www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Kemenkumham Ajukan Remisi
Berkah Nataru 2024, 907 Narapidana di Riau Menuju Pembebasan
Sabtu, 23 Desember 2023 - 22:24:17 WIB

PEKANBARU - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau mengumumkan usulan remisi untuk 913 narapidana dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru 2023-2024.

Dari jumlah tersebut, 907 narapidana berpotensi mendapatkan Remisi Khusus (RK) I, yang melibatkan pengurangan masa hukuman, sementara sisanya diusulkan untuk pembebasan langsung.

Budi Argap Situngkir, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, menyatakan bahwa kepastian jumlah penerima remisi akan diumumkan pada hari Natal dan Tahun Baru. Budi menjelaskan bahwa penentuan jumlah remisi bergantung pada masa hukuman yang telah dijalani oleh narapidana.

"Hingga saat ini, terdapat 72 orang WBP dan anak yang masih menunggu proses turunnya SK Remisi Khusus Hari Raya Natal dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di pusat," ungkap Budi dikutip MC.Riau.go.id.

Proses verifikasi usulan remisi masih berlangsung, dengan tim registrasi pusat yang melakukan generate SK dan penandatangan SK remisi secara digital elektronik. Budi mencatat kemungkinan adanya perubahan jumlah penerima remisi seiring berlangsungnya proses ini.

Budi menekankan bahwa proses pengusulan remisi umum bebas dari praktek pungutan liar. Setiap tahapan pengusulan menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) secara otomatis, yang mengusulkan remisi jika narapidana memenuhi syarat, dan menolak secara otomatis jika sebaliknya.

Untuk diketahui, narapidana yang mendapatkan remisi adalah mereka yang telah menjalani pidana antara 6 hingga 12 bulan, dengan remisi selama 15 hari. Remisi bertambah seiring berjalannya waktu, mencapai 2 bulan untuk tahun keenam dan seterusnya.

Budi menyampaikan bahwa saat ini total WBP di 16 Lapas/Rutan/LPKA di wilayah Kemenkumham Riau mencapai 14.448 orang, meliputi 11.654 narapidana dan 2.794 tahanan. Namun, kapasitas kamar hunian Lapas dan Rutan di Riau hanya mampu menampung 4.373 orang, menciptakan kelebihan hunian sebanyak 330 persen dari kapasitas yang seharusnya. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot masih menyala di Pulau Sumatera (foto/int)Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
ilustrasi NPWP.Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
Syamsuar, Edy Natar dan Muhammad Nasir.Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
  (ki-ka) Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho, Ida Yulita, dan mantan Pj Wako Muflihun (foto/int)Adu Elektabilitas Jelang Pilwako: Agung Nugroho dan Ida Teratas, Muflihun Ungguli Dr Ikhsan
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
Rektor Umri, Saidul Amin.(foto: mcr)Umri Rayakan Milad Ke-16 dengan Serangkaian Acara Penting
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved