www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Ternyata ini Penyebab Fenomena Hujan Es di Pekanbaru
Sabtu, 25 Maret 2023 - 18:03:08 WIB

PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru, Riau dihebohkan dengan fenomena hujan es yang melanda beberapa kecamatan, saat hujan lebat tengah melanda, Sabtu (25/3/2023) sore, menjelang berbuka.

Dilansir detik.com mengutip laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan es di Indonesia merupakan fenomena yang biasa terjadi.

Fenomena hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan dalam periode beberapa menit.

Ketika terjadi hujan es, biasa disertai dengan hujan intensitas lebat dalam durasi singkat. Hujan es juga terjadi bersamaan dengan kilat atau petir dan angin kencang.

Fenomena hujan es ini lebih banyak terjadi pada masa transisi atau pancaroba musim. Baik dari musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya, dari musim hujan ke musim kemarau.

Dimana, penyebab terjadinya fenomena hujan es, karena dipicu pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan. Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb).

Umumnya awan jenis Cumulonimbus memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut. Sehingga hal ini dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar.

Terkait proses terjadinya fenomena hujan es, Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, tentang hujan es disebabkan oleh adanya awan Cumulonimbus.

Hary mengungkapkan, ada tiga partikel dalam awan Cb, yakni butir air, butir air super dingin dan partikel es. Awan Cb ini dapat terbentuk dari dua proses, yakni strong updraft dan downdraft, dan lower freezing level.

Pertama, awan Cb dapat terbentuk karena proses pergerakan massa udara naik dan turun yang sangat kuat alias strong updraft dan downdraft.

Strong updraft diketahui dapat membawa uap air naik hingga suhu udara menjadi sangat dingin dan uap air membeku menjadi partikel es.

Kedua, awan Cb juga dapat terbentuk karena adanya lapisan tingkat pembekuan atau freezing level yang lebih rendah dari ketinggian normalnya.

Freezing level ini merupakan lapisan pada ketinggian tertentu di permukaan bumi yang suhu udaranya bernilai nol derajat celcius.

"Pada ketinggian ini, butiran air umumnya akan membeku menjadi partikel es. Di indonesia umumnya lapisan tingkat pembekuan berada pada kisaran ketinggian antara 4-5 km di atas permukaan laut," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hary menuturkan, hujan es hanya bisa diprediksi 30 menit hingga satu jam sebelum kejadian, dan kecil kemungkinannya untuk kembali terjadi di tempat sama dalam waktu yang singkat.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto saat memimpin RUPSLB BRK Syariah.(foto: sri/halloriau.com)RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
Pelantikan Risnandar Mahiwa sebagai Pj Walikota Pekanbaru.(foto: mimi/halloriau.com)Saksikan Pelantikan Pj Wako Pekanbaru, TAF Harap Risnandar Mahiwa Lanjutkan Program Strategis
Ketua DPD AMPI Riau yang juga anggota DPD RI terpilih, Sewitri (foto:int)Golkar Dituding Bakal Khianati Prabowo-Gibran, Sewitri: Bicara Jangan Asal-asalan
Bupati Pelalawan, H Zukri saat menerima Opini WTP ke-12 kalinya berturut-turut untuk Pemkab Pelalawan dari BPK RI Perwakilan Riau.(foto: andi/halloriau.com)Pemkab Pelalawan Raih Opini WTP ke-12 Berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Riau
Jembatan Panglima Sampul di Kecamatan Tebingtinggi Barat ambrukSetelah Jembatan Bandul Roboh, Kini Giliran Jembatan Panglima Sampul Ambruk, Akses Masyarakat Terisolir
  Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa bersama Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto usai pelantikan.(foto: sri/halloriau.com)Risnandar Mahiwa Resmi Jabat Pj Wako Pekanbaru, Ini Harapan Pj Gubri SF Hariyanto
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution dan sejumlah pejabat mulai datang ke Gedung Daerah Riau jelang pelantikan Risnandar Mahiwa sebagai Pj Walikota Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Jelang Pelantikan Pj Wako Pekanbaru, Sejumlah Pejabat Mulai Hadir di Gedung Daerah
Ucapan Wan Abu Bakar (kanan) soal jangan sampai Riau dipimpin oleh orang luar Riau diketahui menyinggung beberapa pihak tak terkecuali Edy Natar Nasution (kiri) (foto:int)Perkara 'Jangan Pilih Orang Luar Riau', Pengamat: Yang Dimaksud Bukan Edy Natar
Muslihun mulai bersiap tinggalkan rumah dinas Walikota Pekanbaru (foto/IG Muflihun)Ini Kesibukan Muflihun di Penghujung Jabatan Pj Walikota Pekanbaru
Risnandar Mahiwa, Pj Walikota pengganti Muflihun tiba di Pekanbaru (foto/Yuni)Sempat Delay, Risnandar Mahiwa Tiba di Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved