www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Manajemen PTPN V Dilaporkan ke Menteri Erick Thohir
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pekanbaru Masuk 10 Kota Terbaik Capaian IETPD
Senin, 15 November 2021 - 16:10:00 WIB
Walikota Pekanbaru, Firdaus
Walikota Pekanbaru, Firdaus

PEKANBARU - Kota Pekanbaru punya kesempatan besar meraih peringkat satu untuk kategori kota dalam ETPD. Pasalnya, Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) Kota Pekanbaru pada Triwulan IV tahun 2021 diproyeksikan mencapai 94
persen.

Hal itu jelas menjadi lompatan besar karena Kota Pekanbaru sempat masuk indeks kota berkembang pada Triwulan I tahun 2021 dengan IETPD hanya mencapai 54 persen

Namun kini bisa menjadi satu dari 10 kota terbaik dalam capaian IETPD atau bahkan Pekanbaru bisa menjadi kota terbaik di Pulau Sumatra dalam capaian IETPD.

Capaian besar itu akan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sebab Kota Pekanbaru saat ini berada di peringkat satu dalam penerapan IETPD Triwulan III dengan capaian 90 persen.

Peningkatan capaian IETPD Kota Pekanbaru didorong oleh Realisasi ETP melalui penerimaan QRIS. Kota Pekanbaru juga menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Riau yang sudah menerapkan sistem pembayaran lewat QRIS untuk retribusi.

Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT mengatakan, hal itu merupakan kesiapan dalam transformasi transaksi dari manual ke digital. Dia juga menyebut, penerapan transaksi keuangan digital di daerah mendukung pembangunan Indonesia digital.

Adanya kekuatan untuk memperkuat penerapan transaksi digital dibuktikan dengan sebagian besar transaksi keuangan daerah di Kota Pekanbaru sudah menerapkan secara digital.

Bahkan seluruh transaksi belanja dan penerimaan pemerintah daerah sudah terelektronifikasi.

Sebagai Ketua Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Pekanbaru, Firdaus, menjelaskn, transaksi retribusi lewat pembayaran QRIS bakal dioptimalkan.

Kanal itu harus dioptimalkan agar QRIS bisa digunakan untuk mendorong pendapatan pajak daerah atau retribusi.

Seluruh OPD di pemerintah kota harus memperluas jangkauan atau memanfaatkan kanal QRIS ke masyarakat. Caranya dengan melakukan sosialisasi dan edukasi sembari menyiapkan infrastruktur mendukung pembayaran QRIS.

Walikota mengajak masyarakat mendukung transformasi keuangan digital itu secara bertahap. Apalagi di era perkembangan teknologi yang semakin mempermudah akses layanan bagi masyarakat.

Dirinya mendorong TP2DD Kota Pekanbaru bisa menggesa percepatan transformasi keuangan digital. Ia pun berterima kasih kepada pemerintah pusat atas capaian Kota Pekanbaru yang masuk dalam indeks kota digital sehingga masuk lima besar IETPD.

Deputi Kepala Divisi SP, PUR, dan MI Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Asral Mashuri, mengapresiasi capaian Kota Pekanbaru yang bisa transformasi dari transaksi keuangan daerah secara manual ke digital.

IETPD Kota Pekanbaru pada Triwulan I tahun 2021 sempat di bawah 55 persen dengan predikat kota berkembang. Padahal idealnya Kota Pekanbaru bukan lagi Kota berkembang, tapi bisa langsung sebagai kota digital.

Kemudian pada Triwulan kedua ada perubahan di seluruh OPD Kota Pekanbaru karena sudah 100 persen menerapkan transaksi keuangan daerah secara digital.

Indeks Implementasi ETP menjadi 100 persen meliputi transaksi belanja, transaksi pendapatan (retribusi dan pajak) dan pemanfaatan kanal.

Wakil Ketua Harian TP2DD Kota Pekanbaru itu mengaku kagum dengan sistem IT di pemerintah kota yang semakin maju. Hal itu membuat capaian indeks lingkungan strategis ETP sudah 100 persen.

Penerapan sistem informasi seperti SP2D online, CMS dan integrasi CMS dan SP2D online sudah optimal. Jangkauan jaringan hingga jarinag 5G karena infrastruktur telekomunikasi memadai di Kota Pekanbaru.

Kota Pekanbaru bisa meningkatkan Indeks realisasi ETP dari QRIS karena semakin banyak sektor pajak dan retribusi yang memakai pembayaran lewat kanal QRIS. Maka pemerintah kota dorong masyarakat untuk membayar pajak daerah dan retribusi lewat QRIS

Dirinya optimis dua bulan ke depan terlihat capaian penggunaan kanal QRIS. Ia mengajak masyarakat bisa memanfaatkan kanal QRIS dalam pembayaran pajak dan retribusi.

Asral, menyebut harus melakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar bisa membayar lewat QRIS. Pemerintah kota punya cara untuk meyakinkan masyakarat bisa membayar secara online.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, menjelaskan, ETPD memiliki peran yang sangat krusial dalam mendorong pembangunan di daerah melalui peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Tren digitalisasi mempengaruhi sendi perekonomian dan mengubah pola transaksi masyarakat, termasuk pembayaran dan keuangan. Selain dapat
meningkatkan PAD, ETPD juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, serta perbaikan kualitas ease of doing business melalui pelaporan dan pembayaran pajak online.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

Melalui program ETPD, inovasi dan implementasinya ke depan bisa meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola dan mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah dan mengoptimalkan PAD.

"ETPD ini untuk mendukung pengembangan pembayaran digital masyarakat, mewujudkan keuangan yang inklusif, juga meningkatkan integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional," jelasnya.

Ami, sapaan akrab kepala Bapenda itu melanjutkan, penerapan ETPD membawa transaksi keuangan daerah dari tunai menjadi non tunai. Indeks ETPD Kota Pekanbaru secara bertahap berada di taraf digital.


Deputi Kepala Divisi SP, PUR, dan MI Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Asral Mashuri

Ada sejumlah indikator IETPD namun sebagian besar transaksi keuangan daerah di Kota Pekanbaru sudah menerapkan secara digital.

Sekretaris TP2DD Kota Pekanbaru itu menyatakan, seluruh transaksi belanja pemerintah daerah sudah terelektronifikasi. Begitu juga dengan transaksi penerimaan Pemda dari sektor pajak.

Sebelas sektor pajak di Kota Pekanbaru, kata Ami lagi, sudah menerapkan transaksi digital dengan QRIS, kanal digital dan kanal semi digital. Transaksi penerimaan Pemda sektor retribusi ada yang sudah menerapkan. Kebanyakan sudah menerapkan kanal semi digital.



TP2DD Kota Pekanbaru sejak Maret 2021 sudah melakukan percepatan hingga akhirnya meluncurkan QRIS. Ia menyebut hal itu transformasi manual ke digital kini lewat e commerce.

Ada sejumlah aplikasi yang mempermudah akses pembayaran dan pelayanan sektor pajak daerah. Ia menyebut bahwa ada sejumlah kemudahan dalam transaksi keuangan pemerintah daerah. (ADVETORIAL )


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IlustrasiManajemen PTPN V Dilaporkan ke Menteri Erick Thohir
Direktur Politehnik Negeri Padang, DR Surfa Yondri, ST,SST,M.Kom memberikan sambutan saat acara kuliah umum dan peningkatan link & match dengan dunia industri di Kampus PNP Pelalawan.Beri Kuliah Umum, Bupati Zukri Sebut akan Bangun Kampus Utama PSDKU Pelalawan
Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman 526 PNS Pemkab Siak Terima Penghargaan Satyalencana Karya Sayta
Suasana penutupan Musda V DPD Demokrat Riau. Agung Nugroho Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Demokrat Riau
IlustrasiTak Digubris, DPRD Pekanbaru Kembali Desak PDAM Tirta Siak Segera Atasi Persoalan Pipa Bocor
  Program CSR Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit Group RGE, sentuh sarana rumah ibadah masjid.Asian Agri Fasilitasi Sarana Air Bersih Rumah Ibadah
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru Abdul JamalNaik Rp51.704, UMK Pekanbaru Jadi Rp3.049.675
Polres Inhu gelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Batang Cenaku, Selasa (30/11/2021).Ipda Asep Saifurrohman Jabat Kapolsek Batang Cenaku
IlustrasiAnggota Dewan Ini Setuju Jika Tarif Parkir di Pekanbaru Naik, Ini Alasannya
Kepala Disparpora Kepulauan Meranti bersama istri yang mendampingi Bujang dan Dara tampil di ajang Pemilihan Bujang dan Dara Provinsi RiauNur Indahyani Asal Kepulauan Meranti Dinobatkan Jadi Dara Provinsi Riau Tahun 2021
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kepala Balai PPW Riau Tepung Tawari Marulis Menuju MTQ Korpri Nasional
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved