www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Sudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Satlantas Polresta Pekanbaru Sarankan Dua Opsi Terkait Drive Thru McDonald's
Senin, 11 Januari 2016 - 10:16:41 WIB

PEKANBARU - Setelah melakukan kajian terhadap parkiran dan Drive Thru restaurant cepat saji McDonald, akhirnya Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru menyarankan dua opsi kepada McDonald agar kemacetan yang disebabkan antrian para pelanggan restoran cepat saji asal Amerika Serikat tersebut tidak terjadi lagi.

Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Zulanda SIK, Senin (11/1/2015) mengatakan, opsi pertama yang diberikan kepada Mc Donald terdiri dari enam saran, yang pertama pihak Mc Donald membatasi antrian kendaraan Drive Thru agar tidak melebihi pintu masuk pagar McDonald, kemudian antrian kendaraan yang masih berada di jalur lambat harus diluruskan agar tidak menimbulkan kemacetan.

"Saran kedua kita, meniadakan Drive Thru Mc Donald, untuk kendaraan pengunjung langsung masuk dan parkir di area Mc Donald. Ketiga, pemindahan Drive Thru dari sisi utara (sebelah kanan Mc Donald) ke belakang dan pemindahan tempat pengambilan pesanan dari belakang ke sisi utara (sebelah kiri Mc Donald)," kata Zulanda.

Selanjutnya, Zulanda menuturkan, untuk saran yang keempat, pemasangan rambu larangan parkir di jalan atau trotoar depan Mc Donald agar antrian kendaraan yang akan masuk ke Mc Donald tidak terhambat dan tidak menimbulkan kemacetan.

"Saran kelima, jika tidak dipasang rambu larangan parkir pengunjung yang menggunakan kendaraan roda 2 akan parkir di depan Mc Donald dan hal ini akan menimbulkan kemacetan dikarenakan jalur lambat digunakan kendaraan pengunjung Mc Donald. Lokasi pintu masuk Mc Donald yang berdekatan dengan U-turn atau perputaran arah sehingga kendaraan yang akan memutar bersinggungan dengan kendaraan antrian Mc Donald," jelas Zulanda.

Untuk opsi pertama ini, Ia melanjutkan, saran terakhir yang diberikan dengan melakukan penutupan pintu masuk sisi utara dan memperlebar pintu masuk Mc Donald di sisi selatan, sehingga pintu masuk hanya satu pintu.



Sedangkan untuk opsi kedua, Kasat menuturkan, pihaknya menambah satu saran kepada pihak Mc Donald dari opsi pertama yang ada enam saran ditambah satu saran dengan tidak mengganggu fungsi dari trotoar yang seharusnya digunakan untuk para pejalan kaki agar para pejalan kaki tidak harus turun kejalan dan dapat membahayakan keselamatan.

"Setelah kita lakukan kajian terhadap parkiran dan arus Lalulintas (Lalin) terkait adanya Drive Thru restaurant cepat saji Mc Donald maka Satlantas Polresta Pekanbaru menyarankan dua opsi bila Mc Donald masih tetap mau beroperasi, yang mana didalam dua opsi tersebut kita juga memberikan saran agar loket Drive Thru di pindahkan dari sisi utara berpindah ke belakang bangunan dan loket pengambilan berpindah ke sisi selatan banguan Mc Donald atau meniadakan layanan Drive Thru," tutur Kasat.



Kajian terhadap analisa dampak lalu lintas dari restaurant MC Donald tersebut dilakukan oleh Satlantas Polresta Pekanbaru karena Jalan Sudirman tepatnya di sekitar Mc Donald adalah salah satu titik lokasi rawan macet di Kota Pekanbaru sedangkan untuk lahan parkir dari restaurant tersebut sangat minim dan tidak dapat menampung parkir kendaraan dari pengunjung.

Sehingga sering sekali antrian kendaraan roda 4 dari pengunjung restaurant tersebut sampai ke jalur lambat Jalan Sudirman, bahkan kendaraan roda dua terlihat parkir di atas trotoar depan Mc Donald yang seharusnya menjadi hak dari pejalan kaki.

"Kita juga menyarankan agar di depan Mc Donald di dirikan rambu larangan parkir atau berhenti agar arus lalu lintas di sekitar tidak terhambat mengingat sepanjang jalur tersebut banyak pertokoan dan Mall pusat keramian serta pintu masuknya yang bersinggungan dengan U-turn untuk perputaran balik arah arus lalu lintas," tutup Kasat.

Penulis  : Barkah
Editor    : Unik Susanti



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
IlustrasiSudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
Operasi yustisi protokol kesehatan.Tegakkan Disiplin Prokes Covid-19, Polsek Tanah Putih dan Koramil 02 Terus Lakukan Operasi Yustisi
IlustrasiDari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  Almarhum semasa hidupnya.Dunia Pers Riau Berduka, Wartawan Berdedikasi Itu Mendahului Kita
Sekda Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol.Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
Kolase penangkapan kurir narkoba yang ternyata oknum polisi.Sejak Awal Tahun, 113 Polisi Dipecat, Kebanyakan karena Narkoba
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Wajib Masker Saat Service Kendaraan di Astra Daihatsu
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved