www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


PHR Selamatkan Gajah Sumatra dari Kepunahan
Rabu, 14 Februari 2024 - 12:07:40 WIB
Gajah Sumatra yang merupakan satwa endemik, menjadi fokus sasaran program TJSL PT PHR WK Rokan untuk membantu BBKSDA.(foto: istimewa)
Gajah Sumatra yang merupakan satwa endemik, menjadi fokus sasaran program TJSL PT PHR WK Rokan untuk membantu BBKSDA.(foto: istimewa)

Baca juga:

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja
Energi Kebersamaan Jadi Tali Silaturahmi PHR dan Wartawan di Pekanbaru
PHR Kembali Gelar Lomba Karya Jurnalistik PENA untuk Wartawan Riau

PEKANBARU - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan terus menunjukkan komitmennya dalam upaya konservasi gajah sumatra (Elephans Maximus Sumatranus) demi melestarikan keanekaragaman hayati di Provinsi Riau.

Dalam kerjasama rutin dengan Rimba Satwa Foundation (RFS), PHR membantu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) memonitor pergerakan gajah untuk menghindari potensi interaksi negatif dengan manusia di kawasan Balai Raja hingga Giam Siak Kecil.

"Upaya ini merupakan bagian dari program tanggungjawab sosial dan lingkungan (TJSL) PHR WK Rokan, serta merupakan ikhtiar untuk melestarikan keanekaragaman hayati di Bumi Lancang Kuning," ujar Corporate Secretary PHR WK Rokan, Rudi Ariffianto, Rabu (14/2/2024).

Pemantauan dilakukan melalui GPS collar yang dipasangkan pada kelompok gajah liar. Lima kalung GPS dan 18 kamera pengintai telah disediakan PHR, memungkinkan pemantauan real-time dan mitigasi konflik potensial.

Gajah sumatra saat ini terdaftar sebagai spesies yang sangat terancam punah oleh The International Union for Conservation of Nature (IUCN), dengan penurunan populasi lebih dari 80 persen dalam 75 tahun terakhir.

PHR tidak hanya fokus pada pemantauan, tetapi juga melaksanakan program agroforestri atau wanatani.

Program ini melibatkan masyarakat dalam penanaman tanaman bernilai ekonomi tinggi namun minim gangguan terhadap gajah, serta mendukung ketahanan pangan masyarakat.

"Program agroforestri ini memiliki manfaat yang multidimensi. Selain mendukung pengurangan jejak karbon melalui penanaman pohon, program ini juga menjaga keanekaragaman hayati, memperbesar ruang di mana gajah dapat diterima oleh masyarakat," ungkapnya.

Dukungan PHR melalui program agroforestri telah mencakup 225 hektar area di enam desa, menciptakan solusi holistik untuk keseimbangan ekologi dan kesejahteraan masyarakat.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal.(foto: int)PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
Macet di Jalan Sudirman Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Pengendara di Pekanbaru Keluhkan Pak Ogah, Sembarangan Beri Jalan untuk yang Beri Uang
Irvan Herman saat bersama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (foto/ist)Irvan Herman Masuk Kandidat Potensial Calon Walikota Pekanbaru, Komunikasi Politik Mulai Dijalankan
  Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Salah satu baliho sosialisasi Abdul Wahid sebagai bakal calon gubernur Riau (foto:rinai/halloriau) Lebih Baik Kembali ke DPR RI Daripada Jadi Wakil, PKB Pastikan Abdul Wahid Bacalon Gubri
Pj Gubri, SF Hariyanto dijadwalkan buka MTQ Tingkat Provinsi di Dumai (foto/int)Lusa, Pj Gubernur Riau Buka MTQ ke-42 Tingkat Provinsi di Dumai
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved