www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Temukan Sejumlah Masalah Coklit Pilkada 2024, Ini Saran Bawaslu Riu ke KPU
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Edukasi Keselamatan Berkendara
Jalan Tol yang Dikelola Makin Panjang, HK Gencar Kampanyekan SETUJU
Senin, 24 Juni 2024 - 15:40:46 WIB

PEKANBARU - Setiap tahun, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang beroperasi dikelola Hutama Karya (HK) (Persero) makin bertambah panjang. Kini sudah 614 kilometer yang beroperasi per Juni 2024.

Maka itu, keselamatan berkendara menjadi aspek krusial yang harus terus diedukasi kepada setiap pengguna jalan tol. Guna meningkatkan kesadaran itu, PT Hutama Karya kembali menggalakkan kampanye keselamatan berkendara dengan tagline SETUJU (Selamat Sampai Tujuan) yang telah diinisiasi sejak 2019.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyampaikan di tahun 2024, HK semakin memperluas target sasaran kampanye. Agar dapat diterima seluruh golongan kendaraan, dari mulai supir travel, supir truk, maupun komunitas mobil antar daerah sebagai target edukasi SETUJU.

"Keselamatan berkendara di jalan tol adalah tanggung jawab bersama. Sehingga edukasi dan sosialisasi harus terus kami lakukan utamanya mengingat karakteristik tol di Sumatra yang panjang dan lurus," ungkap Adjib, Senin (24/6/2024).

Adjib menyebutkan, kampanye SETUJU digencarkan tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan tol. Namun membentuk kebiasaan bagi pengemudi di jalan tol, guna mengurangi angka kecelakaan, hingga meningkatkan kualitas keselamatan.

"Kampanye ini sendiri dilakukan dengan memanfaatkan berbagai pendekatan, inisiatif, dan media komunikasi seperti Operasi Microsleep dan Operasi Simpatik, Edukasi Safety Riding dengan menggandeng Rifat Sungkar sebagai Key Opinion Leader (KOL)," sebutnya.

"Serta penyebaran informasi melalui Video Campaign dan konten rutin di akun resmi @HutamaKaryaTollRoad, serta imbauan dan edukasi melalui siaran pers, media luar ruang seperti spanduk dan VMS, dan radio lokal," sambungnya.

Hingga pertengahan tahun 2024, sambungnya, implementasi kampanye SETUJU telah menunjukkan hasil yang
cukup signifikan. Melalui 12 aksi Operasi Microsleep, sekitar 700 pengemudi berhasil di monitor kondisi fisik maupun kendaraan.

Serta diedukasi pentingnya selamat berkendara di malam hari yang tersebar di Tol JORR-S, Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung, Tol Pekanbaru - Dumai, Tol Pekanbaru - Bangkinang dan Tol Binjai - Langsa.

"Sementara itu, selama hampir enam bulan ini, HK juga telah membagikan sebanyak 730 snack dan kopi ke pengguna jalan tol untuk mengantisipasi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi mengantuk melalui Operasi Simpatik," ujarnya.

Selain itu dalam Kampanye SETUJU, tambahnya, HK juga melakukan 28 kali Operasi Over Dimension Overload (ODOL) dengan 802 kendaraan yang diperiksa dan ditimbang untuk mengurangi kecelakaan yang diakibatkan kendaraan dengan muatan maupun dimensi berlebih yang tersebar di Tol JORR-S, Tol Akses Tanjung Priok, Tol Palembang - Indralaya, Tol Indralaya - Prabumulih, Tol Pekanbaru - Bangkinang, Tol Binjai - Langsa dan Tol Indrapura - Kisaran.

"Melalui berbagai inisiatif kampanye SETUJU yang telah dilaksanakan, kami mencatat peningkatan signifikan dalam kesadaran keselamatan berkendara, tercermin dari penurunan kecelakaan sekitar 30 persen (YoY) di seluruh Jalan Tol Hutama Karya. Kami juga berharap pesan keselamatan ini dapat diterima oleh pengguna jalan tol dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda," imbuh Adjib.

Dalam sisa tahun 2024, ucapnya lagi sejumlah strategi disiapkan untuk mengoptimalkan kampanye SETUJU yakni dengan meningkatkan frekuensi dan memperluas wilayah pelaksanaan Operasi Microsleep untuk menjangkau lebih banyak pengguna jalan tol, dan kembali berkolaborasi dengan KOL nasional untuk meningkatkan brand awareness untuk menyasar golongan 1 dan KOL lokal atau komunitas untuk menyasar pengguna jalan golongan 2 keatas, menyiapkan merchandise dan kartu uang elektronik khusus edisi SETUJU, hingga memperkuat konten edukatif di media sosial.

"Dalam kampanye SETUJU gagasan Hutama Karya ini mengandung lima poin utama yang harus diikuti oleh
pengguna jalan tol. Yakni SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu, dua SETUJU pastikan kondisi kendaraan prima, SETUJU tidak ngebut di jalan tol, SETUJU untuk istirahat jika lelah atau ngantuk dan SETUJU zero ODOL di jalan tol," paparnya.

"Jika pengguna jalan tol mengikuti lima poin kampanye SETUJU tersebut, kami menjamin perjalanan akan lebih aman dan nyaman serta kemungkinan terjadinya kecelakaan semakin kecil," tuturnya.

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Petugas Bawaslu.(ilustrasi/int)Temukan Sejumlah Masalah Coklit Pilkada 2024, Ini Saran Bawaslu Riu ke KPU
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: int)Rombak Besar-besaran Jelang Pilkada Serentak 2024, Pj Gubri Evaluasi 6 Kadis dan Kaban
Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
  Harga kelapa sawit plasma di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Kelapa Sawit Mitra Plasma di Riau Pekan ini Capai Rp3.012/Kg
Pj Bupati Inhil, Herman.(foto: sri/halloriau.com)Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
Ketua Bawaslu, Syamsurizal saat hadiri Rakornas di Medan.Mantabkan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved