Pelalawan
Pemkab Pelalawan | DPRD Pelawan
 
 
+ INDEX BERITA

22:40 - Monitoring dan Evaluasi Pe...
16:00 - Ini Prosedur Pengembalian ...
14:23 - Agar Pelanggan Tak Alami L...
13:32 - Pertamina EP Lirik Field B...
14:13 - Terima Surat Mandat, Andre...
16:55 - Disdik Pelalawan Kembali P...
16:32 - PSBB di Pelalawan Tak Dipe...
12:16 - Pemdes Sialang Bungkuk Bag...
15:50 - Soal Penerapan Sanksi PSBB...
14:01 - PT Selaras Abadi Utama dan...
13:27 - Pemkab Pelalawan Pastikan ...
05:14 - Ratusan Paket Sembako Disa...
05:09 - Jelang Idul Fitri, PT RAPP...
16:33 - Jalin Kemitraan dan Silatu...
12:49 - Koptan Binaan RAPP Diakui ...
17:36 - Drainase Tak Kunjung Diper...
13:07 - Hadapi Kesulitan Dampak Co...
21:55 - 4 Pasien Positif Covid-19 ...
19:19 - Gerakan Bakti Sosial Polri...
17:15 - Bupati Harris Salurkan Ban...
 
Wujudkan Pelalawan Emas, Diskominfo Implementasikan Smart City Terarah dan Terencana
Kamis, 05 September 2019 - 17:24:22 WIB
Plt  Kadiskominfo Pelalawan Hendry Gunawan
Plt Kadiskominfo Pelalawan Hendry Gunawan
TERKAIT:

PELALAWAN -  Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo) terus berbenah dan melakukan terobosan di dalam merealisasikan program yang tertuang di dalam 7 Program Strategis untuk mewujudkan Pelalawan Emas di Kabupaten Pelalawan.

Masuk dalam 25 kabupaten dan kota se-Indonesia dalam Gerakan Menuju 100 Smart City, tahun 2019 ini Diskominfo telah membuat tahapan-tahapan implementasi smart city yang lebih terarah, terukur, dan optimal mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi ke masyarakat.

Hal demikian disampaikan oleh Plt Kadiskominfo Hendri Gunawan saat diwawancarai  di ruang kerjanya didampingi oleh Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government Saud Abdillah, Kamis (5/9/2019).

Hendri membuka pembicaraan dengan mengatakan implementasi smart city yang  dilakukan melalui data dan informasi pemerintah daerah dari berbagai sumber seperti aplikasi ataupun data dari OPD terkait akan terintegrasi dalam satu platform yang disimpan pada satu database sehingga data yang disimpan dan disajikan akan lebih valid dan reliable.

Guna mendukung itu semua, maka diakhir tahun 2019 ini Diskominfo akan membangun Command Center di Kantor Bupati Pelalawan dengan tahapan awal yang akan dilakukan yakni melakukan renovasi ruangan, memaksimalkan apa yang ada sesuai kondisi keuangan Pemda, dan pada tahun 2020 ke depan sudah beroperasi penuh terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Terkait infrastruktur dan koneksi internet Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government, Saud Abdillah menambahkan untuk infrastruktur di kecamatan Diskominfo akhir tahun ini juga akan melakukan pemasangan internet di seluruh kantor kecamatan se Kabupaten Pelalawan. Dan saat ini sudah ada 2 kecamatan yang telah di support oleh Diskominfo, yaitu kecamatan Bunut dan Langgam. Sedangkan Kecamatan Pelalawan dalam progress pengerjaan. Dimana ditargetkan seluruh kantor kecamatan di awal bulan November 2019 sudah berfungsi maksimal.

Saud Abdillah juga menjelaskan seluruh jaringan internet yang dibangun di kantor kecamatan akan terintegrasi langsung di Diskominfo. "Yang kami harapkan di sini fasilitas internet tersebut dapat memudahkan pelayanan di kantor kecamatan, seperti keuangan, catatan sipil, perijinan,dan pelayanan lainnya. Adapun skema yang dipakai untuk internet di Kantor Kecamatan ini memanfaatkan provider internet lokal berlisensi Nasional untuk distribusi internet-nya," jelasnya.

Lanjutnya, setelah adanya negosisasi dan terciptanya win solution jadi pihak provider hanya menyediakan jalur/link dan Diskominfo menyediakan bandwidth internetnya. Skema ini dikenal dengan istilah layanan metro ethernet. Jadi nya infrastruktur, pemeliharaan, dan jaminan ketersediaan koneksi menjadi tanggung jawab provider tersebut, dengan SLA ( Service Level Agreement) 95 %. Kemudian di depan kantor kecamatan tersebut akan ada juga fasilitas free internet untuk masyarakat (Free Wifi Publik) yang jadwal operasionalnya dari jam 16.00 WIB hingga 22.00 WIB yang semua peralatannya di support oleh provider internet tersebut.

Di akhir perbincangan Saud melanjutkan seluruh skema ini praktis dan pastinya sangat menguntungkan Pemerintah Daerah dalam pengalokasian anggaran. Dalam hal ini Pemda tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur ditambah lagi geografis daerah Kabupaten Pelalawan ini sangat luas dan tentunya akan menguras anggaran yang besar pula.

Plt Kadiskominfo Hendri Gunawan optimis dengan kejutan demi kejutan dan inovasi akan terus dilakukan oleh Diskominfo untuk menjawab tantangan dari pimpinan Bupati Pelalawan. Karena semua itu bermuara pada pelayanan publik prima sesuai dengan Program Pelalawan Emas.

Penulis : Andy Indrayanto
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Jubir Covid-19 Riau Ungkap Kekhawatiran, Masyarakat Masih Banyak Melanggar Protokol Kesehatan
  • Riset Terbaru: Resiko Menularkan Covid-19 Lebih Besar daripada Ketularan
  • Kali Ini Pura Agung Jagatnatha Dikunjungi PB GNP Covid-19, Silaturahmi & Salurkan Kebutuhan Pokok
  • Holy Basil, Ratu Herbal yang Menenangkan Hati dan Kendalikan Gula Darah
  • KPU: Pasien Positif Covid-19 Bisa Nyoblos di Pilkada 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved