www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Pekanbaru Tak Ada Lagi Pasien Covid-19, Gubri Apresiasi Tim Medis
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Wabah Covid-19 Memprihatinkan, GMPR Bagi-bagi Sembako dan Ajak Pekerja Informal Pulang ke Rumah
Sabtu, 28 Maret 2020 - 17:17:06 WIB
GMPR Bagi-bagi Sembako.
GMPR Bagi-bagi Sembako.

PEKANBARU - Setidaknya sudah ada 1.046 warga Indonesia yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.  Penyebaran virus Covid-19 Corona ini telah menjelma menjadi bencana non alam yang meluluh lantakkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya para pekerja informal.

Saat pemerintah menyerukan di rumah saja, pekerja informal dihadapkan pada dua pilihan sulit, yakni tetap bekerja keluar dan terancam terpapar virus Corona atau di rumah saja namun keluarga kelaparan.

Pada akhirnya kebanyakan pekerja informal tak punya pilihan selain tetap di luar rumah, karena bagi mereka bekerja sehari untuk dihabiskan membeli lauk pauk di hari yang sama. Sementara ada puluhan juta pekerja informal di Indonesia. Jika mereka tetap berada di luar rumah, tidak hanya berpotensi tertular, tapi juga bisa menularkan virus Corona untuk keluarga mereka di rumah, serta menjadi ancaman kesehatan bagi lingkungan sekitar. 

Atas kondisi inilah, para pekerja informal di Pekanbaru Riau berinisiatif membuat sebuah gebrakan mengajak masyarakat untuk Stay at Home sebagaimana yang diajurkan oleh pemerintah.  Dimana para pekerja formal membuat Gerakan Mari Pulang Kerumah (GMPR).

"Menyikapi kondisi itulah, kami berinisiatif membuat Gerakan Mari Pulang ke Rumah (GMPR). Gerakan ini diinisasi emak-emak komunitas pekerja formal, mengajak para pekerja informal terutama Bapak-bapak rumah tangga yang terpaksa tetap bekerja di luar untuk kembali pulang ke rumah masing-masing dan ikuti anjuran pemerintah lakukan physical distancing," kata Dr Afni Zulkifli, selaku inisiator GMPR, Sabtu (28/3/2020).

Tidak hanya sekedar mengajak masyarakat atau pekerja informal pulang kerumah,  para komunitas pekerja formal seperti Afni bersama rekan-rekannya, Dara Fitria, Fitri Andriani, Sherly dan H Azwar pada Jumat (27/3/2020) membagikan sembako kepada pekerja informal di Kota Pekanbaru yang masih terlihat bertahan di jalanan demi bertahan hidup.

"Padahal Ibukota Provinsi Riau ini sudah ditetapkan berstatus Darurat Corona. Semua sekolah dan perkantoran sudah diliburkan. Tapi pekerja informal ini tetap bekerja demi bawa beras pulang, jadi kami berikan bantuan sembako yang mungkin tidaklah seberapa dan akan habis hanya hitungan hari, tapi mudah-mudahan ini bisa memantik gerakan sosial secara lebih massif lagi," kata Afni.

"Semoga makin banyak nantinya pekerja formal yang mau membantu pekerja informal. Tidak hanya bantu sosialisasi anjuran pemerintah, tapi juga bantu beri sembako, sehingga keluarga mereka tetap bisa bertahan di masa-masa sulit yang belum pasti kapan akan berakhir ini. Kalau hanya sekedar imbauan tanpa solusi, pasti sulit mereka pulang, karena butuh makan," tambahnya.

GMPR kata Afni tidak akan mengumpulkan donasi, melainkan bersifat gerakan kampanye agar semua orang mau mengambil peran membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus Corona. 

"Kami mengajak semua pihak menggaungkan semangat dan tujuan gerakan mari pulang ke rumah. Terapkan gerakan massif di lingkungan sekitar, satu orang pekerja formal, bisa membantu dua pekerja informal, untuk satu tujuan menekan penyebaran virus Corona. Silahkan lakukan GMPR di lingkungan masing-masing, dengan kemampuan masing-masing. Harapan kami semoga massif," kata Afni.

Dalam situasi di mana hampir semua kegiatan sosial dan ekonomi dihentikan,  menurut Afni yang paling dibutuhkan masyarakat adalah bantuan langsung guna menjaga daya beli, hingga berbagai kegiatan produksi padat karya.

Ia juga mengusulkan agar para Kepala Daerah memiliki peta sebaran pekerja informal di wilayah kerja mereka, dengan melibatkan perangkat pemerintah hingga ke tapak, seperti Lurah, RT dan RW.

Dari peta kondisi sosial itulah nantinya dilakukan intervensi kebijakan, terutama untuk menggerakkan kekuatan pemerintah dan kekuatan sosial masyarakat dan berbagai pihak swasta, yang diharapkan dapat mengajak semua pihak tetap bersabar di rumah saja.

"Kita harus sama-sama bergerak, untuk menghindari mudharat yang lebih besar. Ini saatnya kita bergotong royong, menoleh kiri dan kanan untuk tolong menolong. Bagi yang lapang membantu yang sempit. Emak-emak jangan marah kalau Bapak-bapaknya di rumah saja. Kesehatan dan keselamatan semua menjadi yang terpenting. Mari kita bantu tenaga medis, bantu Bangsa dan Negara, menjadi pejuang kemanusiaan dengan mengajak pekerja informal di rumah saja," katanya.

Penulis : Mimi Purwanti
Editor : Fauzia

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.Diskes Riau Ungkap Jumlah Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19 Terus Menurun
Rizal atau yang biasa disapa Pa Gae, tetap semangat bekerja walau usianya tak muda lagi.Sehari hanya Dapat Rp10 Ribu, Pa Gae Tetap Semangat Bekerja untuk Keluarga
IlustrasiPemprov Sudah Distribusikan 16.000 APD ke Seluruh Diskes dan RS Rujukan Covid-19 di Riau
  Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah HarrofieMahasiswa Riau yang Baru Pulang Kampung Diminta Isolasi Mandiri Selama 14 Hari
Pembagian makanan dan sembako pada kaum dhuafa.Memasuki Hari Ketiga Ramadan, Rumah Yatim Bagikan Makanan Siap Saji dan Sembako
Sipon terima bantuan dari Rumah Yatim Riau.Mengais Kardus Bekas dengan Sepeda Tua, Sipon Terima Bantuan dari Rumah Yatim Riau

 
Berita Lainnya :
  • Pekanbaru Tak Ada Lagi Pasien Covid-19, Gubri Apresiasi Tim Medis
  • Liga-liga Eropa Kembali Dimulai, Berikut Jadwal Lengkapnya
  • Din Syamsudin: Komunis Masih Diberi Ruang Gerak di Indonesia, Pemerintah Tak Lakukan Apa-apa
  • Jalankan Protokol Covid-19, Kampanye Akbar Pilkada 2020 Ditiadakan
  • UNDP, WHO dan IOM Sediakan Ventilator untuk Dukung Respon COVID-19 Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Gubri Teken Sertifikat Serah Terima 2 Insinerator Relawan Peduli Covid-19
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved