Pelalawan
Pemkab Pelalawan | DPRD Pelawan
 
 
+ INDEX BERITA

13:12 - 14 Desember Ujian CAT Panw...
20:43 - Ketinggian Air Sungai Pela...
18:08 - Hari Pertama Pendaftaran P...
18:09 - Kades Lalang Kabung Optimi...
19:05 - Enam Balita Dirawat Akibat...
11:19 - Ratusan Personel Polres Pe...
05:51 - Pentas Seni dan Budaya Jag...
21:37 - Lakukan Pemeliharaan Gardu...
20:18 - Perlu Kaderisasi Sebagai A...
16:52 - MPA dan Crew Leader Tingka...
17:59 - Mudahkan Pekerja, BPJS Ket...
11:58 - Bupati Harris dan Forkompi...
20:56 - LMG Pelalawan Gelar Kirab ...
12:43 - Tahun 2020, UMK Pelalawan ...
13:21 - Pemkab Pelalawan Matangkan...
15:41 - Program School Improvement...
13:51 - Bupati Harris Resmikan Des...
16:40 - DPP PAN Rekomendasi Habibi...
14:26 - Bupati: Eksistensi PWI Diu...
15:55 - Operasi Zebra Siak 2019, y...
 
Bupati Harris Resmikan Desa Trimulya Jaya sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan
Kamis, 31/10/2019 - 13:51:51 WIB
Peresmian Desa Trimulya Jaya Kecamatan Ukui sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.
Peresmian Desa Trimulya Jaya Kecamatan Ukui sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.
TERKAIT:

PELALAWAN - Diresmikan langsung oleh Bupati Pelalawan Harris, Desa Trimulya Jaya yang berada di Kecamatan Ukui sah menjadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, Rabu (30/10/2019).


Ini merupakan desa ke empat setelah tiga desa sebelumnya yakni Desa Sialang Bungkuk, Lubuk Ogung dan Langkan dijadikan Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan. 

Hal ini terungkap saat peresmian Desa Trimulya Jaya oleh Bupati Pelalawan HM Harris, Rabu (30/10/2019). Hadir pada kesempatan tersebut selain Bupati Pelalawan, Camat Ukui Amri Juarza, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota Mias Muchtar, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pelalawan Deni Pane dan tamu undangan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota Mias Muchtar, menjelaskan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kembali melaksanakan program Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini sebagai upaya melakukan pemberdayaan desa dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di wilayah pedesaan.

"Dan tahun ini, Desa Tri Mulya Jaya, Kabupaten Pelalawan terpilih sebagai desa ke empat yang ditunjuk oleh BPJS Ketenagakerjaan Pelalawan sejak pertama kali dilaksanakan sejak Tahun 2017 dan diresmikan langsung oleh Bupati Pelalawan Bapak H. M. Harris," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa Desa Tri Mulya Jaya sendiri memulai langkah awalnya dengan pendaftaran seluruh Perangkat desanya pada program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

"Peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sudah dimulai serentak di seluruh Indonesia sejak tahun 2017, dan untuk di Kabupaten Pelalawan sendiri peresmian Desa Sadar selalu diresmikan oleh Bapak Bupati Pelalawan," tandanya.

Lanjutnya, hal ini jelas sangat diapresiasi oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk kepedulian kepala daerah terhadap jalannya pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di desa-desa yang ada di Kabupaten Pelalawan.

“Jadi memang tujuan dibentuknya Desa Sadar ialah agar masyarakat desa semakin sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial, juga agar muncul kesadaran para perangkat desa untuk mensejahterakan masyarakatnya yang juga para pelaku ekonomi, antara lain dalam bidang: Usaha mikro, Yayasan/BUMDes, tenaga ahli/pendamping desa, dll," ungkapnya.

Menurutnya, alasan Desa Tri Mulya Jaya dipilih karena telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, salah satu diantaranya adalah telah terdaftarnya Kepala Desa dan perangkatnya pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan tersebut,  Bupati Pelalawan H. M. Harris sangat mengapresiasi dengan program yang ditata oleh BPJS ketenagakerjaan ini. Menurutnya, dengan makin banyaknya Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Pelalawan maka secara otomatis akan membantu para pekerja.

"Saya apresiasi dengan program Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan ini.  Dan bersyukur desa kita masuk sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, inilah salah satu kesadaran kita. Saat ini Kepala Desa Sudah, RT/ RW begitu juga masyarakat lain kita sosialisasikan juga mengenai Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini, katanya.

Di samping itu,  kata Bupati dua periode ini,  dengan adanya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang melekat kepada pekerja-pekerja yang ada di daerah pedesaan, diharapkan akan memberikan rasa aman dan nyaman ketika mereka bekerja atas resiko-resiko kerja yang kapan saja bisa menimpa mereka saat bekerja.

"Dan jika pada pekerja tersebut mengalami resiko seperti kecelakaan kerja ataupun meninggal dunia, BPJS Ketenagakerjaan akan membantu memberikan penggantian biaya ataupun memberikan santunan terhadap resiko yang menimpa pekerja tersebut, sehingga diharapkan tidak mempengaruhi perekonomian bagi keluarga pekerja yang mengalami resiko kecelakaan kerja dan kematian," katanya.

Di sinilah bisa dilihat peran penting BPJS Ketenagakerjaan dalam mengurangi kemiskinan-kemiskinan baru bagi pekerja yang terkena musibah atas resiko kerja.

"Saya berharap, dengan telah ditunjuknya sebuah desa sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dapat menjadi trigger bagi desa-desa lain yang ada di sekitarnya untuk ikut peduli terhadap pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja yang ada di desa tersebut," tukasnya.

Penulis : Andy Indrayanto
Editor: Yusni Fatimah




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Miris, Guru PPKn Cabuli 18 Siswa Laki-laki di Sekolahnya, Modus untuk Penelitian
  • Menang 4-2 Atas Myanmar, Garuda Muda Maju ke Final SEA Games 2019
  • Inhil Hamparan Kelapa Dunia, tapi Harga Tidak Berpihak ke Petaninya
  • Semarak Kampung Bersama Yamaha FreeGo
  • HUT ke-42, BPJamsostek Rengat Rayakan Bersama Anak Yatim
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved