www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Aduh! Ada PNS Ikut Bikin Kerusuhan di Rumdis Wakil Ketua DPRD Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
PT RAPP dan Gubri Syamsuar Bahas Sinergitas Program Pembangunan Daerah
Jumat, 15 Oktober 2021 - 14:04:47 WIB
Gubri Syamsuar dan Presiden Direktur PT RAPP Sihol Aritonang foto bersama.
Gubri Syamsuar dan Presiden Direktur PT RAPP Sihol Aritonang foto bersama.

PEKANBARU - Dalam upaya mensinergikan program pembangunan di daerah kawasan operasi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar gelar pertemuan dengan pimpinan PT RAPP.

Tidak hanya Pemprov Riau, dalam pertemuan tersebut juga diundang Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak, Kampar, Pelalawan dan Kuantan Singingi.

Presiden Direktur PT RAPP Sihol Aritonang menyampaikan, ada lima komitmen PT RAPP untuk bersinergi dengan pemerintah daerah.

Diantaranya, ambil bagian dalam program pemerintah untuk menghapus kemiskinan, menurunkan angka stunting.

Kemudian, meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan pemberdayaan perempuan.

Sihol Aritonang menjelaskan, tentunya kompleksitas program yang dijalankan di setiap kabupaten masing-masing berbeda. Untuk itu yang menjadi tugas PT RAPP adalah koordinasi yang baik bersama pemerintah kabupaten atau kota.

Bertujuan untuk mengidentifikasi apa program yang tepat, agar bisa menjawab solusi dan berkontribusi, serta menyumbang pada program yang lebih besar yang dipimpin oleh pemerintah kabupaten itu sendiri.

"Kedua yang menjadi tugas kami adalah melakukan perencanaan yang baik agar pada tingkat pelaksanaan nanti semuanya berjalan lancar. Dan dampaknya bisa dirasakan berupa kemajuan masyarakat ditingkat desa," jelasnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menjelaskan pertemuan untuk mensinergikan program pembangunan yang saat ini menjadi program dari april group.

"Hari ini kita membincangkan antara april group atau PT RAPP dengan pemerintah daerah termasuk pemerintah provinsi. Dalam rangka untuk mensinergikan program pembangunan yang saat ini menjadi program dari april group," kata Gubri Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (15/10/21).

Syamsuar menjelaskan, dalam rangka pembangunan daerah, maka diperlukan sinkronisasi program antara perusahaan dan pemda. Sehingga nanti apa yang diinginkan PT RAPP dan apa yang diinginkan oleh pemerintah provinsi, kabupaten/kota menjadi sinkron.

Menurutnya, dalam pertemuan tadi telah ditemukan kesepahaman program antara PT RAPP, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Selanjutnya tinggal bagaimana konkritnya di lapangan.

"Alhamdulillah ini sudah nyambung ini, tinggal lagi konkrit nya. Masing-masing nanti dari April Group akan berkunjung nanti ke kabupaten/kota membicarakan program prioritas sesuai dengan tahapan yang dicanangkan April Group ini sampai tahun 2030," jelasnya.

Dijelaskan, Pemprov Riau dan PT RAPP bersinergi untuk menyukseskan program pembangunan, mengentaskan kemiskinan dan masalah sosial lainnya yang ada di Riau. Di mana, wilayah operasi perusahaan bubur kertas ini sendiri mencangkup lima kabupaten kota di Riau, yakni Pelalawan, Siak, Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), dan Kepulauan Meranti.

Dijelaskan Gubri, secara umum apa yang menjadi program pengentasan kemiskinan RAPP sudah sejalan dengan apa yang dilakukan Pemprov Riau bersama pemerintah kabupaten (Pemkab). Sehingga hanya perlu penyesuaian lagi dengan kondisi masing-masing daerah.

"APRIL group, termasuk RAPP dengan pemprov riau dan pemkab dalam rangka untuk mensinergikan program pembangunan yang saat ini menjadi program APRIL juga. Jadi karena itu perlu ada sinkronisasi. Sehingga apa yang diinginkan kedua pihak nyambung. Alhamdulillah ini sudah nyambung. Tinggal konkritnya dari APRIL akan berkunjung ke masing-masing kabupaten kota membicarakan program pritotas, sesuai yang direncana APRIL," kata Gubri.

Gubri berharap sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan PT. Andalan Riau Pulp and Paper (RAPP) bisa menjadi contoh atau role modelbagi perusahaan lainnya di Provinsi Riau. 

Gubri menegaskan, dengan adanya sinergitas program antara pemda dan perusahaan, maka apa yang dilakukan perusahaan akan sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang ada di lapangan. 

"Ini sebenarnya ingin kami jadikan role model bagi perusahaan lain. Karena anggaran pemerintah terbatas, maka perusahaan lain kami harapkan juga begitu," ucapnya.

Kemajuan Inklusif
Sementara itu, Presiden Direktur PT RAPP, Sihol Aritonang mengatakan bahwa perusahaan tentunya memiliki hubungan emosional dengan daerah tempat perusahaan mereka beroperasi.

"APRIL dan RAPP merasakan sekali, bahwa kami adalah bagian dari Riau. Sepuluh tahun kedepan, visi keberlanjutan perusahaan, APRIL 2030 adalah Kemajuan Inklusif. APRIL Group ingin maju dan dalam kemajuan itu harus melibatkan masyarakat," kata Sihol.

Kemajuan Inklusif, kata Sihol dapat dilakukan dengan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui prakarsa transformatif. Diantaranya ada lima bagian program, yaitu menyangkut nol kemiskinan ekstrem, dukungan bagi pendidikan bermutu, dukungan bagi akses pada layanan kesehatan, prevalensi tengkes (Stunting) turun 50 persen, dan pengembangan peluang dan kesetaraan bagi perempuan.

"Kami akan ambil lima bagian dalam program pemerintah dalam menghapuskan kemiskinan, menurungkan angka stunting, meningkatkan fasilitas kesehatan yang ada di Riau, meningkatkan kualitas pendidikan di Riau, dan pemberdayaan perempuan," jelasnya.

Ia menyadari kompleksitas bentuk program yang dijalankan setiap kabupaten tentulah berbeda. Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan kabupaten untuk mengidentifikasi apa program yang tepat untuk daerah tersebut.

"Ini menjadi tugas kami untuk melakukan koordinasi yang baik dengan masing-masing kabupaten untuk mengidentifikasi apa program yang tepat. Agar bisa menjawab, memberikan solusi dan berkontibrusi dengan program yang lebih besar kepada kabupaten. Dan tentunya kami harus melakukan perencanaan yang baik agar pada tingkat pelaksanaannya nanti berjalan lancar dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat hingga ke tingkat desa," pungkasnya. (adv)


 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Rumah dinas Wakil ketua DPRD Riau.Aduh! Ada PNS Ikut Bikin Kerusuhan di Rumdis Wakil Ketua DPRD Riau
IlustrasiManajemen PTPN V Dilaporkan ke Menteri Erick Thohir
Direktur Politehnik Negeri Padang, DR Surfa Yondri, ST,SST,M.Kom memberikan sambutan saat acara kuliah umum dan peningkatan link & match dengan dunia industri di Kampus PNP Pelalawan.Beri Kuliah Umum, Bupati Zukri Sebut akan Bangun Kampus Utama PSDKU Pelalawan
Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman 526 PNS Pemkab Siak Terima Penghargaan Satyalencana Karya Sayta
Suasana penutupan Musda V DPD Demokrat Riau. Agung Nugroho Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Demokrat Riau
  Wakil Menteri I Badan Usaha Milik Negara Pahala Nugraha Mansury meresmikan tiga  pembangkit tenaga biogas milik anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero), PTPN V.Akselerasi Dekarbonisasi, Kementerian BUMN Resmikan Tiga PTBg Limbah Sawit PTPN V
Program CSR Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit Group RGE, sentuh sarana rumah ibadah masjid.Asian Agri Fasilitasi Sarana Air Bersih Rumah Ibadah
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru Abdul JamalNaik Rp51.704, UMK Pekanbaru Jadi Rp3.049.675
Polres Inhu gelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Batang Cenaku, Selasa (30/11/2021).Ipda Asep Saifurrohman Jabat Kapolsek Batang Cenaku
IlustrasiAnggota Dewan Ini Setuju Jika Tarif Parkir di Pekanbaru Naik, Ini Alasannya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kepala Balai PPW Riau Tepung Tawari Marulis Menuju MTQ Korpri Nasional
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved