www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Galeri Foto
Pengolahan Air Limbah Domestik dan Lumpur Tinja IPAL Pekanbaru
Kamis, 08 Desember 2023 - 17:06:45 WIB

PEKANBARU - Akhirnya kegiatan fisik pembangunan jaringan perpipaan air limbah domestik serta bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau telah selesai dilaksanakan.

Lingkup kontrak program Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP) saat ini adalah masa pemeliharaan serta pendampingan operasional terhadap calon operator bangunan IPAL.

IPAL Kota pekanbaru berkapasitas 8.100 m3/hari, dibangun dengan sistem pengolahan yang disebut Fixed-bed Biofilm Activated Sludge (FBAS). Secara umum sistem ini mengolah air limbah domestik dengan menggunakan material Biomodule sebagai media tempat berkembang biak bakteri yang diperlukan untuk memakan bakteri pencemar pada air limbah,. Dimana dengan mekanisme tersebut maka beban pencemar dapat di reduksi dan dilanjutkan ke unit pengolahan berikutnya berupa flokulasi, disc filter, serta UV channel. Pengolahan ini bertujuan agar air limbah yang diolah tersebut memenuhi standar baku mutu air limbah kementerian Lingkungan hidup yang diizinkan untuk dialirkan ke badan air penerima.



Lingkup pendampingan operasional yang dilakukan adalah pelaksanaan dan pembiayaan operasional IPAL serta training dalam rangka alih pengetahuan/teknologi kepada calon operator pengelola IPAL yang dilaksanakan selama 6 bulan pasca konstruksi. UPT PAL kota pekanbaru selaku institusi yang akan mengoperasikan bangunan IPAL serta jaringan perpipaan air limbah terbangun di kota pekanbaru, telah berkantor di IPAL Bambu Kuning sejak masa pendampingan operasional dimulai sehingga diharapkan seluruh personal UPT nantinya  lebih mudah menerima teori dan implementasi dari training terkait mekanisme pengolahan air limbah domestik tersebut.



Selain mengolah limbah dari sambungan perpipaan, IPAL Bambu Kuning juga dapat melayani pengolahan lumpur tinja melalui Septage Receiving Station (SRS) dengan kapasitas 100 m3/hari. Dengan kapasitas tersebut, IPAL Kota Pekanbaru dapat menerima lumpur tinja dari rata-rata 20 hingga 25 ritase truk tinja setiap hari. UPT PAL Kota Pekanbaru telah memiliki 1 unit truk tinja yang dioperasikan untuk melayani penyedotan lumpur tinja.

Selama masa pendampingan operasional, truk tinja tersebut melakukan penyedotan secara gratis di lingkungan yang berdekatan dengan lokasi IPAL, antara lain Rusunawa Rejosari, sekolah dasar negeri dan beberapa rumah warga di sekitar lokasi. Dengan besarnya kapasitas pelayanan lumpur tinja IPAL Bambu Kuning, kedepannya diharapkan IPAL Kota Pekanbaru dapat melayani pengolahan lumpur tinja dari operator swasta, dimana limbah tinja secara legal hanya boleh dibuang ke Instalasi pengolahan lumpur tinja. Regulasi terkait hal ini telah disiapkan Pemko melalui Perda Kota Pekanbaru No 5 Tahun 2023 tentang pengelolaan air limbah domestik.(*)

Trial operation sewerage pump station.

Pelatihan operasional dan pemeliharaan IPAL bagi petugas operator.

Food Chain Reactor (FCR) dan Material Biomodule IPAL Kota Pekanbaru. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Francesco Bagnaia.(foto: int)Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
istBuka MTQ XVIII Tenayan Raya, Sabarudi: Jadikan Alquran Pedoman Hidup
istGinda Resmikan Posyandu Melati, Harapan Baru Untuk Masyarakat Binawidya
Bupati Kuansing saat melantik pejabat eselon III dan IV.(foto: mcr)Bupati Kuansing Lantik 61 Pejabat Eselon III dan IV
Pleno rekapitulasi suara KPU Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Dumai Rampung
  istGinda Burnama Dukung Program Kerja Pengurus Dekopinda Kota Pekanbaru 2023-2028
Ketua DPRD Pekanbaru Hadiri Pembukaan MTQ IV Kulim
istReses Nofrizal di Kelurahan Kampung Tengah, Persoalan Drainase Tersumbat dan Banjir Jadi Keluhan Warga
Kepala BPKAD Riau, Indra SE ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau.(foto: mcr)Indra SE Ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau
Persiapkan perjalanan mudik Anda bersama Suzuki Trada Riau, jangan lewatkan periode promo servisnya. (foto:instagram@suzukitrada.pku)Persiapan Mudik 2024 Jangan Lupa Servis Mobil, Suzuki Trada Tawarkan Lima Paket Terjangkau, Ini Harganya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
SF Hariyanto Resmi Jabat Pj Gubernur Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved