www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Warga Kampung Baru Kuansing Resah Akibat Beruang Madu Berkeliaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Genap Berusia 239 Tahun, Pekanbaru Bergerak Tumbuh dan Bermarwah
Jumat, 23 Juni 2023 - 10:09:54 WIB
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun telah berupaya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat sebagaimana yang telah sama-sama direncanakan (foto/ist)
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun telah berupaya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat sebagaimana yang telah sama-sama direncanakan (foto/ist)

Baca juga:

Pesawat Delay, Pelantikan Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Ditunda
Gantikan Muflihun Sebagai Pj Walikota Pekanbaru, Siapa Risnandar Mahiwa?
Masa Jabatan Tinggal Mengitung Hari, Pj Wako Pekanbaru: Banyak Permasalahan Kota Belum Tuntas

PEKANBARU - Kota Pekanbaru genap berusia 239 tahun. Di usia yang sudah sangat matang ini Pekanbaru akan terus tumbuh, berbenah dan bergerak untuk menjadi kota yang bermarwah dan dicintai masyarakatnya.

"Alhamdulillah Kota Pekanbaru sudah genap berusia 239 tahun. Ini tentu bukan usia yang muda lagi, ini usia yang sudah sangat matang," ujar Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun Jumat (23/6/2023).

Ia mengatakan dalam periode satu tahun ke depan, dirinya kembali dipercaya dan diberikan amanah menjadi Penjabat Walikota Pekanbaru untuk yang kedua kalinya. Dalam pelaksanaan tugas ini, pihaknya mengusung tag line “Pekanbaru Bergerak” yang artinya mencerminkan semangat yang tinggi untuk membangun Kota Bertuah yang sama-sama dicintai ini.

"Sejalan dengan itu, untuk tema hari jadi pekanbaru ke 239 ini pun kami ambil dari tagline Pekanbaru bergerak yaitu Pekanbaru Bergerak, tumbuh dan bermarwah," ucapnya.

Disampaikan Muflihun, Pekanbaru Bergerak, tumbuh dan bermarwah ini mempunyai makna. Bergerak berarti masyarakat Pekanbaru yang terus bergerak maju dan raih peningkatan dalam semua aspek yang ada.

Kemudian tumbuh, bermakna Kota Pekanbaru yang terus tumbuh berkembang dalam aspek ekonomi, aspek pembangunan, dan aspek penduduk. Selanjutnya bermarwah berarti bahwa Kota Pekanbaru memiliki makna bermartabat, sebuah kehormatan, keunggulan yang sesuai dengan tujuan Kota Pekanbaru.

"Sebagai momen yang berharga, mari kita refleksikan sejarah kota ini dan upaya pemerintah dalam melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Kota pekanbaru, dengan segala dinamikanya, telah menjalani perjalanan yang penuh tantangan dan kejayaan," ungkapnya.

Dijelaskan Pj Walikota, dari sebuah pemukiman kecil di tepian sungai siak, sekarang Pekanbaru tumbuh menjadi pusat ekonomi, budaya, dan pendidikan di tengah tengah pulau sumatera atau the capital city of sumatera yang diharapkan
akan menarik minat banyak orang untuk datang berkunjung ke kota pekanbaru.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa sejarah kota ini penuh dengan kisah perjuangan, kerja keras dan semangat dalam membangun," ucapnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah berupaya untuk memaksimalkan pemberian pelayanan kepada masyarakat dan ini dibuktikan dengan keberhasilan terhadap capaian indikator kinerja makro yang meliputi indeks pembangunan manusia (ipm) terjadi peningkatan dari tahun 2021
sebesar 81,58% menjadi 82,06% pada tahun 2022 atau sebesar +0.48%.

Tingkat pengangguran terbuka terjadi penurunan dari tahun 2021 sebesar 8,29% menjadi 6,40% pada tahun 2022 atau -1.89%. Pertumbuhan ekonomi terjadi peningkatan dari tahun 2021 sebesar 5,24 menjadi 6,78 pada tahun 2022 atau +1.54%.

Lebih lanjut angka harapan hidup kota pekanbaru terjadi peningkatan dari tahun 2021 sebesar 72,41% menjadi 72,70% pada tahun 2022 atau naik sebesar +0,29%.

Ini disebabkan karena semakin membaiknya pelayanan serta sarana dan prasarana kesehatan dan menjadikan kota pekanbaru sebagai kota dengan angka harapan hidup tertinggi di Provinsi Riau.

"Kemudian untuk angka harapan lama sekolah kota pekanbaru, juga terjadi peningkatan dari tahun 2021 sebesar 15,55% menjadi 15,56% pada tahun 2022 atau sebesar +0,01% dan menjadikan Pekanbaru sebagai kota dengan angka harapan lama sekolah tertinggi di Riau," jelasnya.

Pemko Pekanbaru telah berupaya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat sebagaimana yang telah sama-sama direncanakan. Melalui rencana pembangunan daerah dan rencana kerja pemerintah daerah yang pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Karena pelayanan yang baik adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Selain program dan kegiatan yang ada pada rencana pembangunan daerah dan rencana kerja pemerintah daerah terdapat beberapa permasalahan dasar yang perlu segera diatasi dan hal ini perlu kerja keras kita bersama.

"Untuk melakukan percepatan dalam mengatasi permasalahan dimaksud, terdapat upaya kami melalui enam fokus agenda prioritas yang menjadi atensi untuk segera dituntaskan sebagaimana semangat yang tergambar pada tagline
pekanbaru bergerak," sebutnya.

Untuk yang pertama adalah percepatan perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur jalan, sungai dan drainase. Pengembangan infrastruktur menjadi fokus utama Pemko Pekanbaru.