www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kenalkan New Pajero Sport, Besok Mitsubishi Gelar Showroom Festival
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Harga Gula dan Bawang Bombai Melejit, DPRD Pekanbaru Minta Disperindag Monitoring Pasar
Senin, 16 Maret 2020 - 16:01:07 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Waki Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Arwinda Gusmalina meminta Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan monitoring ke sejumlah pasar di Kota Pekanbaru. Hal ini untuk menyikapi melambungnya sejumlah bahan pokok, seperti gula dan bawang bombai yang mengalami kenaikan signifikan.

"Kita minta dilakukan monitoring ke lapangan apa yang menjadi penyebab mahalnya kebutuhan masyarakat ini, apakah memang tingginya permintaan atau penyebab lain," ungkap Arwinda, Senin (16/3/2020).

Menurut Politisi PAN lagi, langkah monitoring ini juga dinilai sebagai pencegahan adanya oknum tertentu yang melakukan penimbunan dan bermain harga di tengah ancaman virus corona.

"Kenaikan sejumlah bahan pokok masyarakat ini harus disikapi pemerintah, di tengah kekhawatiran wabah corona. Saat ini saya kira tingkat kunjungan masyarakat ke pasar juga berkurang, jadi kenapa harga kebutuhan masyarakat bisa melambung ini tentunya harus dicari tahu. Jika terbukti ada oknum yang bermain harga tentu harus ditindak tegas," ungkap Arwinda lagi.

Terakhir Arwinda juga berharap kepada pemerintah untuk memberikan solusi atau alternatif kepada masyarakat agar tidak keberatan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti halya mengadakan pasar murah.

"Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, tentu pemerintah diharapkan menjamin ketersediaan sembako aman dan harga tetap stabil, jika perlu lakukan operasi pasar untuk masyarakat," harap Arwinda.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, harga sembilan bahan pokok (Sembako) saat ini dikeluhkan mengalami kenaikan yang signifikan dari harga normal, seperti untuk harga gula pasir dan bawang bombai.

Dimana berdasarkan pantauan di lapangan, untuk gulai pasir harga normal yang dijual di pasaran sekitar Rp12.500 per kg, namun beberapa hari ini harga gula melonjak tajam hingga tembus di angka Rp19.000 per kg.

Tidak hanya gula pasir, komoditi bawang bombai juga mengalami kenaikan yang siginifikan dari harga normal Rp35. 000 per kg menjadi Rp55. 000 per kg.

Berbeda dengan harga bawang putih, dari sebelumnya sempat naik Rp50. 000 per kg sekarang sudah kembali turun ke harga nornal yakni Rp35.000 per kg.

Sementara untuk komuditi lainnya seperti untuk harga jahe juga mengalami kenaikan, yakni dari Rp25. 000 per kg menjadi Rp35. 000 per kg.

"Pada naik semua untuk bawang bombai, gula pasir dan jahe, gula aja modal kita beli Rp17. 000 per kg kita jual Rp19. 000 per kg. Berbeda untuk harga tomat, cabai yang mayoritas masih standar," ungkap Ani salah seorang pedagang harian di Pekanbaru.

Menurut Ani kenaikan harga sembako terutama untuk barang-barang impor ini seperti gula dan bawang bombai ini ada kaitannya dengan wabah virus corona yang saat ini mengancam dunia.

"Kayaknya memang karena virus corona,  karena kalau gejolak harga menjelang puasa tidak begitu pengaruhlah, beda tahun sebelumnya pas mau puasa harga tidak semahal ini. Contohya untuk prodak lokal yang dari Sumbar misalnya masih murah," tambah Ani.

Sementara itu,  berdasarkan catatan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, harga gula pasir saat ini bahkan melebih harga eceran tertinggi (HET).

Saat ini, harga gula pasir premium di pasar-pasar tradisional di Kota Pekanbaru mencapai Rp17.000 hingga Rp18.000 per kg. Sedangkan HET yang telah ditentukan adalah Rp12.500 per kg.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru, Ingot Hutasuhut, mengatakan, kenaikan harga gula pasir ini dipengaruhi oleh merebaknya virus corona atau COVID-19. Mengingat, gula pasir premium mayoritas diimpor dari negara lain.

"Mayoritas gula premium kita impor dari negara-negara lain. Mungkin karena corona, jadi pasokannya terbatas. Ya kalau permintaan banyak, tapi pasokannya terbatas tentu harganya akan naik,” kata Ingot.

Ingot mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga gula ini. DPP juga akan berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar, sehingga diharapkan harga gula ini dapat kembali normal. “Kita akan terus melakukan monitoring dengan bulog,” katanya

Penulis : Mimi Purwanti
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiTerkait Kelangkaan Premium, Komisi II Segera Panggil Pertamina
UMKMMulyadi Pertanyakan Program Pemko Pekanbaru Bangkitkan UMKM
IlustrasiHarga Sawit Riau Naik Lagi, Pekan Ini Ditetapkan Rp 2.241,15/Kg
IlustrasiHasil Rapat Banmus DPRD Pekanbaru, 5 Ranperda Siap Diparipurna
DPRD PekanbaruTerkait APBD Tak Kunjung Bisa Digunakan, DPRD Pekanbaru Panggil Tim TAPD
  Gubri Terima Penghargaan Public Leader Awards
IlustrasiHarga Minyak Mentah Naik, CPO Makin Kompetitif
Honda Soekarno Hatta Jl. Soekarno Hatta No 168, Pekanbaru, Riau.Honda Brio RS Urbanite Edition Dikirim ke Konsumen Bulan Depan, Harganya Berapa Ya?
IlustrasiKomisi IV Kembali Pertanyakan Progres Pembangunan Pasar Induk
New CR-V 1.5 TurboKupas Tuntas Ubahan Terbaru New Honda CR-V, Dibanderol Mulai Rp486.300.000

BERITA LAINNYA    
Iven Showroom FestivalKenalkan New Pajero Sport, Besok Mitsubishi Gelar Showroom Festival
Karhutla di Tanjung Peranap sudah mendekati tepi jalan, terlihat beberapa warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanyaApi Membara di Tanjung Peranap, Karhutla Dekati Rumah Warga
Melalui kegiatan T-Yes, Telkomsel mengajak para mahasiswa dan pelajar untuk mulai aktif membangun semangat wirausaha yang kreatif.Gelar Inspiring Webinar, Telkomsel Dorong Pertumbuhan Digipreneur Mahasiswa dan Pelajar Sumatra
Ratusan botol miras ilegal diamankan Bea Cukai Dumai.Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Botol Miras Ilegal
IlustrasiBesok, 1.500 Orang Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap II
  Pameran motor Yamaha di Pasar Kasikan, Kampar.Alfa Scorpi Pameran di Pasar Kasikan Kampar, Masih Ada Promo Angpao Hoki
Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Herdi SaliosoHerdi: Kepsek Harus Ikuti Program Sekolah Penggerak
Sedekah pendidikan Rumah Yatim.Jalan Menuju Kebaikan Semakin Dekat dam Mudah dengan QRIS
Petugas berjibaku padamkan karhutla.PT SSR Turunkan Tim Padamkan Karhutla di Rawa Bangun, Kapolres Inhu Beri Apresiasi
Pelatihan daur ulang bahan bekas.50 Ibu-ibu Ikut Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved