www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Uji Residu di Pasar Sail, Disketapang Temukan Jenis Bawang Putih Terkontaminasi Zat Kimia
Kamis, 27 Juli 2023 - 11:19:34 WIB

PEKANBARU - Sejumlah komoditas pangan di Kota Pekanbaru terkontaminasi zat kimia berbahaya. Komoditas pangan yang mengandung zat kimia berbahaya itu ditemukan langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, saat melakukan uji residu, di Pasar Sail.

Tim dari Disketapang Pekanbaru melakukan uji residu pestisida pada sampel sejumlah komoditas pangan yang diambil dari pasar tersebut. Pihaknya mengambil sampel dari komoditi pangan yang dijual para pedagang. Kemudian, pengujian dilakukan di laboratorium Disketapang Kota Pekanbaru di Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Sejumlah komoditas yang diuji seperti sayur pakcoy, cabe rawit hijau, timun, bengkoang, tomat, bawang putih, kacang tanah, pepaya, dan jagung. Berbagai komoditas itu didatangkan dari berbagai daerah di luar Kota Pekanbaru.

"Kita melakukan uji sampel residu pada sejumlah komoditas pangan di Pasar Sail. Diantaranya bengkuang dari Petapahan, Nenas dari Siak, tomat dari Sumatera Utara, Cabai rawit dari Bukittinggi, Pepaya dari Pekanbaru serta bawang putih impor dari Thailand," ujar Plt Kepala Disketapang Pekanbaru Mahyudin, Kamis (27/7/2023).

Dikatakannya, dari hasil pengujian yang dilakukan, pihaknya menilai bahwa mayoritas komoditas tumbuhan yang dipasarkan pedagang di Pasar Sail cukup baik. Namun ada satu komoditas yang diindikasi terkontaminasi residu berbahaya yakni, untuk jenis bawang putih.

"Dari uji sampel yang dilaksanakan, diketahui kalau hanya satu komoditas pangan asal tumbuhan (PSAT) yang ditemukan terindikasi positif terkontaminasi. Sedangkan komoditas lainnya, negatif," katanya.

Selanjutnya kata Mahyudin, hasil sampel itu nantinya akan dilakukan pencatatan dan direkomendasikan kepada pihak pengelola pasar untuk selanjutnya diingatkan kepada pedagang dan distributor untuk memperhatikan kualitas bahan pangan asal tumbuhan yang hendak dipasarkan.

Dalam memastikan bahan pangan yang dikonsumsi masyarakat tetap aman, Disketapang Pekanbaru melaksanakan Uji Residu di Pasar Sail, beberapa bulan lalu. Disketapang Pekanbaru juga melakukan uji residu ke Pasar Kodim dan Pasar Lima Puluh.

Selain pasar, Disketapang juga melakukan uji petik langsung terhadap komoditas tanaman yang ditanam oleh Kelompok Tani maupun kelompok wanita tani.

Penulis: Rahmat Hidayat
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wahana Kereta Wisata di Siak.(foto: meri/halloriau.com)Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Pasar induk.(ilustrasi/int)Pasar Induk Segera Beroperasi, Ini Respon DPRD Pekanbaru
Tol di Riau.(foto: mcr)Hingga Lebaran H+2, Hampir 28 Ribu Kendaraan Melintas di 3 Tol di Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/Yuni)Meski Tanggal Merah, Pj Gubri Minta Pelayanan di Riau Tetap Optimal
Ilustrasi MotoGP Amerika, lintasan Austin, Texas (foto/int)Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapan Sengit Dini Hari di Austin Texas
  Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Walikota Pekanbaru Siapkan Sanksi untuk ASN yang Tambah Libur Lebaran
Cosplay Transformers jadi favorit pengunjung Lapangan Gedung Maharatu Siak untuk berfoto.(foto: meri/halloriau.com)Robot Transformers Jadi Spot Foto Favorit di Lapangan Gedung Maharatu Siak
Arus pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru tinggi saat momen Lebaran 1445 H (foto/Dini)Aktivitas Masih Tinggi, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi H+3
Sky Walk berseberangan dengan pusat wisata Siak (foto/Meri)Sky Walk Jembatan Kaca Wisata Populer Siak yang Wajib Kamu Datangi
Ilustrasi curah hujan di momen libur panjang Lebaran Idulfitri (foto/int)Mau Pergi Wisata di Libur Lebaran? Ini Prakiraan Cuaca Pekanbaru dan Sekitar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved