www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Marwan Yohanis: Pengawasan Distribusi Minyak Goreng di Riau Kurang
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Air PDAM Tirta Siak Mati, Warga di Sukajadi Beli Air Galon
Jumat, 10 Desember 2021 - 19:48:10 WIB

PEKANBARU - Sejak 25 November lalu, warga Pekanbaru khususnya di Kecamatan Sukajadi mengeluh karena aliran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak mati total. Kejadian itu membuat warga harus membeli air galon untuk keperluan sehari-hari. 

Hal itu pun diakui oleh Staf Ahli Manajemen Dirut PDAM Tirta Siak Hengki Irawan. Matinya aliran air dari PDAM ke pelanggan terjadi sejak 25 November lalu sampai kini.

"Kalau untuk kondisi saat ini, kami PDAM Tirta Siak Pekanbaru, kami minta maaf karena saat ini sedang ditimpa musibah sejak 25 November lalu, secara berturut kita mengalami kondisi kerusakan yang memang ada beberapa faktor, terutama kondisi pipa kita yang sudah cukup tua dan lama," ujar Hengki, Jumat (10/12/2021). 

Dikatakannya, kondisi itu terjadi karena ada kerusakan di Jalan Rajawali dan Cempaka, tepatnya di JDU atau Jalur Distribusi Utama PDAM. Sejak kejadian itu, menurutnya PDAM berupaya untuk memperbaiki hingga hampir 24 jam setiap hari.

"Yang kita upayakan untuk percepatan perbaikan. Ketika kita lakukan perbaikan, terjadi lagi kerusakan di titik selanjutnya. Terlebih kita berdampingan dengan proyek IPAL yang bisa saja terjadi getaran-getaran tanah yang memang ada korelasinya dengan perbaikan pipa kita," jelasnya. 

Meski begitu, masyarakat tidak perlu khawatir, karena PDAM telah membentuk tim darurat. Sampai saat ini titik kerusakan di Jalan Cempaka sudah selesai dan pemasangan alat juga sudah selesai. 

"Sekarang ini kita fokus pada titik jalur utama kita Jalan Rajawali, saat ini kita menunggu pihak dari IPAL untuk mengangkat materialnya, setelah itu baru bis kita bekerja," sebutnya.

Hengki menyebut, ada sekitar13,5 ribu pelanggan yang terdampak. Sebab, aliran air PDAM sifatnya central, dan pengunciannya masih central. "Jadi selama perbaikan, kita off. Karena kita lagi mengunci jalur. Jika kita buka tentu nanti akan menggangu posisi pengerjaan yang saat ini," ungkapnya.

Menurutnya, PDAM masih konsentrasi pada penyelesaian. Setelah itu, baru membuka kunci untuk jalur setiap pelanggan. Menurutnya, untuk penyaluran nantinya, bagi pelanggan yang di ujung, tentu tidak langsung volume besar, tentu harus bertahap, perlu waktu 1 kali 24 jam untuk sampai ke area titik yang terjauh.

Untuk saat ini, pihaknya menyediakan armada untuk menyuplai air ke pelanggan. Kata Hengki, sempat ada 6 armada yang dijalankan, untuk masuk ke beberapa titik terutama tangki yang disediakan untuk akses warga umum.

"Itu gratis tanpa biaya apa pun. Jika ada oknum yang meminta biaya untuk suplai air tersebut. Jika ada tolong dilaporkan, karena dalam kondisi ini kami berupaya semaksimal mungkin untuk suplai air ke beberapa titik," terangnya.

"Untuk warga tidak perlu khawatir dengan tagihan. Karena pada saat kejadian, water meter secara otomatis akan off. Artinya tidak ada tagihan," sambungnya.

Penulis: Rahmat
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Anggota DPRD Riau Marwan YohanisMarwan Yohanis: Pengawasan Distribusi Minyak Goreng di Riau Kurang
Walikota Dumai Serahkan DPA 2022, OPD Diminta Segera Laksanakan Program Kerja. 
Walikota Dumai Serahkan DPA 2022, OPD Diminta Segera Laksanakan Program Kerja
Pelaku begal Alvin SaputraTendang Korban hingga Jatuh, Begal Motor Scoopy Akhirnya Diringkus Polisi 
Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH disuntik vaksin BosterKapolres Kepulauan Meranti dan Personel Ikut Suntik Vaksin Boster di Kantor Bupati
Jaksa gadungan ditahan. Tersangka Jaksa Gadungan Dilimpahkan ke Kejari Bengkalis
  Tokoh pendiri Pelalawan, Daslir MaskarViral Video Panglima DPP LLMB Lecehkan Pelalawan, Pendiri Pelalawan Ingin Kasus Ini Dibawa Ke Ranah Hukum
Sekda Pekanbaru M JamilPemko Pekanbaru Bakal Pinjam Pakaikan Gedung Eks OPD
Kepala Pelaksana BPBD Dumai Adyan Bangga Pranata HarahapCuaca Ekstrem, BPBD Dumai Tingkatkan Patroli Cegah Karhutla
Selenggarakan donor darah di Dumai, Pertamina berhasil kumpulkan 307 kantong darah. Donor Darah di Dumai, Pertamina Kumpulkan 307 Kantong Darah
Kadis Sosial BEM Unri, Daffa HauzannabilMahasiswa Unri Bentuk Tim Usut Aktor Politik yang Diduga Dalang Aksi Demo Soal Dugaan Korupsi Sekwan Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved