www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pemprov Riau Segera Bangun Kembali Jembatan Panglima Sampul Meranti
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Cabai Merah Turun Jadi Rp25 Ribu/Kg, Ini Harga Sembako di Pekanbaru Pasca Lebaran
Rabu, 17 April 2024 - 15:19:56 WIB

PEKANBARU - Sepekan pasca-Lebaran Idulfitri 1445 H, harga sembilan bahan pokok disejumlah pasar tradisional di Pekanbaru masih fluktuatif atau turun naik.

Untuk komoditas cabai merah saat ini terpantau diharga Rp 25.000 per Kg. Ini jauh menurun dibanding saat awal Ramadan lalu sempat menyentuh Rp100 ribu per Kg.

Penurunan harga cabi merah ini diketahui sudah terjadi sejak awal bulan yang lalu. Namun untuk komoditas yang lain masih terpantau tinggi.

"Hari ini cabe merah medan Rp25.000 per kilogram sudah diharga normal sejak beberapa waktu lalu," ungkap Ani, salah seorang pedagang di Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru Rabu (17/4/2024).

Meski cabai merah keriting Medan sudah berada diharga normal, namun untuk harga cabe rawit merah masih tergolong tinggi yakni Rp 70.000 per kilogram. 

"Ya kalau cabe rawit masih tinggi yakni Rp 70.000 per kilogram. Sementara rawit hijau Rp 50.000 per kilogram," tambah Ani lagi.

Selain harga cabe rawit, komoditas bawang dan tomat juga masih tergolong masih tinggi yakni untuk bawang bombai Rp 33.000 per kilogram dan tomat Rp 18.000 per kilogram.

Meski kondisi harga sembako saat ini masih turun naik, kalangan mewanti-wanti agar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar tidak lengah dan terus memantau pergerakan harga pangan pasca Lebaran. Ini untuk mengatasi dan mensiasati jika terjadinya gejolak harga.

Menurut anggota Komisi II DPRD kota Pekanbaru Sri Rumbiyanti, salah satu komoditas yang rentan mengalami gejolak harga yakni cabai, bawang dan sayur-sayuran.

"Memang pasca Lebaran permintaan akan sembako tidak sebanyak sebelumnya. Namun kepada stakeholder harus melakukan antisipasi adanya kenaikan harga. Pasalnya kondisi cuaca juga saat juga tidak baik dan biasanya juga akan mempengaruhi hasil produksi ditingkat petani dan harga jual yang juga ikut melambung," ungkap Sri Rumbiyanti.

Tidak hanya cabai dan sayuran, politisi ini juga meminta bahan kebutuhan pokok lainnya jangan terlalu tinggi juga harganya (kenaikannya). Seperti telur, ayam, daging sapi, beras, termasuk minyak goreng dan tepung terigu.

Lebih lanjut disampaikan lagi, bahwa beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan adalah, tidak banyak pedagang yang berjualan selama Idulfitri. Selain itu, banyak petani tidak melakukan panen karena libur.

Selanjutnya, faktor distribusi terganggu karena arus mudik dan arus Lebaran sehingga banyak yang tidak melakukan kegiatan distribusi.

"Sekarang sudah masuk fase ketiga yakni pasca Lebaran. Memang ini perlu diwaspadai ini biasanya terjadi hingga H+7. Ada kenaikan beberapa komoditas, karena suplai dan demandnya tidak seimbang. Namun meski terjadi kenaikan, tidak terlalu tinggi," harapnya.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: sri/halloriau.com)Pemprov Riau Segera Bangun Kembali Jembatan Panglima Sampul Meranti
Pemkab Rohul raih Opini WTP dari BPK RI perwakilan Riau.(foto: mcr)Bupati Rohul Terima LHP LKPD 2023 dengan Opini WTP dari BPK Riau
Penyerahan remisi khusus untuk Napi Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: mcr)22 Napi Lapas Kelas II A Pekanbaru Terima Remisi Khusus Hari Raya Waisak
Ilustrasi dugaan korupsi dana desaKepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
  Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa.(foto: media center pekanbaru)Resmi jadi Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa Prioritaskan Jalan Rusak
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa bersama Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: sri/halloriau.com)Minta Semua Pihak Legowo, Pj Gubri: Yang Terpilih Putera Terbaik
Bacalon Walikota Pekanbaru dr Rahmansyah saat mengembalikan formulir ke DPD PKS Pekanbaru, Kamis (23/5/2024) (foto:rinai/halloriau)Bacalon Walikota Pekanbaru Rahmansyah Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PKS
Pelepasan JCH Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Lepas Keberangkatan JCH Pelalawan, Ini Pesan Bupati Zukri
Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved