www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Bejad, Kakek Penjual Jamu di Pelalawan Cabuli 6 Bocah
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Unjuk Rasa Ricuh Lagi, Pagar Besi Mapolda Riau Roboh, 13 Mahasiswa dan 7 Aparat Terluka
Selasa, 17 September 2019 - 20:52:09 WIB
Unjuk rasa yang berujung bentrok antara aparat dan mahasiswa.
Unjuk rasa yang berujung bentrok antara aparat dan mahasiswa.

PEKANBARU - Pusat kota Pekanbaru di Jalan Sudirman, lebih tepatnya di Mapolda Riau dan Kantor Gubernur Riau, Selasa (17/9/2019) hingga petang, terjadi aksi demo ribuan mahasiswa Universitas Riau. Dalam aksinya, terjadi ricuh antara pihak kepolisian dan massa hingga menimbulkan korban luka-luka. 

Aksi demo di depan publik itu, awalnya mahasiswa melakukan long march (jalan kaki,red) sepanjang Jalan Sudirman menuju Kantor Gubernur Riau lalu menuju Mapolda Riau. Tampak satu komando, massa menuntut penanganan Karhutla menjadi pioritas utama, tapi masih kurang maksimal. 

Demo menyuarakan Karhutla tidak kali ini terjadi, sebelumnya juga pernah. Kendati jumlah massa saat itu lebih kecil. Kali ini mahasiswa kembali datang berdemo dengan jumlah besar.

Karena tak menemui penjelasan pasti, massa merasa kecewa. Sempat terjadi kericuhan, dimana pihak kepolisian dan mahasiswa saling dorong mendorong. Mahasiswa berusaha menerobos blokade barisan pengamanan. 

Tampak di lokasi kejadian, sejumlah mahasiswa dan pihak kepolisian menjadi korban luka-luka. Selain itu, pagar pembatas jalan hingga pagar besi kantor Mapolda Riau tumbang akibat didorong saat kericuhan pecah. 

Dari data diperoleh ada 13 mahasiswa Universitas Riau dan 7 orang personel Polda Riau mengalami luka-luka saat ricuh pecah yang tak terbendung lagi. Aparat kembali menambah kekuatan karena kalah jumlah dengan massa. Hingga mobil watercanon diturunkan guna memukul mundur pendemo. Beruntung ricuh ini dapat diredam setelah Wakapolda Riau temui massa. 

"Untuk petugas yang terluka, ada tujuh dan juga dari mahasiswa ada beberapa jumlahnya. Nanti mereka yang terluka akan kita obati, termasuk juga mahasiswa," ujar Waka Polda Riau Wahyu Widada kepada halloriau.com Selas (17/9/2019).

Menurut Wahyu, aksi demo mahasiswa ini fokus pada penegakkan hukum kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Riau. Hingga saat ini, kata dia, pihaknha masih terus melakukan proses penyelidikan di lapangan. 

"Meski ada satu korporasi tersangkanya, ini tetap ditindak lanjuti guna penambahan jumlah tersangka (perusahaan,red). Itu masih didalami, semua itu butuh proses jadi mohon bersabar dulu ya," terang Wahyu. 

Sementara itu, saat kericuhan pecah, sejumlah mahasiswa turut diamankan petugas. Kendati demikian, Wahyu menyebut mereka tidak dilakukan penahanan.

"Melainkan diamankan. Tidak ada yang ditahan, karena tadi ada bentrok, makanya mahasiswa tersebut diselamatkan agar tidak terinjak rekan-rekan. Setelah itu mereka kita pulangkan lagi. Jadi tidak ditahan ya," aku Wahyu.

Saat ini, tujuh petugas dan 13 mahasiswa dirawat di IGD Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara massa kembali membubarkan diri usai mendapatkan penjelasan Wakapolda Riau. 

Penulis : Helmi 
Editor : Fauzia





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
XL Axiata melalui X-Camp kembali menjalin kerja sama dengan delapan perguruan tinggi. Program ini dilaksanakan demi pengembangan ekosistem IoT di Indonesia.CEO XL Axiata Tekankan Perlunya Penguasaan Solusi Digital
Novera dan DimasNovera dan Dimas Wakili Mahasiswa Disuntik Vaksin Pertama
istPT RAPP Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Mahasiswa Kurang Mampu
  Personel Dishub Pekanbaru, BPTD Riau dan Kepolisian memasang rambu jalan satu arah (one way) di ruas Jalan S Parman dekat Mapolda Riau, Selasa (19/1/2021). Foto IST
Ups! Jalan S Parman Gobah Terapkan Satu Arah
Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi saat menerima kunjungan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Bengkalis.Soal Komitmen Pemkab Bengkalis Bidang Pendidikan, Mahasiswa Sampaikan Aspirasi
Pembagian beasiswa RAPP untuk tingkat perguruan tinggi dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan di BPPUT Town Site 2, Pangkalan Kerinci beberapa waktu lalu.Meraih Asa Bersama Beasiswa RAPP

BERITA LAINNYA    
Tersangka pencabulan pada anak di bawah umur di Pelalawan diamankan.Bejad, Kakek Penjual Jamu di Pelalawan Cabuli 6 Bocah
IlustrasiDiskes Pekanbaru Diminta Lebih Maksimal Sosialisasikan Vaksin Covid-19
Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi SadikinMenkes Budi Gunadi: Masyarakat dan Pemerintah Harus Kerja Keras Tekan Laju Covid
  Kakanwil Kemenkumham Riau Ibnu Chaldu sidak ke Lapas Kelas IIB Telukkuantan.Kakanwil Kemenkumham Riau Sidak ke Lapas Teluk Kuantan
IlustrasiPekanbaru Berpotensi Hujan pada Sore Hari Nanti
ilustrasiRamalan Zodiak Keuangan 27 Januari 2021, Gemini Dapat Rezeki Nomplok, Scorpio Batasi Pengeluaran
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved