www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Gara-gara Terobos Lampu Merah di M Boya Tembilahan, Dua Pengendara Motor Dilarikan ke Rumah Sakit
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Eka Hospital Pekanbaru Peringati The First World Patient Safety Day 2019
Rabu, 18 September 2019 - 19:08:25 WIB
RS Eka Hospital Pekanbaru memperingati hari Hari Keselamatan Pasien Dunia.
RS Eka Hospital Pekanbaru memperingati hari Hari Keselamatan Pasien Dunia.

PEKANBARU - World Health Organization (WHO) pada Mei 2019 menetapkan untuk pertama kalinya tanggal 17 September 2019 sebagai Hari Keselamatan Pasien Dunia (World Patient Safety Day). 

Tema yang diangkat tahun ini adalah Speak Up for Patient Safety mengajak kita semua baik pasien dan keluarga pasien serta tenaga kesehatan untuk berani berbicara, berani menyampaikan hal-hal yang mungkin saja bisa mengancam keselamatan pasien. Karena seharusnya, selama masa perawatan tidak ada seorang pun yang dirugikan. 

Selama perawatan, pasien dan keluarga pasien diharapkan dapat selalu terbuka menyampaikan kepada dokter, perawat atau tenaga medis lainnya. Misal informasi mengenai riwayat kesehatan terdahulu, semua keluhan yang dirasakan, perubahan yang dirasakan setelah minum obat/ tindakan tertentu dan hal lainnya. 

Di lain sisi, dokter/ perawat/ tenaga medis lainnya diharapkan dapat melakukan, melibatkan pasien dalam perawatan mereka, bekerja sebagai tim dalam merawat pasien, meningkatkan skill dan pengetahuan, menciptakan pelayanan kesehatan yang terbuka dan transparan, mewujudkan budaya blame-free dan belajar dari kesalahan.

Patient Safety memang sudah menjadi komitmen semua karyawan di Eka Hospital Pekanbaru. Hal ini sesuai dengan salah satu Misinya yaitu “Mengutamakan Keselamatan dan Kenyamanan Pasien”. Patient Safety sendiri terdiri dari 6 elemen yaitu, ketepatan identifikasi pasien, peningkatan komunikasi efektif, peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai, kepastian tepat lokasi, tepat prosedur dan tepat pasien operasi dan prosedur invasif, pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan, engurangan risiko pasien jatuh.

Pada hari Selasa 17 September 2019 mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB bertempat di Lobi Lantai 1, Eka Hospital Pekanbaru memperingati The First World Patient Safety Day 2019. Acara yang dilaksanakan oleh Komite Peningkatan Mutu Keselamatan Pasien (PMKP) Eka Hospital Pekanbaru yang diketuai oleh Lusia ini, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan.

Diawali dengan sosialisasi tentang Patient Safety oleh Dr Kristina Agustini Wiraputri, Sp.EM, Spesialis Emergensi Medik  dan penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh manajemen serta karyawan Eka Hospital Pekanbaru untuk selalu mendukung penerapan Patient Safety.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Pitstop (pemberian informasi detail tentang 6 elemen Patient Safety), sosialisasi pelaporan kejadian secara elektronik (E-incident) dan ditutup dengan penampilan Dance Patient Safety oleh Anggota Komite Eka Hospital Pekanbaru.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr.Kristin, peringatan ini akan dilanjutkan dengan “Patient Safety Round” selama seminggu mulai 19 September 2019. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi Manajemen Eka Hospital Pekanbaru demi tegaknya penerapan  Patient Safety di lingkungan rumah sakit. Manajemen secara bergantian akan melakukan survei baik di rawat jalan maupun rawat inap, untuk melihat mengecek dan mengevaluasi bagaimanan penerapannya di lapangan. 

Dr Kristin menambahkan, akan dilaksanakan 2 kegiatan khusus bagi karyawan yaitu “Lomba Kreasi Edukasi Patient Safety” serta penyerahan “Patient Safety Award 2019”. 

Lomba Kreasi Edukasi ini terbuka untuk semua karyawan baik perorangan maupun kelompok (unit). Sedangkan Patient Safety Award 2019, akan diberikan kepada unit yang selama periode Agustus 2018 – Agustus 2019 berkomitmen penuh demi tegaknya Patient Safety di unitnya. 

Penilaian dilakukan berdasarkan jumlah insiden yang dilaporkan, kelengkapan laporan insiden, ketepatan waktu laporan insiden, investigasi insiden hingga dilaksanakan atau tidaknya perbaikan di unit tersebut berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan.

Mari kita jadikan Patient Safety sebagai budaya yang melekat di diri kita sebagai pasien, keluarga pasien maupun tenaga kesehatan. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiPekanbaru Tak Ada Lagi Pasien Covid-19, Gubri Apresiasi Tim Medis
IlustrasiKabar Gembira, RSUD Arifin Ahmad Pulangkan Satu Pasien Covid-19 Terakhir Dirawat
dr Indra Yovi saat coferensi pers. Hari Keempat Riau Nihil Tambahan Kasus Corona, 3 Pasien Covid di Inhil Sembuh
  IlustrasiData Pasien Positif dan PDP Riau Sembuh Tinggi, Indra Yovi: Harus Tetap Waspada
Ilustrasi6 Tambahan Pasien Baru Corona di Riau dari Meranti, Total 117 Kasus
Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir saat konferensi pers.Alhamdulillah, Satu Lagi Pasien Covid-19 di Riau Sembuh

 
Berita Lainnya :
  • Gara-gara Terobos Lampu Merah di M Boya Tembilahan, Dua Pengendara Motor Dilarikan ke Rumah Sakit
  • Batal Berangkat, JCH Rohul Bisa Tarik Dana Pelunasan BPIH Atau Dapat Nilai Manfaat BPKH
  • Sudah Tiga Kasus Pencabulan di Rambah, yang Terbaru Pria Setengah Abad Lebih Cabuli Anak 8 Tahun
  • Bupati Inhil Resmikan 3 Dermaga dan 2 BLKK
  • Bupati Siak Serahkan Bantuan Produk Olahan Ikan untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Bhakti Sosial untuk Indonesia Peduli Covid-19
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved