www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Viral Video Mobil Wapres Diisi Pakai Jeriken, Setwapres Ungkap Alasannya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ikut Apel Siaga, APP Sinar Mas Dukung Pemprov Riau Cegah Karlahut
Jumat, 03 Februari 2017 - 16:37:53 WIB
Inpspeksi Pasukan oleh Gubernur Riau dan Kepala BNPB Willem Rampangilei
Inpspeksi Pasukan oleh Gubernur Riau dan Kepala BNPB Willem Rampangilei

PEKANBARU - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, menegaskan dukungannya untuk kesiapsiagaan menghadapi musim kemarau 2017. Dukungan ini antara lain dinyatakan dalam keterlibatan Apel Siaga yang diadakan oleh pemerintah Provinsi Riau yang juga dihadiri unsur pemerintah pusat serta daerah dan unsur masyarakat. Kegiatan ini menegaskan kesiapsiagaan Provinsi Riau dalam menghadapi musim kemarau tahun ini.

Acara yang dibuka oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ini turut dihadiri Ketua DPRD Riau, Dra.Hj.Septina Dan unsur pimpinan daerah di tingkat provinsi. Hadir juga Willem Rampangilei Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dan Panglima Pangdam I Bukit Barisan Mayjend. TNI Lodewijk Pusung, Kepala BPBD Riau Edward Sanger, Danrem 031 Wirabima Brigjen Nurendi, Kapolda, Riau Irjen Pol Zulkarnain,  Bupati dan walikota se Provinsi Riau.

Dalam kesempatan ini, APP Sinar Mas memberikan langkah kongkrit dengan memperkenalkan Integrated Fire Management (IFM) sekaligus Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sebagai program-program yang telah dibangun dan dijalankan oleh APP Sinar Mas dalam memaksimalkan upaya pencegahan kebakaran hutan. 

"Kita telah membangun sistem yang terintegrasi agar dapat menanggulangi sekaligus mencegah bencana kebakaran lahan dan hutan di dalam dan luar konsesi hutan tanaman kami," ujar Direktur Sinar Mas Forestry, Stanley Najoan.

Ia mengatakan saat ini APP Sinar Mas memiliki situation room center sebagai pusat pendistribusian informasi mengenai deteksi hotspot di seluruh lahan konsesi APP Sinar Mas dan mitra pemasok.



"Termal kamera bekerja 24 jam dengan auto detection. Termal kamera ini berdiri setinggi 70 meter dan memiliko jarak jangkau 10 km efektif  memantau fire spot," terangnya.

Lebih lanjut Stanley menambahkan, bahwa upaya yang dijalankan oleh perusahaan tak terlepas dari dukungan tim pemadam kebakaran yang terdiri dari 2,700 pemadam terlatih (RPK) dan 2,000 masyarakat peduli api (MPA) di lapangan. APP Sinar Mas juga melengkapi sistemnya dengan perangkat pendukung berupa 6 helikopter, 3 diantaranya heli besar sekelas Superpuma untuk menangani fire-spotting dan pemadaman api dari udara (water bombing) dengan kemampuan hingga 4,000 liter, selain itu membangun 80 menara pendeteksi api, 266 pos pantau, 160 truk air, 500 unit kendaraan patroli dan 1.150 pompa air.

APP Sinar Mas juga tidak hanya menanggulangi saat terjadi kebakaran saja, namun juga mencegah terjadinya bencana kebakaran melalui program DMPA. Program terpadu dalam rangka mengembangkan potensi diri dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar, salah satunya melalui kegiatan agroforestri. Ketika sebuah desa diberi program DMPA, pendapatan masyarakat tersebut diharapkan naik 50%-70% dalam kurun tiga tahun lewat berbagai kegiatan ekonomi. APP Sinar Mas membidik untuk mencapai target sampai dengan 500 DMPA pada tahun 2020.


"Kami siap dan mendukung penuh Pemprov Riau dalam menanggulangi dan mencegah bencana kebakaran lahan dan hutan. Program ini secara konsisten telah kami lakukan dari tahun ke tahun, karena hal ini merupakan komitmen dalam menghimbau masyarakat untuk bersama-sama ambil bagian dalam pencegahan kebakaran hutan. Kami juga berharap agar kedepannya kolaborasi berbagai pemangku kepentingan terkait seperti ini dapat terus ditingkatkan dalam mewujudkan praktik bisnis yang berkelanjutan dan berbagi manfaat bagi seluruh aspek dan lapisan masyarakat," ungkap Stanley.

Sementara itu Kepala BNPB Willem menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi integrasi sistem pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang sudah dikembangkan Sinar Mas. Pihaknya berharap, sistem yang sudah dikembangkan bisa diintegrasikan dengan sistem yang dimiliki BNPB.

"Sistem ini bagus, tolong diintegrasikan dengan BNPB sehingga data komprehensif," ujar Willem.

Editor   : Unik Susanti


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua Penggerak PKK Kec. Pangkalan Kuras Fifia Yulianti Firdaus didampingi Sustainability Program APP Sinar Mas, Luluk, sedang memperhatikan Praktik Peserta Pelatihan Pemberdayaan Perempuan APP Sinar Mas & Marta Tilaar GroupKetua Penggerak PKK Pangkalan Kuras: Saya Sangat Terkesan dan Apresiasi APP Sinar Mas dan Marta Tilaar Group
 Simulasi aksi persiapan respons cepat regu pemadam kebakaran APP Sinar MasAPP Sinar Mas Dukung Pemerintah Riau Cegah Karhutla
GM Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka dalam sesi diskusi di Asia-Pacific Forestry Week (APWF 2019). APP Sinar Mas menjadi salah satu delegasi Indonesia dari sektor swasta yang mendapatkan kepercayaan untuk berbagi kisah sukses dan tantangan dalam membenahi tata kelola hutan Indonesia.Terapkan Manajamen Terintegrasi, APP Sinar Mas Turunkan Angka Kebakaran di Konsesi hingga Hampir Nol
  Pembagian 4.000 masker secara gratis oleh PT Bukit Batu Hutani Alam (BBHA) dan PT Sakato Pratama Makmur (SPM) yang merupakan mitra pemasok kayu bahan baku kertas Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.PT BBHA dan PT SPM- APP Sinar Mas Bagikan 4.000 Masker Gratis kepada Masyarakat Bukit Batu
Penanggulangan kebakaran hutan terintegritas yang dituangkan dalam aplikasi dibagi dalam empat pilar utama. APP Sinar Mas Tanggulangi Karhutla dengan Empat Pilar Utama
IlustrasiPemprov Riau Tetapkan Siaga Darurat Karlahut hingga Mei

 
Berita Lainnya :
  • Viral Video Mobil Wapres Diisi Pakai Jeriken, Setwapres Ungkap Alasannya
  • Tahun Ajaran Baru, Siswa di Kepulauan Meranti Masih Belajar dari Rumah
  • Hujan Masih akan Guyur Riau di Akhir Pekan
  • Fatwa MUI, Salat Idul Adha dan Penyembelihan Kurban di Tengah Pandemi harus Ikuti Ketentuan Ini
  • Depresi, Janda Muda Bunuh Diri Usai Digilir 8 Pemuda
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Serahkan Figura Gerakan 1.000 Kantong Darah Relawan Peduli Covid-19
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved