www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Urai Kemacetan, Tiga U-turn di Pekanbaru Ditutup Permanen, Ini Lokasinya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Baru Diresmikan TMC, Danlanud Siap Bantu Cegah Karhutla di Riau
Rabu, 05 Juli 2017 - 15:59:24 WIB

PEKANBARU - Berbagai cara untuk mencegah serta mengantisipasi timbulnya penyebab kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau. Salah satu upayanya, dengan penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Upaya ini langsung diremikan dan penggunaannya di Shelter Charlie Lanud Roesmin Nurjadin, dibuka oleh Kepala BB TMC BPPT DR. Trihandoko Seto dan Kasrem 031/Wira Bima mewakili Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Abdul Karim, Rabu (5/7/2017).

Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) merupakan suatu bentuk upaya intervensi manusia pada sistem awan untuk mengkondisikan cuaca agar berperilaku lebih terarah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Umumnya adalah untuk meningkatkan intensitas curah hujan atau mempercepat proses hujan di suatu tempat. Serta membantu pengamatan cuaca dan kondisi awan di wilayah target.

Sejumlah personil sudah ditempatkan di dua lokasi Pos Pengamatan Meteorologi (Posmet). Yakni, Kabupaten Pelalawan dan Dumai. Setelah laporan dan analisis dari tim BMKG diterima.

Maka kegiatan TMC dapat dilaksanakan dengan dukungan satu unit pesawat jenis Cassa 212-200 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Kepala BB TMC BPPT DR. Trihandoko Seto dan Kasrem 031/Wira Bima, menyampaikan seluruh unsur yang ada di provinsi Riau dapat mensukseskan kegiatan TMC ini, karena upaya ini akan dapat berhasil dengan adanya kerja sama yang baik dari semua pihak.

Ditambahkan Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Age Wiraksono, mengatakan baik personel, alutsista serta sarana pendukung dari Lanud Rsn akan siap selalu mendukung upaya Satgas untuk mencegah Karhutla, termasuk pelaksanaan penerapan TMC di Riau.

"Karena ini sudah menjadi komitmen kita bersama, Satgas Karhutla Riau, untuk dapat mencegah Karhutla dan mencapai Riau Bebas Asap," kata Danlanud.

Acara peresmian TMC ini ikut dihadiri juga Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kajati Riau, Ka BMKG Pekanbaru, Kabasarnas Pekanbaru serta para pejabat terkait.

Penulis : Helmi
Editor : Yusni Fatimah




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Rapat koordinasi Karhutla di Kantor P3E Sumatera di Jalan Subrantas Panam, Senin (26/10/2020).Lahan Terbakar Riau Turun 83,62 Persen, Hari Ini Status Siaga Darurat Karhutla Resmi Dicabut
Gubernur Riau Syamsuar.Karhutla Riau Bisa Dikendalikan, Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Sangat Membantu
Petugas memuat garam untuk disemai di langit Riau beberapa waktu lalu.Sudah 12.800 Kg Garam Disemai di Langit Riau, Efektif Tekan Hotspot
  Posko TMC dipusatkan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru Riau dengan tim yang terdiri dari flight scientist BBTMC dan tim TNI AU.Tim TMC Kembali Terjun di Wilayah Riau, Tak Perlu Tunggu Kebakaran Terjadi
IlustrasiAwal Pekan, Riau Masih Hadapi Hotspot di 4 Wilayah
TMC di Riau.Hari Raya Idul Fitri, TMC di Riau Tetap Dilaksanakan, Total Volume Hujan Capai 33,8 Juta M3

BERITA LAINNYA    
Kemcetan dari kendaraan yang mengular di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, Rabu (2/12/2020), disebabkan setelah u-turn tidak jauh dari Jalan Paus, ditutup permanen. Foto: Riaupos
Urai Kemacetan, Tiga U-turn di Pekanbaru Ditutup Permanen, Ini Lokasinya
IlustrasiKlaster Dharma Wanita "Menggurita", Makin Bertambah Pejabat Riau Tertular Covid-19
IlustrasiPekan Depan, Rusia dan Inggris Mulai Vaksinasi Corona
  IlustrasiTerbaru, WHO Perketat Pedoman Pemakaian Masker
Warga melihat kondisi truk yang menabrak kios usai kecelakaan beruntun di Alun Alun Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (1/12/2020). Foto: DetikSering Kecelakaan Maut, Ini yang Harus Diperhatikan Jika Berkendara Dekat Truk
IlustrasiAlhamdulillah, 819 Warga Binaan di Rutan dan Lapas Riau Sembuh dari Covid-19
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Penandatanganan Pakta Integritas Ikatan 4968
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved