Pelalawan
Pemkab Pelalawan | DPRD Pelawan
 
 
+ INDEX BERITA

10:38 - Mahasiswa Kukerta Unri dan...
22:23 - Kapolres Pelalawan Pimpin ...
14:25 - Ratusan Guru di Kecamatan ...
18:40 - Pasien Warga Bunut Sembuh,...
08:42 - Kemenag Pelalawan Taja Sos...
11:24 - "Untung Ada yang Membantu ...
11:36 - 15 Desa MoU Program Desa B...
17:08 - Enam Tahun Berjalan, Progr...
12:49 - Karhutla di Desa Merbau Su...
09:47 - Cegah Covid-19, Ruas Jalan...
06:01 - Sambut Hari Bhayangkara ke...
16:43 - Bupati Pelalawan Letakkan ...
14:16 - Bupati Pelalawan Serahkan ...
21:34 - Setelah 15 Hari Zero Covid...
17:58 - Saat Pandemi Covid-19, Per...
14:38 - DPMD Sosialisasikan Aplika...
22:51 - Peringati HUT ke-74 Bhayan...
06:00 - Tiga PDP di Pelalawan, Sat...
11:54 - Bupati Pelalawan Serahkan ...
17:19 - Pemerintah Kelurahan Bunut...
 
Pemkab Pelalawan Bangun 36 Unit Rumah KAT di Kuala Kampar
Minggu, 15 September 2019 - 15:56:07 WIB
  Kadis Dinsos Pelalawan, Drs Mukhtaruddin saat memberikan bantuan sembako, infrastruktur, dan kesejahteraan pada suku Akit, kemarin. FOTO: Andy Indrayanto
Kadis Dinsos Pelalawan, Drs Mukhtaruddin saat memberikan bantuan sembako, infrastruktur, dan kesejahteraan pada suku Akit, kemarin. FOTO: Andy Indrayanto
TERKAIT:

PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan bersinergi bersama Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Provinsi Riau terus menunjukkan komitmen dalam mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat suku terasing atau Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kecamatan Kuala Kampar dengan memberikan bantuan sembako, infrastruktur dan kesejahteraan Suku Akit, yang sebelumnya menjadi persoalan utama mulai diselesaikan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan Ir. H.T. Mukhtaruddin, M.Si pada media ini,  Jumat (14/9/2019). Menurutnya, dalam kegiatan itu juga pihaknya melakukan monitoring dan pembinaan terhadap Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Dusun Sungai Sekiat dan Sungai Raya Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar.

"Suku Akit adalah suku terasing tertua di Pelalawan. Kehidupan suku tersebut selama ini menggantungkan hidupnya hanya dengan melaut saja, kini mereka mulai menuju era sejahtera," kata mantan Sekwan DPRD ini.

Dia mengatakan bahwa selain memberikan bantuan sembako, Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi Riau pada tahun 2017 dan 2018 telah membangun 36 unit rumah pemukiman program pemberdayaan bagi keluarga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

"Pemkab Pelalawan juga telah membangun sarana dan prasarana seperti fasilitas MCK, pengadaan air bersih dan lainnya. Selain itu, balai masyarakat juga sudah dibangun sesuai permintaan masyarakat untuk mengembangkan budaya dan adat istiadat serta kesenian warga setempat,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan Dewitha Suryaningsih, S.Pi yang juga ikut mendampingi Kepala Dinas mengatakan bahwa Jumlah warga suku Akit (KAT) di Desa Sei Upih di Kecamatan Kuala Kampar sebanyak 50 Kepala Keluarga dan Kementerian Sosial RI juga memberikan pendampingan kepada Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Kabupaten Pelalawan untuk mempercepat pemberdayaan KAT di suatu wilayah.

“Mereka sebagai pendamping yang ditugaskan oleh Menteri Sosial untuk mendampingi 50 Kepala Keluarga warga KAT di Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar dalam memecahkan masalah, memperkuat dukungan, memberdayakan potensi dan sumber dalam pemenuhan kebutuhan hidup serta meningkatkan akses terhadap pelayanan sosial dasar,” ujarnya.

Dalam agenda kunjungan kerja di Kecamatan Kuala Kampar Kepala Dinas Sosial juga menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran rumah kepada Afrizal dan Mansur warga Desa Teluk Beringin dan Teluk Bakau serta melakukan penilaian terhadap PSM dan TKSK berprestasi.

Ikut dalam rombongan tersebut Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dewitha Suryaningsih, S.Pi, Kepala Seksi Kelembagaan, Kepahlawanan dan Restorasi Sosial Nurmalili, S.Sos, Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam Nasri, SH dan Staf Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinas Sosial Tengku Aljufri, SE.

Penulis : Andy Indrayanto
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Marcedes Berkuasa di GP Styria, Hamilton Juara Disusul Valtteri Bottas
  • Hasil Swab 3 dan 4 Negatif, ES Warga Rohul Dinyatakan Sehat, Kini Masih di Jakarta
  • Kemenag Rohul Himpun Wakaf Rp1.000 Per Hari dari Pegawai
  • Terima SK Partai Golkar, Pasangan Andi Putra-Suhardiman Penuhi Syarat Maju di Pilkada Kuansing
  • Virus Corona Bisa Menular Lewat Udara, Ini yang Harus Dilakukan untuk Mengurangi Penularannya
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved