www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Kasus Covid-19 Indonesia Naik Lima Kali Lipat dalam 3 Minggu
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Satker P3 Riau dan Kontraktor Kejar Target Selesaikan Proyek IPAL Pekanbaru
Senin, 27 Desember 2021 - 13:18:25 WIB
Pengaspalan Jl Durian, Kota Pekanbaru
Pengaspalan Jl Durian, Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR dan pihak kontraktor berupaya kejar target dengan terus menggesa pekerjaan proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru.

Kendati menghadapi berbagai permasalahan dalam penyelesaian proyek pembangunan perpipaan air limbah Kota Pekanbaru khususnya Paket SC-1 yang berada di area Kecamatan Sukajadi dan Paket SC2, kontraktor saat ini terus mengejar target penyelesaian proyek di beberapa jalan.

Informasi yang diperoleh, saat ini progress pembangunan jaringan telah mencapai 98 persen yang akan terus digesa penyelesaian hingga 100 persen untuk seluruh jalan.

Pada periode 2-7 Desember 2021 lalu, telah dilakukan pengaspalan di beberapa lokasi di pekerjaan paket SC1 yaitu Jalan Durian, Jalan Semangka, Jalan Dagang dan beberapa bagian Jalan Kaswari yang kemudian akan dilakukan kembali pengaspalan tahap selanjutnya pada akhir Desember 2021 untuk sisa pekerjaan di beberapa jalan seperti lanjutan pengaspalan Jalan Durian (menuju simpang Rajawali) Jalan Nenas, Jalan Ababil, Jalan Bangau dan lanjutan pengaspalan Jalan Dagang dan Jalan Kaswari.

Pembersihan saluran di Jl Mangga

"Sudah menjadi tanggung jawab dan komitmen dari pihak kontraktor untuk mengembalikan kondisi jalan yang telah dilakukan pemasangan pipa menjadi kondisi seperti semula," ungkap Project Manager PT Wika, Lutfi, Senin (27/12/2021).

Dijelaskan, sebagaimana diketahui dalam proses pemasangan pipa jaringan air limbah (Instalasi Pengolahan Air Limbah) ini, kontraktor melaksanakan dengan 3 metode utama yaitu metode open trench/galian terbuka, metode pengeboran boring dan metode pengeboran jacking. Metode jacking dilaksanakan di sepanjang Jalan KH A Dahlan yang per April 2021 telah selesai dilaksanakan adapun untuk metode open trench saat ini sedang digesa untuk penyelesaiannya dan akan ditargetkan selesai di akhir Desember 2021.

Adapun metode pengeboran boring saat ini sedang dilaksanakan di sepanjang Jalan Mangga, dimana dari total 680 meter target pemasangan pipa yang harus diselesaikan saat ini menyisakan 150 m jaringan pipa yang perlu dilakukan pemasangan. Sejak proses pengerjaan jaringan pipa di Jalan Mangga dimulai pada Maret 2021 lalu terdapat beberapa kendala yang dialami kontraktor diantaranya terdapat utilitas pipa PDAM yang bersinggungan dengan rencana jaringan pipa air limbah sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk proses relokasi utilitas tersebut untuk mencegah kebocoran pipa PDAM saat penggalian.

Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini kondisi cuaca yang kurang mendukung pun membuat target produktifitas dan jadwal pekerjaan kontraktor di Jalan Mangga mengalami hambatan. Sesuai dengan jadwal rencana kontraktor akan menyelesaikan Jalan Mangga di akhir Desember 2021 namun akibat dari kendala di atas akan diselesaikan di akhir Januari 2021.

Pengaspalan di Jl Dagang

Masyarakat Diharap Bersabar
Dengan adanya keterlambatan dari jadwal seharusnya ini, kontraktor berharap masyarakat untuk dapat bersabar sembari kontraktor berusaha untuk segera menyelesaikan target pemasangan jaringan IPAL tersebut karena dalam pemasangan jaringan ini pun kontraktor mengedepankan target waktu dan juga kualitas jaringan yang telah dipasang.

Selama proses aktivitas pemasangan jaringan di Jalan Mangga pun kontraktor akan menyediakan tim khusus yang bertugas untuk melakukan pembersihan drainase dan normalisasi saluran. Bahkan saat ini pun tim pembersihan drainase sudah melakukan penyisiran secara bertahap di beberapa lokasi pekerjaan salah satunya Jalan Mangga dimana aktivitas kontraktor paling padat saat ini.

Selain itu dampak dari curah hujan yang tinggi, limbah drainase memicu banjir yang membawa gabungan sampah rumah tangga dan pasir bekas galian yang masuk ke parit, namun demikian kontraktor sudah menindaklanjuti dengan pembersihan dan beberapa kali bekerja sama dengan Tim Dinas Kebersihan untuk pembersihan drainase di beberapa titik penyumbatan. Dan untuk meminimalkan material pasir yang masuk ke parit digunakan tim khusus untuk pembersihan sebagaimana disebutkan di atas.

Perlu diketahui pula bahwa setelah masa pelaksanaan, kontraktor masih ada kewajiban untuk masa pemeliharaan selama 1 tahun dan pada masa tersebut jika terdapat pekerjaan perbaikan seperti penurunan aspal di lokasi jaringan pipa maka kontraktor akan melakukan perbaikan pada aspal tersebut. Oleh karena itu dimohon dukungan dan kesabaran dari warga sekitar sementara kontraktor menyelesaikan target pemasangan jaringan IPAL tersebut.

Rencana penyelesaian pekerjaan perpipaan zona selatan Kota Pekanbaru (Paket SC1)

No Nama Jalan    Rencana Pekerjaan       Target Selesai Pekerjaan

1. Jl Semangka   8 Januari 2022           9 Januari 2022    
2. Jl Mangga      8 Februari     2022       12 Februari 2022
3. Jl Durian     29 Desember 2021         30 Desember 2021
4. Jl Dagang     28 Desember 2021        29 Desember 2021
5. Jl Bangau     28 Desember 2021       28 Desember 2021
6. Jl Nenas        8 Januari 2022               8 Januari 2022
7. Jl Ababil        9 Januari 2022                9 Januari 2022
8. Jl Mangga     8 Februari 2022           12 Februari 2022

Sementara itu, Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Yenni Mulyadi melalui PPK Sanitasi, Taufik Hidayat mengungkapkan, kontrak untuk paket pekerjaan SC1 dan SC2 akan berakhir hari ini, 27 Desember 2021 dan akan melanjutkannya pada awal tahun depan dengan konsekuensi yang harus ditanggung kontraktor.

"Per 27 desember kontrak sc1 dan sc2 akan berakhir dengan progres masih sekitar 98 persen. Dan terhadap keterlambatan, kontraktor akan menyelesaikan pekerjaan dengan tambahan waktu dikenakan denda, mempedomani peraturan kemenkeu, PMK 243/ 2015," ungkap Taufik.

Seperti yang telah diketahui bahwa Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALD-T) merupakan sistem pengolahan air limbah domestik dari rumah-rumah warga secara kolektif (jaringan perpipaan) ke sub sistem pengolahan terpusat (IPAL) untuk diolah sebelum dibuang ke badan air permukaan (sungai). Penyaluran air limbah akan dilakukan melalui sambungan rumah yang terhubung ke masing-masing rumah yang saat ini juga sedang dalam proses pekerjaan oleh Kontraktor.

Seperti diketahui, pekerjaan IPAL di ruas Jalan Rajawali, Pekanbaru (paket SC2), sebelumnya sempat terkendala karena adanya pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), yang pecah. Namun saat ini pipa PDAM sudah selesai diperbaiki dan pekerjaan IPAL langsung dikebut di lokasi tersebut.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Riau, Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Ichwanul Ihsan, Selasa (21/12/2021), berharap pekerjaan ini dapat diselesaikan hingga akhir tahun.

"Pekerjaan IPAL di jalan rajawali, sebelumnya sempat tertunda karena ada pipa PDAM yang pecah di lokasi. Kita tidak bisa langsung mengganti karena jenis pipanya berbeda. Setelah ada pipa yang baru, kemudian pihak PDAM melakukan pemasangan dan perbaikan. Sekarang perbaikan pipa PDAM yang pecah sudah selesai dilakukan. Jadi kita bisa kerja lagi. Saya sudah minta agar ini diselesaikan dulu. Jalan rajawali segera diselesaikan," ujarnya.

Ichwanul Ihsan memastikan khusus proyek IPAL di Jalan Rajawali telah dikerjakan sejak pipa PDAM selesai dipasang. Ia meminta masyarakat dapat bersabar karena pihaknya akan mengebut pengerjaannya.

"Memang harus benar-benar dilaksanakan dengan baik dan hati-hati. Karena tidak boleh padat digiling karena di bawah itu ada pipa. Itu ada pipa PDAM tahun 1970 an. Sedikit saja kena bisa pecah," katanya.

Dari pantauan di lapangan, akhir pekan kemarin, pekerjaan instalasi di Jalan Rajawali sudah selesai dilakukan. Galian pipa di lokasi yang sebelumnya terkendala pecahnya pipa PDAM sudah ditutup kembali. Saat ini tinggal pemadatan dan pengaspalan agar jalan kembali ke kondisi semula. Pihak kontraktor juga terlihat melakukan pembersihan di lokasi pekerjaan, agar masyarakat kembali nyaman melewati ruas jalan tersebut.

PPK Sanitasi Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Taufik Hidayat mengatakan pihaknya terus memonitor pekerjaan IPAL di Jalan Rajawali dan di ruas jalan lainnya di Kota Pekanbaru.

"Khusus di ruas jalan rajawali antara manhole 92 dan 93 yang berjarak sekitar 50-an meter, sudah dibuka jalannya. Kita monitor terus sambil pemadatan sampai layak untuk diaspal," ujarnya.

Dikatakannya, sehari sebelumnya jalan masih ditutup setelah ditimbun dan selesai penggantian pipa PDAM yang bocor. Hal ini karena curah hujan tinggi, sehingga timbunan turun dan lunak, sehingga potensi bahaya kalau dilalui kendaraan.

Sementara Sinyo, salah seorang warga Jalan Rajawali, yang ditemui secara terpisah mengatakan, pihak IPAL bekerja cepat pasca penggantian pipa PDAM yang bocor selesai dilakukan.

"Dua hari setelah selesai penggantian pipa PDAM yang pecah selesai, jalan ini langsung dikebut pekerjaannya. Dan Alhamdulillah, sudah selesai dan warga sudah bisa melewatinya, meski harus ekstra berhati-hati menjelang jalan kembali diaspal. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IlustrasiKasus Covid-19 Indonesia Naik Lima Kali Lipat dalam 3 Minggu
Rika Putra (tengah barisan depan) foto bersama anggota dan pengurus Inkindo Riau.Tiga Calon Bersaing Duduki Kursi Ketua Inkindo Riau
Pelantikan H Jonli sebagai pengawas ketenagakerjaan ahli utama dilingkungan Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau, Kamis (20/1/2022).Dilantik Jadi Pengawas Ketenagakerjaan, Jonli Akan Fokus Kawal Hak Pekerja
intArsenal Vs Liverpool: Menang 2-0, The Reds ke Final Piala Liga Inggris
Kepala Eksekutif Pengawas KNB OJK Riswinandi OJK: Masyarakat Harus Paham Sebelum Beli Produk Asuransi
  Mitsubishi FusoPenjualan Mobil Niaga Berjaya pada 2021, Fuso Mendominasi
Ilustrasi7 Keutamaan Salat Sunnah yang Jarang Diketahui
istMajelis Hakim PN Pekanbaru Tegaskan Berwenang Mengadili Gugatan LPPHI
ilustrasiEndus Aroma Praktik Kartel Minyak Goreng, KPPU: Kompak Naiknya
Razia Lapas Teluk Kuantan. Malam Ini Seluruh Kamar di Lapas Teluk Kuantan Digeledah Petugas Gabungan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved