www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Suap Libatkan Oknum DPRD Riau Tunggu Gelar Perkara
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Terapi Pengganti Ginjal dan Peningkatan Kualitas Hidup Pasien HD dan Launching Kidney Club Eka Hospital
Senin, 16/09/2019 - 20:52:08 WIB
Seminar yang diadakan RS Eka Hospital pada Minggu (15/9/2019).
Seminar yang diadakan RS Eka Hospital pada Minggu (15/9/2019).
TERKAIT:
PEKANBARU - Prevalensi Penyakit Ginjal Kronik (PGK) meningkat dari tahun ke tahun dan saat ini termasuk salah satu masalah kesehatan yang cukup besar di Indonesia. 

Seiring dengan meningkatnya angka kejadian penyakit metabolik dan degeneratif, meningkat pula jumlah penderita PGK dan diperkirakan setiap tahun terjadi peningkatan 5 – 10 % pasien PGK stadium 5. Terapi pengganti ginjal merupakan suatu tindakan perawatan yang diperlukan untuk penderita PGK stadium 5.

Dengan demikian diharapkan hal ini dapat berbanding lurus dengan peningkatan pembangunan kesehatan di Indonesia secara seimbang oleh perbaikan mutu pelayana kesehatan, baik di sarana pelayanan kesehatan maupun praktek perorangan. Adanya globalisasi serta industrialisasi yang cepat di sektor kesehatan yang berdampak pada cara melakukan tindakan, baik berupa terapi, pemakaian alat, pemberian resep dan sebagainya sehingga tindakan tersebut sesuai indikasi yang tepat.

Eka Hospital Pekanbaru sebagai instansi penyedian unit dialisis dan sesuai dengan salah satu misinya yakni aktif mempromosikan hidup sehat, mengadakan seminar awam dengan tema “Terapi Penggnti Ginjal & Peningkatan  Kualitas Hidup Pasien HD Sekaligus Launching Kidney Club Eka  Hospital Pekanbaru” . Acara ini digelar pada Hari Minggu, 15 September 2019  pukul 08.30 WIB hingga 13.30 WIB bertempat di Auditorium Lt. 8 Eka Hospital Pekanbaru.

Peserta yang hadir lebih kurang 190 orang terdiri dari pasien HD baik di Eka Hospital Pekanbaru atau rumah sakit lain di Pekanbaru, keluarga pasien, dokter, paramedis dan masyarakat umum. Acara ini dihadiri oleh Jajaran Manajemen dan Dokter Spesialis Eka Hospital Pekanbaru di antaranya Dr. Evi Narulita selaku Kadiv Pelayanan Medis, Dr. Deny selaku Kadiv Pemasaran & Humas dan Dr. Saiful Anam,Sp.PD,FINASIM Spesialis Penyakit Dalam. Nara sumber pada acara ini terdiri dari Dr.Rayendra, Sp.PD,KGH,FINASIM  Konsultan Ginjal Hipertensi  dan Dr.Erwin Christianto,M.Gizi,Sp.GK Spesialis Gizi Klinik. 

Acara ini dibuka oleh Dr Evi. Dalam sambutannya, Dr. Evi menyampaikan sekilas mengenai kecenderungan keadaan kesehatan masyarakat Riau pada umumnya. Penyakit yang sering dikeluhkan belakangan ini antara lain Diabetes. Selain itu, juga telah terjadi pergeseran usia penderita yang sebelumnya mayoritas berusia lanjut tetapi kini sudah mengenai usia muda.

Dr. Evi juga menyampaikan tujuan diadakan seminar ini agar masyarakat bisa mendapatkan update informasi mengenai fasiltas dan layanan kesehatan yang ada di Eka Hospital Pekanbaru. Salah satu hal yang membedakan layanan Eka Hospital Pekanbaru dengan rumah sakit lainnya adalah penanganan pasien yang dilakukan oleh tim dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasi. Sehingga penanganan pasien dapat lebih komprehensif dengan out put medis yang maksimal.

Sebelum memasuki sesi seminar, dr Deny menyampaikan “Profil Unit HD Eka Hospital Pekanbaru”. Berbagai hal disampaikan mulai dari fasilitas yang dimiliki, kelebihan layanan hingga rencana ke depan. Ke depannya, Eka Hospital Pekanbaru akan menambah lebih dari 30 unit untuk memaksimalkan pemberian layanan kepada masyarakat termasuk bagi pasien BPJS Kesehatan.

Pembicara pertama Dr Rayendra menyampaikan materi ”Penyakit Ginjal Kronik dan Terapi Pengganti Ginjal”. Dijelaskan mengenai penyebab dan terapi yang dapat diberikan kepada para penderita PGK. Di akhir presentasinya, Dr.Rayendra menyampaikan bahwa Eka Hospital Pekanbaru merupakan satu-satunya rumah sakit di Riau dimana Unit HDnya telah dilengkapi dengan HDF (hemodiafiltrasi). Dengan alat ini, proses pembuangan zat racun (toksin) dapat dilakukan lebih bagus salah satunya urin kreatinin yang mencapai 10-15% dibandingkan alat HD biasa. Sehingga pasien yang membutuhkannya, tidak lagi perlu pergi jauh-jauh ke luar Pekanbaru.

Pembicara kedua Dr.Erwin mengangkat tema tentang ”Nutrisi untuk Gagal Ginjal”. Pada presentasinya, dr.Erwin menjelaskan tentang makanan apa saja yang diperbolehkan bagi pasien PGK, berapa porsi yang tepat, aturan jadwal makannya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan nutrisi bagi pasien PGK.  

Pada seminar ini juga dilaksanakan peresmian Klub Ginjal ”Kidney Club Eka Hospital Pekanbaru”. Peresmian ini ditandai dengan penyematan pin dan penyerahan simbolis kartu ”Community Card” bagi 2 wakil pasien HD Eka Hospital Pekanbaru. Dengan menggunakan Community Card, pasien bisa mendapatkan keringanan biaya berobat.

”Klub ini bertujuan sebagai media yang memberikan wawasan dan pengetahuan tentang penyakit ginjal kepada penderita gagal ginjal serta keluarganya, karena kebanyakan masyarakat tidak mengetahui arti penting dari organ ginjal dan apa itu gagal ginjal,” ungkap Dr Saiful selaku salah satu penasehat Kidney Club Eka Hospital Pekanbaru.

Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada 2 pasien HD Eka Hospital Pekanbaru yang telah melakukan cuci sejak Mei 2009.  

Seminar ini didukung oleh Kalbe, Fahrenheit, Fresenius Kabi, Fima International, B'Braun dan PT.Surya Jaya Lestari. Semoga dengan seminar ini, pasien HD dan keluarganya dapat teredukasi dengan tepat sehingga kualitas hidup pasien dapat dimaksimalkan. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Suap Libatkan Oknum DPRD Riau Tunggu Gelar Perkara
  • Pawai Budaya Menarik Perhatian Pengunjung Pekan Seni Budaya Riau Kompleks 2019
  • Mulai Besok Ops Zebra 2019 Dimulai, Ada Tujuh Sasaran Prioritas Dalam Operasi Ini
  • 28 Sekolah di Siak Ikuti Kegiatan Program PINTAR Tanoto Foundation
  • Bupati Suyatno Dodos Sawit Program PSR yang Dicanangkan Presiden
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Pembina Apel Bersama
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved