www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Penumpang Pesawat Mei 2023 di Bandara AP II Tembus 7,14 Juta, 246 Ribu di Bandara Pekanbaru
Jumat, 02 Juni 2023 - 22:35:25 WIB

PEKANBARU - Sepanjang Mei 2023, Bandara SSK II Pekanbaru mencatatkan jumlah penumpang mencapai 246.113 orang, terdiri dari 221.738 penumpang di rute domestik dan 24.375 penumpang di rute internasional.

EGM Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan mengatakan, jumlah penumpang pada bulan Mei 2023 ini merupakan rekor tertinggi sejak pandemi dimana jumlahnya meningkat sebesar 7,2 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Tingginya jumlah penumpang pada bulan mei 2023 ini selain disebabkan terjadinya peningkatan pergerakan angkutan lebaran, juga dipengaruhi adanya libur karena cuti bersama pada periode 18-21 mei 2023 dan mulai diberangkatkannya jamaah haji asal riau melalui Bandara SSK II pekanbaru sejak tanggal 24 mei 2023," ujar Irawan kepada Halloriau.com, Jumat (2/6/2023).

"Sejalan dengan meningkatnya trafik tersebut, PT angkasa pura II KC Bandara SSK II pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung meliputi Airnav indonesia, bea cukai, imigrasi, karantina, KKP, maskapai, ground handling & Lanud RSN yang telah melakukan pemastian terhadap kesiapan personel, infrastruktur dan fasilitas pokok sehingga operasional dan pelayanan tetap terkawal dengan baik," sebut Irawan.

Adapun pada Januari-Mei 2023 secara kumulatif jumlah penumpang di 20 bandara AP II mencapai 31,66 juta penumpang. Sejalan dengan realisasi ini, AP II optimistis jumlah penumpang pada Januari-Desember 2023 dapat mencapai target 73 juta penumpang.

Sementara itu, jumlah pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara AP II pada Mei 2023 mencapai 7,14 juta penumpang atau yang tertinggi sejak 3 tahun lalu ketika pandemi mulai melanda pada 2020.

Sepanjang 1-31 Mei 2023, seluruh bandara AP II juga mencatat adanya 53.486 penerbangan pesawat dan volume angkutan kargo sebanyak 58,88 juta ton.

Jumlah penumpang pada Mei 2023 yang mencapai 7,14 juta penumpang ini mengalami peningkatan 14 persen dibandingkan dengan April 2023 sebanyak 6,27 juta penumpang. Jika dibandingkan dengan Mei 2022, terjadi peningkatan lebih besar yakni mencapai 18 persen.

Terpisah, President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pergerakan penumpang pada Mei 2023 ini sudah sangat mendekati kondisi normal pada 2019 sebelum adanya pandemi.

Adapun pada 2019 jumlah pergerakan penumpang di bandara AP II sekitar 90,77 juta penumpang, sehingga rata-rata penumpang per bulannya adalah sekitar 7,56 juta penumpang.

"Mei 2023 sejauh ini adalah bulan tersibuk bagi AP II sejak pandemi melanda pada 2020. Jumlah penumpang pada mei 2023 tertinggi sejak adanya pandemi, dan hampir menyamai kondisi 2019 sebelum adanya pandemi," ungkapnya.

"Ini tidak lepas dari koordinasi yang baik antara AP II, maskapai, serta stakeholder lainnya dalam mengelola dan mengakomodir permintaan yang tumbuh di tengah periode pemulihan," tuturnya.

Muhammad Awaluddin menekankan pencapaian AP II mencetak rekor tertinggi jumlah penumpang pesawat pada Mei 2023 ini merupakan hasil dari keberhasilan perseroan menangkap peluang di tengah periode pemulihan.

"Di tengah periode pemulihan ini menjalankan program regrowing business ecosystem yang salah satunya adalah mendorong pertumbuhan bisnis aeronautika dengan target slot time penerbangan yang tersedia di bandara harus dimaksimalkan dan dioptimalkan melalui sinergi dengan maskapai," sebutnya.

"Kami melihat pemulihan sektor penerbangan nasional semakin baik. Ini terlihat dari realisasi penumpang di bandara AP II yang mencetak rekor tertinggi," tambahnya.

Di samping itu, Director of Operation AP II, Wendo Asrul Rose menuturkan, kesiapan aspek operasi di bandara menjadi kunci bagi perseroan sehingga dapat mencetak rekor.

Seluruh personel bandara baik di sisi udara (airside) dan sisi darat (land side) serta diperkuat prosedur operasi yang baik mampu menjaga operasional bandara dan lalu lintas penerbangan dengan lancar.

"Kecukupan dan kemampuan personel bandara AP II sangat mendukung kelancara operasional bandara baik di airside dan landside. Ini juga didukungn dijalankannya prosedur operasi dengan baik di bandara-bandara AP II," ujar Wendo Asrul Rose.

Di sisi lain, Director of Engineering AP II, Agus Wialdi menuturkan, seluruh fasilitas juga dapat mendukung tingginya lalu lintas penerbangan pada Mei 2023.

"Fasilitas di airside seperti runway, taxiway dan apron di 20 Bandara AP II dapat optimal mendukung penerbangan," pungkasnya.

Penulis: Bayu Derriansyah
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Hinca Panjaitan desak Kejati Riau usut tuntas dugaan korupsi di PT PHR (foto/ist)Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Ketua DPW Pujakusuma Riau, Muhdi Prasojo serahkan SK ke Rinaldi Marsa untuk menahkodai Pujakusuma Pelalawan (foto/Andy)Terima SK, Rinaldi Marsa Resmi Pimpin Pujakusuma Pelalawan
Bupati Inhu, Rezita memulai kegiatan dengan senam bersama masyarakat di Lapangan Porpes, Batang Peranap (foto/andri)Antusias Warga Senam Bersama Bupati Inhu dalam Agenda Irama Desa di Batang Peranap
Aliya Nengsih (foto:ist) Aliya Nengsih, Mahasiswa Fikom Umri Raih Medali Emas Kejuaraan Internasional Taekwondo
Sekda Rohil, Fauzi buka Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045 (foto/afrizal)Sekda Rohil Resmikan Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045
  Kendaraan sumbu tiga belum boleh lewati Jalur Lembah Anai (foto/int)Jalur Lembah Anai Resmi Dibuka, Hanya Kendaraan Ini yang Boleh Lewat
Afrizal Sintong-Setiawan resmi terima SK dari DPP PKS sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Rohil (foto/Afrizal)Afrizal Sintong-Setiawan Resmi Diusung PKS di Pilkada Rohil 2024
Walikota Dumai (kiri) Paisal bersama Pj Gubri, SF Hariyanto (foto/Yuni)Perbaikan Infrastrukur di Dumai Gencar Dilakukan Pemprov Riau, Ini Reaksi Wako Paisal
Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni mengungkap motif pembunuhan Putri di Parit Atmo (foto/afrizal)Kapolres Rohil: Pembunuhan Putri di Parit Atmo Dipicu Api Cemburu
Ilustrasi HET baru Minyakita resmi diberlakukan (foto/int)Dikeluhkan Pembeli, Ini Harga Jual Minyakita di Pedagang Eceran Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved