www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Diduga Salahi Aturan, Pemenang Lelang Pasar Bawah Terancam Batal
Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:15:19 WIB
Pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah tak kunjung diserahkan Pemko Pekanbaru ke pemenang lelang (foto/int)
Pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah tak kunjung diserahkan Pemko Pekanbaru ke pemenang lelang (foto/int)

PEKANBARU- Pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah tak kunjung diserahkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kepada pihak swasta sebagai pemenang lelang. Padahal, pemenang lelang sudah diumumkan sejak Juni 2022 lalu.

Pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah ini dimenangkan oleh PT Ali Akbar Sejahtera (AAS). Namun hingga kini, pengelolaan masih diambil alih oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru.

Kuat dugaan, proses lelang tidak sesuai prosedur atau menyalahi aturan yang berlaku, sehingga berdampak pada serahterima pengelolaan Pasar Bawah tersebut. Untuk menelusuri hal itu, Pemko Pekanbaru pun telah membentuk tim untuk mengevaluasi pemilihan mitra kerjasasama pemanfaatan (KSP) Pasar Bawah tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, bahwa evaluasi pemilihan mitra tersebut sesuai arahan Pj Walikota Pekanbaru. Menurutnya, tim yang dibentuk akan mengaji kembali terkait proses lelang yang telah dilakukan.

"Kalau memang ada yang tidak pas dalam pemilihan mitra kita (proses lelang, red) ini, nanti keputusan kita serahkan ke bapak Pj walikota," ujar Jamil, Kamis (18/8/2022).

Menurutnya, tim yang melaku kajian akan melaporkan ke Pj Walikota Pekanbaru jika ditemukan adanya pelanggaran dalam proses lelang. Tim memastikan apakah proses lelang sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan.

Ia menegaskan, jika memang proses lelang tidak sesuai dengan regulasi maka proses lelang dapat diulang kembali. Dengan demikian, PT AAS selaku pemenang lelang kemarin dapat dibatalkan.

"Kalau tidak cocok, ya tentu kita ulang lagi," tegas Jamil.

Jamil meminta agar tim melakukan kajian paling lambat selama dua pekan. Kemudian, mereka harus melaporkan temuan di lapangan. Namun, sementara waktu dalam masa transisi ini pengelolaan tetap dilakukan oleh pemerintah kota melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

"Artinya ini aset pemko. Pemenangnya, (pengelolaan) belum diserahkan ke mereka. Kontraknya belum ada," pungkasnya.

Terkait adanya dugaan menyalahi aturan atau tidak sesuai prosedur selama pemilihan mitra sebelumnya, dirinya belum bisa memastikan. Namun ditegaskannya, jika ditemukan tidak sesuai prosedur, maka pemenang lelang kemarin dapat dibatalkan pemerintah kota.

"Kita tidak tau adanya indikasi-indikasi, yang jelas kita lakukan kajian-kajian lagi. Kalau tidak sesuai dengan prosedur, ya boleh aja kita batalkan," sebutnya. (*)

Penulis: Rahmat

Editor: Riki

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved