www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Paripurna HUT ke-240 Pekanbaru, Ini Harapan Pj Wako Risnandar Mahiwa
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Ini Cara Supaya Koper Bagasi Jemaah Haji Tidak Nyasar dan Tertukar
Sabtu, 27 Mei 2023 - 10:34:01 WIB

PEKANBARU - Sabtu (27/5/2023), jemaah calon haji dari Provinsi Riau sudah berangkat ke Tanah Suci. JCH yang berangkat dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Indragiri Hilir (Inhil).

Karena ramainya jemaah haji dari Indonesia, ternyata ada tips agar koper bagasi tidak tertukar dengan JCH lainnya. Itu disampaikan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab.

"Penyelenggaraan haji tahun ini, Jemaah mendapatkan koper bagasi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kopernya lebih bagus dan ada rodanya, hanya saja sarung (cover) nya sama berwarna merah putih,” sebut Saiful Mujab, dilansir dari mediacenter.riau.go.id, Sabtu (27/5/2023). 

Supay koper tidak tertukar sebab sarungnya sama, Saiful menyenut, setidaknya ada dua tanda pengenal koper Jemaah. Pertama, di setiap koper Jemaah ada id card atau pengenal berupa barcode yang bisa di-scan atau dipindai memakai aplikasi Haji Pintar.

“Di setiap koper besar bagasi dan kabin ada id card atau pengenal selain di diri Jemaah berupa barcode. Jemaah bisa cek isi id card (barcode)-nya melalui aplikasi Haji Pintar, di situ akan muncul nama, kloter, dan pemondokan Jemaah,” ujar Saiful. 

Kedua, di setiap koper ada tali pita terikat dengan warna berbeda setiap embarkasi. Menurutnya, koper dengan tali pita berwarna ini memudahkan ketika pemulangan dengan mengelompokkan koper sesuai warnanya.

“Insyaallah dari pihak Arab Saudi juga akan memberikan identitas ini, sehingga kalau ada koper nyasar, maka tinggal membaca barcode-nya,” ujar Mujab.

Ia menambahkan, bila koper tertukar, hilang atau terpisah, Jemaah harus harus melaporkan dan koordinasi dengan petugas sektor.

“Petugas akan melacak apakah koper yang dibawa truk dari bandara sudah tepat jumlah dengan jemaah, dan kalau sudah tepat jumlah apakah berhenti di satu atau dua hotel. Sejauh ini, kasus koper hilang, tertukar atau nyasar bisa diatasi,” imbuhnya. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Paripurna HUT ke-240 Kota Pekanbaru.(foto: meri/halloriau.com)Paripurna HUT ke-240 Pekanbaru, Ini Harapan Pj Wako Risnandar Mahiwa
Kampus Unri.(foto: int)Jika Lebihi Kuota, Unri Terapkan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri PBUG/PBM 2024/2025
Hujan ringan di Riau hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau Hari ini: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian korban Nelayan hilangPencarian Nelayan Hilang di Selat Malaka Memasuki Hari Ketiga, Belum Membuahkan Hasil
Kondisi jalan Sesap- Sungai Nyiur saat dilakukan pengerjaanGugatan Kontraktor Jalan Sesap Dikabul Pengadilan, Pemkab Kepulauan Meranti Melawan
  Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 24 Juni 2024: Hati-hati dengan Rongrongan Orang Terdekat
Titik panas di Sumatera.(ilustrasi/int)47 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Nihil Titik Panas
ilustrasi: Missed Call.Jangan Telepon Balik Missed Call dari Nomor Ini!
Bakal calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho unggul di Survei Pilwako 2024 (foto/int)Unggul Terus di Survei Pilwako Pekanbaru, Agung Nugroho Klaim Raih Dukungan 4 Partai
Wako Dumai, Paisal bertemu dengan Ketua TKP PPDS, dr Arief Budiyanto di auditorium Wiyata FK-KMK UGM (foto/bambang)Gandeng UGM, Pemko Dumai Bakal Kirim 10 Dokter untuk Pendidikan Spesialis
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved