www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ranperda BPHTB Serta Ranperda Perempuan dan Anak Bakal Disahkan Agustus Ini
Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:36:46 WIB
Paripurna DPRD Pekanbaru akan pengesahan Ranperda BPHTB dan Ranperda Perempuan dan Anak (foto/int)
Paripurna DPRD Pekanbaru akan pengesahan Ranperda BPHTB dan Ranperda Perempuan dan Anak (foto/int)

PEKANBARU- Plt Sekretaris DPRD Pekanbaru Maisisco menyampaikan, Minggu ketiga atau keempat Agustus 2022 ini, akan ada paripurna pengesahan Ranperda Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) dan Ranperda Perempuan dan Anak.

Tidak hanya itu, DPRD Pekanbaru juga akan menggelar Rapat Paripurna Laporan Pelaksanaan kegiatan reses anggota DPRD Pekanbaru masa sidang ke-III tahun 2021/2022.

Tiga agenda penting tersebut menurut Maisisco berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) beberapa waktu lalu dan disepakati segera dilakukan Paripurna pada Agustus 2022 ini.

"Insyaallah dalam waktu dekat akan ada tiga agenda paripurna, pengesahan Ranperda BPHTB, Ranperda perempuan dan anak serta paripurna laporan reses, mudah-mudahan sesuai jadwal dan tidak ada hambatan, " ungkap Maisisco, Kamis (18/8/2022)

Untuk Ranperda Perempuan dan Anak ini merupakan Prolegda Tahun 2021 lalu. Dalam Ranperda ini Pemko Pekanbaru mengajukan 16 bab dengan 248 pasal. Pansus sudah membahas secara mendetil pasal per pasal

Bahkan sudah meminta masukan dari Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak, serta pihak kepolisian.

Untuk diketahui, Ranperda yang merupakan usulan Pemko ini dinilai sangat penting dan urgen. Mengingat saat ini, sudah banyak terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, sehingga perlu ada regulasi di daerah sebagai payung hukumnya.

Pansus menyebutkan, kehadiran Ranperda untuk memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak, terutama untuk masyarakat Kota Pekanbaru.

Untuk Ranperda Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) diketahui saat ini sudah dibahas ditingkat Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Pekanbaru. Pansus juga sudah memanggil beberapa pihak terkait.

Terakhir, Pansus sudah membahas Ranperda ini dengan BPN Pekanbaru dan organisasi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Ranperda ini dibahas seiring revisi Perda No 4 Tahun 2010, tentang BPHTB.

Manfaat yang bakal diraskan jika Ranperda ini disahkan di antaranya, masyarakat tidak lagi membayar (gratis) BPHTB-nya untuk pengurusan sertifikat tanah pribadi. Selama ini masyarakat harus membayar. Praktis nantinya hanya bayar pajak bumi bangunan (PBB) saja.

Selanjutnya, masyarakat diberi waktu 2 tahun untuk pengurus sertifikat tanah gratis ini. Untuk pengurusan sertifikatnya, tetap ke BPN dengan biaya gratis.

Meski Ranperda ini disahkan nantinya, khusus pengurusan sertifikat untuk dunia usaha atau pengembang perumahan, mereka tetap seperti biasa membayar surat sertifikat. Sebab, pengembang mencari profit. Pansus DPRD hanya memberikan keringanan untuk masyarakat secara umum saja. (*)

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Riki

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved