www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Audit di RSD Madani, Sekda Klaim Kasus Stunting di Pekanbaru Turun Signifikan
Senin, 04 Maret 2024 - 17:55:57 WIB

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berupaya untuk mengurangi angka kasus stunting. Berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan melakukan Audit Kasus Stunting (AKS) untuk mengetahui penyebab stunting di Kota Pekanbaru.

Kegiatan Audit Kasus Stunting ini berlangsung di Rumah Sakit Daerah Madani, Jalan Garuda Sakti, kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Bina Widya, Senin (4/3/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, kegiatan audit terhadap kasus-kasus stunting yang ada di Kota pekanbaru ini bertujuan untuk mengetahui penyebab stunting.

"Ini kan kita melakukan audit stunting di Kota Pekanbaru dan ini bersempena juga tadi dengan kegiatan yang dipusatkan gebyar audit kasus stunting (AKS) yang ditaja oleh provinsi, tadi dihadiri oleh kepala BKKBN pusat. Kita hari ini melakukan audit terhadap kasus-kasus stunting yang ada di kota pekanbaru dari hasil audit ini nanti akan ketahuan apa saja sih sebenarnya penyebab stunting ini," ujar Indra, Senin (4/3/2024).

Lebih lanjut dikatakannya ada banyak faktor yang menjadi penyebab stunting di Kota Pekanbaru, salah satunya masalah gizi, baik itu secara kualitas maupun kuantitas. Selain itu masalah kemiskinan juga menjadi salah satu faktor terjadinya stunting.

"Tadi ada dokternya menyampaikan ke saya bahwa penyebab stunting yang pertama itu masalah gizi baik itu kualitas maupun kuantitasnya. Kemudian yang kedua masalah psikologis mungkin keluarganya kurang harmonis atau masalah internal keluarga lainnya.  Ada banyak faktor termasuk juga masalah kemiskinan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Nantinya setelah dilakukan audit oleh tim akan diambil kesimpulan untuk selanjutnya dilakukan rencana aksi untuk mengatasi kasus stunting.

"Ini di audit oleh tim kemudian nanti akan diambil kesimpulan dan disarankan ke kita pemerintah kota Pekanbaru terus nanti rencana aksinya itu seperti apa. Jadi akhir dari audit stunting ini nanti akan dirapatkan kembali dan dilakukan rencana aksi untuk tindak lanjutnya langkah apa yang harus kita lakukan," jelasnya.

Sementara untuk angka stunting di Kota Pekanbaru sendiri menurut Indra sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Untuk angka stunting sendiri kita masih berpatok ke hasil survei SSGI tahun 2022 itu kita di 16,8 persen. Kemudian di tahun 2023 itu sebenarnya kita sudah dilakukan survei juga oleh SKI cuma sampai sekarang belum keluar hasilnya hanya saja dari 750 sampel itu ditemukan 29 yang mengalami stunting," sebutnya.

"Kita tidak tahu sistem perhitungannya seperti apa tapi kalau di presentasikan secara sederhana mungkin angka stunting kita saat ini di angka 3,7 persen berarti kita mengalami penurunan yang sangat signifikan," tutupnya.

Penulis: Mg2
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Antrean kendaraan di Pelabuhan Dumai-Rupat.(foto: mcr)Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Tol Trans Sumatera.(foto: int)Rekor Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatera Meningkat Tajam
Suasana di salah satu mal di Pekanbaru ramai pengunjung.(foto: dini/halloriau.com)Mall Jadi Pilihan Masyarakat Kota Pekanbaru Habiskan Waktu Libur Lebaran
Suasana saat momen lebaran di Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Suasana Haru dan Bahagia Selimuti Kunjungan Idulfitri di Lapas Pekanbaru
Peningkatan volume lalu lintas di tol ruas Provinsi Riau (foto/ist)33 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi 3 Ruas Tol di Riau Saat Libur Lebaran
  Tips jaga kesehatan saat mudik.(ilustrasi/int)Simak Tips ini untuk Tetap Bugar saat Mudik dan Balik Lebaran 2024
Tradisi ziarah di Kabupaten Kampar.(foto: int)Menyelami Kekayaan Budaya yang Menawan di Kampar
Karhutla Riau.(ilustrasi/int)BPBD Riau Klaim Nihil Karhutla Selama Libur Lebaran
Harga cabai merah bukit di Pasar Belantik Siak naik (foto/Meri)Pasca Lebaran Harga Cabai Tembus Rp90 Ribu/Kg dan Ayam Rp35 Ribu/Kg di Siak
Iluatrasi nelayan tewas tersambar petir di laut Karimun, Kepri (foto/int)Pergi Menjaring Udang, Nelayan Tewas Tersambar Petir di Perairan Karimun Kepri
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved