www.halloriau.com
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
LAZNas Chevron Gandeng Ari Dental Care Edukasi Kesehatan kepada Suku Sakai Siak
Jumat, 10 November 2017 - 15:54:55 WIB

SIAK-Kampung Minas Asal Dusun Batu Bosa Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau merupakan salah satu wilayah yang masih banyak dihuni oleh Suku Sakai. Keberadaannya yang dikelilingi hutan tanam industri dan juga perkebunan sawit membuat Kampung Minas asal menjadi daerah yang tertutup dari dunia luar.

Hal ini membuat Kampung Minas asal banyak membutuhkan perhatian  dari berbagai pihak untuk kemajuan dan perkembangan masyarakat tersebut.

LAZNas Chevron bersama tim Ari Dental Care langsung “menjemput bola" dalam memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan kepada warga Kampung Minas Asal. Tim berangkat dari Pekanbaru dengan 3 unit mobil terdiri dari tim dari LAZNas Chevron dan 4 orang tenaga medis. Untuk mencapai lokasi yang dituju, memakan waktu hampir 2 jam.

Perjalanan ke Kampung Minas asal menjadi tantangan tersendiri bagi tim. Kondisi jalan yang baru selesai diguyur hujan membuat tim harus mendorong keluar mobil yang terjebak ke dalam lumpur.

“Perjalanan yang luar biasa. meski sedikit menghambat perjalanan tapi terbayar dengan antusias warga yang mau hadir mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan ini,” ujar dr. Sukma salah satu tenaga medis RSJ Tampan-Pekanbaru yang turut menjadi salah satu pemateri pada kegiatan penyuluhan.

Kegiatan pelayanan dan penyuluhan kesehatan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta penyakit menular. Adapun pematerinya diisi oleh drg. Ari Purwani dari Klinik Ari dental Care dan ns. Sukma Dewi, S.Kep, M.Kes pakar PHBS dari RSJ Tampan pekanbaru. Lebih dari 20 orang warga tempatan yang hadir mengikuti kegiatan ini.

Kehadiran masyarakat memang masih jauh dari target yang diharapkan kehadirannnya.  Meskipun sebelumnya Informasi kegiatan sudah disampaikan kemasyarakat secara massif oleh fasilitator LAZNas Chevron. Jumlah ini terbilang masih lumayan mengingat bahwa kesadaran masyarakat sangat kurang terhadap kesehatan.

“Kesadaran pentingnya menjaga kesehatan di masyarakat sini memang dirasa sangat kurang, oleh karenanya kami mengundang tenaga medis dari luar untuk memberikan edukasi agar masyarakat lebih peduli dengan kesehatan diri dan keluarga. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini bisa menambah kesadaran warga mengenai gaya hidup bersih dan sehat untuk di terapkan dalam kesehariannya,” kata Topan Rezki Erlando yang merupakan salah satu fasilitator LAZNas Chevron yang ditugaskan mengabdi di Kampung Minas Asal.

Sedangkan kelompok kedua yaitu penyuluhan PHBS dengan materi praktek mencuci tangan dan menggosok gigi yang diisi oleh 2 orang perawat dari Klinik Ari Dental Care. Adapun peserta yang mengikuti penyuluhan PHBS dan praktek cuci tangan terdiri dari Anak-Anak TK, SDN 12 dan SMP setempat yang berjumlah lebih dari 80 orang.

Dengan riang gembira anak-anak mengikuti nyanyain cara menyikat gigi dengan baik dan benar yang diajarkan pemateri. Agar ilmu yang didapat langsung diterapkan, LAZNas Chevron juga memberikan sikat gigi dan pasta gigi herbal untuk di pakai sehari-hari.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Pesertanya juga banyak banget. Tadi kita ajak anak-anak belajar menggosok gigi dan mencuci tangan sambil nyanyi agar mereka mudah mengingat,” ujar Santy Riska salah satu perawat Ari Dental Care.

Kegiatan sosial Ari Dental Care ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya sudah berbagai daerah juga sudah pernah diberikan pelayanan kesehatan oleh Ari Dental Care.

Editor : Yusni Fatimah

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersama usai penyerahan bantuan air bersih.Prihatin Warga Pakai Air Keruh, LAZNas Chevron Bantu Sarana Air Bersih di RT03/RW02 Minas Jaya
Panen perdana tanaman lidah buaya di salah satu binaan LAZNas Chevron South Area di Desa Pantai Cermin, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Selasa (12/11/2019).Pembudidaya Lidah Buaya Binaan LAZNas Chevron South Area Panen Perdana
Warga dan LAZnas Chevron serta tamu undangan foto bersama.Warga Sambut Gembira Peresmian Sumur ke-17 dari LAZnas Chevron
  Peresmian sarana air bersih ke-37 bantuan LAZNas Chevron South Area.Jenazah Pewakaf Tanah Jadi Pengguna Pertama Sarana Air Bersih ke-37 LAZNas Chevron Indonesia
Penyerahan bantuan kepada duafa oleh LAZNas Chevron South Area.109 Keluarga Duafa di Riau Terima Bantuan dari LAZNas Chevron South Area
Khitan Ceria.LAZNas Chevron Rumbai Gelar Khitanan Massal Gratis untuk Anak Dhuafa

BERITA LAINNYA    
Baksos donor darah yang akan diselengarakan pada hari Sabtu tanggal 16 Januari 2021 di Plaza Senapelan lantai II, mulai pukul 11.000 sampai 17.00 WIB.Sabtu, Panitia Bersama Baksos Sembako Imlek 2572 Gelar Baksos Donor Darah
Foto bersama.Pemerintah Pusat Melalui MIB Bantu Alat Prokes untuk Pesantren di Rohil
IlustrasiBertambah Lagi, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Inhu Jadi 1.106 Kasus
  Deputy Chairman MarkPlus, Taufik Survei MarkPlus: Masyarakat Beri Nilai Positif Pelayanan dan SDM Bareskrim Polri
DR Achmad MSiTerkait Vaksin Covid 19, Achmad Minta Pemerintah Bangun Kepercayaan Masyarakat
Kepala Diskominfotik Riau Chairul RiskiRegulasi Baru, Diskominfotik Riau Sebut 2021 Semua Kerja Sama Lewat Satu Pintu
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Dinas ESDM Riau Serahkan Masker untuk PWI Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved