www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Sanksi Tipiring Pilihan Terakhir
Hindari Sanksi, Tim Yustisi Pekanbaru Minta Warga Tak Buang Sampah Sembarangan
Selasa, 24 Januari 2023 - 19:59:51 WIB
Tim Yustisi Pemko Pekanbaru melakukan sosialisasi kepada pengendara agar tidak membuang sampah dari dalam mobil.(foto: rahmat/halloriau.com)
Tim Yustisi Pemko Pekanbaru melakukan sosialisasi kepada pengendara agar tidak membuang sampah dari dalam mobil.(foto: rahmat/halloriau.com)

PEKANBARU - Tim Yustisi Pemko Pekanbaru terus menindak para pembuang sampah sembarangan. Mereka yang tertangkap tangan akan disanksi sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru.

Dalam Perda tersebut, para pelanggar dapat disanksi Rp2,5 juta hingga Rp50 juta. Namun, Pemko Pekanbaru masih memberikan teguran dengan tujuan agar masyarakat sadar akan kebersihan Kota Pekanbaru.

Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengatakan, saat ini pihaknya selaku tim yustisi terus melakukan pengawasan di lapangan. Ia berharap agar masyarakat sadar akan kebersihan kota.

"Pengawasan di lapangan tetap kita lakukan. Kita kan berharapnya, bukan tipiringnya yang kita kedepankan, namun kita akan mengedepankan kesadaran masyarakat agar mereka membuang sampah sesuai dengan anjuran pemerintah yang kita galakan," ujar Zulfahmi, yang juga Ketua Operasional Yustisi Pemko Pekanbaru, Selasa (24/1/2023).

Dengan kesadaran itu kata Zulfahmi, sehingga semua masyarakat dapat memberikan kontribusi terhadap kebersihan di Kota Pekanbaru.

Menurutnya, opsi menerapkan tindak pidana ringan (tipiring) terhadap pembuang sampah sembarangan merupakan pilihan terakhir.

"Kami kalau memang tindakan tipiring itu, ya itu adalah tindakan terakhir. Makanya kemarin kita lakukan sosialisasi kepada pengendara mobil agar memiliki tong sampah di dalam mobil," katanya.

Pihaknya juga meminta masing-masing OPD terkait terus melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi, imbauan kepada masyarakat.

Sehingga tidak ada lagi masyarakat buang sampah dari kendaraan, karena itu termasuk dilarang dalam perda nomor 8 tahun 2014 tersebut.

Bahkan kedepannya, kata Zulfahmi, pihaknya juga meminta ruko-ruko yang berada di pinggir jalan wajib menyediakan tong sampah.

"Sehingga nanti, kalau ini sudah galakan, kita imbau secara masif, tentunya sanksi tipiring itu tidak perlu lagi kita laksanakan," ungkapnya.

Ia menilai, sejak dilakukannya kegiatan sosialisasi, operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pelanggar, persoalan sampah mulai tertib. Bahkan dirinya mengaku belum ada laporan ataupun keluhan terkait sampah.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pengawasan di lapangan dan tetap melakukan OTT.

"Intelijen kita juga kita sebar, di beberapa titik TPS ilegal ada yang memerhatikan. Jadi kita imbau masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah membuang sampah pada tempatnya," sebutnya.

"Kemudian jam buang sampah yang telah ditentukan. Sehingga masyarakat juga terhindar dari sanksi yang diberikan pemerintah melalui Satpol PP," pungkasnya.

Penulis: Rahmat Hidayat
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar.(foto: int)Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Tahun ini Pemerintah Pusat Bangun RSUD Tipe C di Pulau Rupat Bengkalis
Puluhan jerigen berisi BBM subsidi jenis solar yang diamankan dari tangan AL dan AA ke Mapolsek Tambang.(foto: mcr)Kedapatan Suling Solar, 2 Pelaku Penyalahguna BBM Subsidi Diringkus Polsek Tambang
Kapolres Inhil saat ekspos kasus pengungkapan narkoba melibatkan seorang mahasiswa di Mapolres Inhil.(foto: antarariau.com)Pulang Kampung Bawa Ganja, Seorang Mahasiswa Asal Tembilahan Diciduk Polisi
Manajemen HK menyerahkan GPS Collar kepada BBKSDA Riau untuk memantau gajah Sumatera di sekitar Tol Permai.(foto: int)Awal Feburari 2023 HK dan BBKSDA Riau Pasang GPS Collar untuk Gajah Liar Sekitar Tol Permai
  Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan benih udang vaname untuk nelayan di Kota Dumai.(foto: antarariau.com)Beri 300 Ribu Benih Udang Vaname dari Pemprov Riau untuk Sejahterakan Nelayan Dumai
Harimau Sumatera.(int)BBKSDA Riau Masih Lakukan Mitigasi, Petani di Siak Kembali Temukan Jejak Harimau Sumatera
Bunga bangkai setinggi 3 meter di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui Padang Panjang.(foto: detik.com)Warga Padang Panjang Heboh Ada Bunga Bangkai Raksasa di Bukit Tui
Gubernur Riau, Syamsuar saat meresmikan penegerian SMKN 1 Langgam.(foto: mcr)Resmi Dinegerikan, SMKN 1 Langgam Harap Bantuan Pemprov Riau untuk Prasarana
Sovia Septiana S Sos yang baru saja dilantik jadi Ketua DPD HWK Pekanbaru periode 2022-2027.(foto: int)Tekad Sovia Ciptakan Perempuan Tangguh Bekarya dan Punya Skill
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved