www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


PT Arara Abadi-APP Forestry Kembali Helitack Crew Training Anggota TRC
Kamis, 22 Februari 2024 - 14:23:47 WIB

SIAK - PT Arara Abadi yang merupakan salah satu unit usaha APP Forestry Regional Riau, kembali melakukan Helitack Crew Training kepada Anggota Team Reaksi Cepat (TRC) yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh PT Arara Abadi bersama perusahaan mitra Pemasok APP Regional Riau.

Training ini untuk mengantisipasi dan menghadapi musim kemarau di tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Komplek Training Centre Arara Abadi di Bunut Desa Pinang Sebatang Timur Perawang Kabupaten Siak, diselenggarakan 2 pekan dimulai pada 19 Februari 2024 sampai tanggal 03 Maret 2024.

Training ini diikuti 60 personel Regu Pemadam Kebakaran (RPK) dari seluruh distrik PT Arara Abadi dan Mitra Pemasok APP Forestry di Riau.

Itu disampaikan Priyo Septiahadi Utomo selaku Fire Operation Management Head ketika ditemui disela training Kamis (22/2/2024) ke media. Ia menjelaskan PT Arara Abadi yang merupakan bagian dari Satgas (Satuan Tugas) Pencegahan dan Penanganan Karhutla Provinsi Riau yang dipimpin oleh Gubernur Riau melalui Pelaksananya dari Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau.

"Maka sudah menjadi keharusan kami untuk membantu dan berkordinasi dengan berbagai stakeholder (pemangku kepentingan) terutama kepada Pemerintah Daerah di kabupaten kota maupun Pemerintah Provinsi Riau," sebutnya.

"Kita berharap sinergitas yang terjado antara kami dari private sector (perusahaan swasta) dengan berbagai pihak termasuk pemerintah dan juga masyarakat dapat berjalan dengan baik," sambungnya.

Training Helitack Crew TRC ini diharapkan dapat memperkuat Penanganan dan pencegahan jika tejadi Karhutla di Riau. Diharapkan traning ini berjalan dengan baik dan lancar. Karena setelah training ini selesai, sesuai dengan prediksi BMKG bahwa kemungkinan musim kemarau akan dimulai pada akhir februari 2024 terutama di sebagian wilayah utara di Provinsi Riau.

"Sehingga kita butuh personil-personil khusus seperti TRC ini untuk bergerak dengan cepat dan merespon seluruh kebakaran yang terjadi di areal konsesi maupun buffer 5 Km di luar konsesi PT Arara Abadi maupun mitra usaha APP lainnya dengan sangat cepat. Kemudian api itu dapat kita deteksi sedini mungkin dan langsung kita padamkan," ujarnya.

Penanganan dan pecegahan kebakaran yang dilakukan oleh Fire Operation Management (FOM) PT Arara Abadi selama ini selalu didasarkan kepada 4 Pilar utama IFM (Integrated Fire Management) yaitu Prevention, Preparation, Early Detection dan Rapid Response.

Helitack Crew Training ini adalah salah satu cara FOM dalam memperkuat penanggulangan dan pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) dari pilar Rapid Response atau response cepat. Yang mana juga training ini diharapkan dapat membuat personel TRC yang juga Anggota RPK PT Arara Abadi dalam menanggulangi kebakaran dengan sangat cepat sesuai dengan target yang diberikan perusahaan.

"Training Helitack Crew ini sangat berbeda dengan training untuk RPK biasa, baik dari segi porsi latihan maupun materi yang diberikan. Training ini memang dikhususkan untuk personel-personel RPK pilihan dan terbaik dari segi fisik maupun pengetahuan," tambah Priyo.

Materi-materi yang diberikan yaitu Materi dasar pemadaman kebakaran hutan dan lahan, ICS (Incident Command System), Leadership, communication dan Problem Solving. Materi dasar safety helicopter dan bina fisik. Sekaligus update informasi-informasi terbaru.

Ketika musim kemarau sedang berlangsung, personel TRC ini akan melaksanakan patroli setiap hari menggunakan Helicopter PT Arara Abadi-APP Forestry jenis Bell 412 guna mendeteksi api sekecil mungkin dan dapat di padam kan sesegera mungkin pada saat sedang melaksanakan patroli tersebut.

"Maka itu personel tersebut harus memiliki fisik yang baik dan pengetahuan yang baik agar dapat menjalankan tugasnya dan keselamatan kerja dengan baik," tutupnya. (rls)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Antrean kendaraan di Pelabuhan Dumai-Rupat.(foto: mcr)Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Tol Trans Sumatera.(foto: int)Rekor Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatera Meningkat Tajam
Suasana di salah satu mal di Pekanbaru ramai pengunjung.(foto: dini/halloriau.com)Mall Jadi Pilihan Masyarakat Kota Pekanbaru Habiskan Waktu Libur Lebaran
Suasana saat momen lebaran di Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Suasana Haru dan Bahagia Selimuti Kunjungan Idulfitri di Lapas Pekanbaru
Peningkatan volume lalu lintas di tol ruas Provinsi Riau (foto/ist)33 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi 3 Ruas Tol di Riau Saat Libur Lebaran
  Tips jaga kesehatan saat mudik.(ilustrasi/int)Simak Tips ini untuk Tetap Bugar saat Mudik dan Balik Lebaran 2024
Tradisi ziarah di Kabupaten Kampar.(foto: int)Menyelami Kekayaan Budaya yang Menawan di Kampar
Karhutla Riau.(ilustrasi/int)BPBD Riau Klaim Nihil Karhutla Selama Libur Lebaran
Harga cabai merah bukit di Pasar Belantik Siak naik (foto/Meri)Pasca Lebaran Harga Cabai Tembus Rp90 Ribu/Kg dan Ayam Rp35 Ribu/Kg di Siak
Iluatrasi nelayan tewas tersambar petir di laut Karimun, Kepri (foto/int)Pergi Menjaring Udang, Nelayan Tewas Tersambar Petir di Perairan Karimun Kepri
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved