditanam 30 batang pohon buah-buahan, yaitu pohon Durian Musang King dan Kelengkeng. Di Polsek Kerumutan ditanam 30 pohon yaitu Jambu Madu, Mangga, Jeruk Nipis, Kelengkeng dan Sirsak.

Kemudian di Polsek Ukui, ditanam 15 batang pohong yaitu Durian, Jengkol, Cempedak, Merbau dan Mahoni. Di Polsek Langgam ditanam 10 batang pohon yaitu Matoa, Mangga, dan Kelengkeng. Di Polsek Pangkalan Kuras, ditanam sebanyak 30 batang pohon yaitu Durian Musang King, Kelengkeng, Matoa, Manggis, dan Kedondong.

Selanjutnya di Polsek Pangkalan Lesung ditanam 15 batang pohon yaitu durian, pinang, petai, mahoni dan rambutan. Polsek Bandar Seikijang 30 batang pohon, yaitu durian, pinang, petai, mahoni, dan rambutan. Polsek Kuala Kampar 15 batang pohon yaitu pinang, mahoni, rambutan.

Di Polsubsektor Pelalawan ditanam 20 batang pohon yaitu durian, pinang, matoa, petai, mahoni, dan rambutan. Dan yang terakhir di Polsek Bunut, ditanam 50 batang pohon yaitu jambu biji, mangga, rambutan, dan matoa. Dimana, ke 565 batang pohon yang ditanam berasal dari CSR perusahaan-perusahaan dan Dinas Perkebunan Pelalawan.

Hadir pada kegiatan penanaman pohon Polri peduli penghijauan dan sekaligus ikut malakukan penanaman pohon, Wakil Bupati Pelalawan Drs Zardewan, MM, Kajari Pelalawan Nophy T Suoth, SH, MH, Pabung Kodim 0313/KPR Mayor Siregar, Danramil, Kadishub, Kasatpol PP, seluruh PJU Polres Pelalawan, dan Ketua Bhayangkari cabang Pelalawan beserta pengurus dan jajaran.

Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua, SIK, MSi mengatakan bahwa gerakan Polri Peduli Penghijauan ini merupakan program Kapolri dan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dan di Polres Pelalawan beserta jajaran, gerakan menanam pohon peduli penghijauan puncaknya pada tanggal 10 Januari 2020 ini.

Diharapkan, lanjut Hasyim, dengan dilaksanakan kegiatan penanaman pohon peduli penghijauan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, terutama kepada anak cucu nantinya, dan generasi Polri selanjutnya.

"Ada empat manfaat dalam kegiatan Polri Peduli Penghijauan ini, yaitu pertama, manfaat untuk anak cucu kita dan generasi-generasi Polri mendatang. Yang kedua, untuk penambahan oksigen, yang ketiga sebagai perindang dan penahan kontur tanah agar tidak mudah longsor, dan yang keempat, kalau dia pohon buah-buahan dapat dimanfaatkan buahnya oleh masyarakat sekitar," jelas Hasyim.

Kapolres juga berharap, semoga lima tahun mendatang, Asrama Polri ini masih dalam keadaan utuh, makanya perlu dijaga dan dirawat bersama. Dan bagi Bhayangkari juga diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk Bhayangkari peduli penghijauan.

Sementara, Wakil Bupati Pelalawan Drs Zardewan, MM pada kesempatan tersebut, mengucapkan terima kasihnya kepada Polri yang telah melaksanakan penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap penghijauan. Hal ini jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan hendaknya masyarakat mau mencontoh dan ikut melakukan penanaman pohon.

"Apalagi di daerah kita ini masih banyak lahan pekarangan yang kosong yang bisa ditanami pohon buah-buahan, sehingga kalau sudah berbuah, buahnya bisa dimanfaatkan. Di Jawa, itu pekarangan yang sedikitpun dimanfaatkan untuk tanaman, bahkan begitu berbuah sudah ada orang yang membeli," kata Zardewan.

Zardewan menambahkan, pekarangan yang ada harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan juga untuk kehidupan. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat juga ikut menanam, bukan hanya menebang. Karena penghijauan ini menyangkut dengan lingkungan hidup yang perlu dijaga bersama-sama.

"Saya meminta kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan kita, jangan sampai menebang dan membakar sembarangan yang dapat merugikan kita semua, dan ketidak nyamanan di masyarakat. Dan masyarakat juga hendaknya perduli dengan penghijauan," tutup Zardewan. 

Penulis : Andi Indrayanto
Editor : Fauzia

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kepala Desa Inuman Sampaikan Kebutuhan Rumah Layah Huni dan Irigasi ke Sukarmis
  • Korban Jiwa Akibat Virus Corona Capai 2.461
  • PJU Main Copot, Pemko Pekanbaru Diminta Sediakan Solusi Agar Aktivitas Masyarakat Tak Terganggu
  • Dewan Minta Relokasi Pedagang STC Dilakukan Secara Persuasif
  • Mahasiwa Rohil Taja Dialog Intelektual Peran Kampus di Era Revolusi Industri 4.0
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved