www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harga TBS Kelapa Sawit Mitra Plasma di Riau Pekan ini Capai Rp3.012/Kg
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


UKW PWI Riau Angkatan XIX-XX Bersama SKK Migas, 50 Peserta Kompeten
Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:11:52 WIB

PEKANBARU - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIX dan XX yang digelar PWI Riau resmi ditutup oleh Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang di Hotel New Hollywood, Jalan Kuantan Raya, Kota Pekanbaru, Kamis (20/10/2022).

Hasilnya, dari total 57 peserta UKW sebanyak 50 orang dinyatakan sebagai wartawan kompeten. Dengan demikian, 7 peserta dinyatakan tidak kompeten pada UKW yang digelar selama dua hari itu.

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada yang lulus UKW dan dua peserta terbaik. Dia mengatakan bahwa kegiatan UKW bukan sekadar formalitas untuk mendapatkan kartu UKW.

"Materi UKW banyak sekali manfaatnya, terutama tentang aturan hukum yang diatur Undang-undang Pers serta kode etik jurnalistik. Tentunya materi tersebut sangat berguna bagi kawan-kawan wartawan dalam menjalankan tugas di lapangan," kata Zulmansyah.

Menurutnya, peserta yang belum lulus UKW bukan berarti tidak memahami UU Pers dan kode etik. Namun, lebih kepada lalai dan abai terhadap peraturan dan kode etik yang mengatur perilaku wartawan.

"UU Pers dan kode etik ini harus kita taati dalam menjalankan tugas di lapangan. Kalau tidak maka akan berhadapan dengan hukum. Sekarang wartawan juga bisa kena sanksi pidana selain dijerat UU ITE. itu banyak terjadi. Oleh karena itu, jangan sampai kita melanggar hukum," tuturnya.

Zulmansyah yang juga mengantongi sertifikat ahli pers dari Dewan Pers ini berharap peserta yang dinyatakan kompeten jadi lebih profesional dalam menjalankan tugas kewartawanan. Dengan begitu akan terwujud pers yang berkualitas.

"Untuk itu, dalam bertugas di lapangan ada adab dan tata cara yang diatur kode etik dan UU Pers. Kawan-kawan yang lulus tentu sudah bertambah pemahaman dan wawasannya. Boleh juga ditularkan dan dieduksikan ke wartawan-wartawan di lapangan," ujarnya.

Sementara itu, kepada peserta yang tidak lulus UKW, Zulmansyah berharap tidak berkecil hati. Sebab, masih ada kesempatan untuk mengulang enam bulan ke depan.

Sebagai informasi, pelaksanaan UKW dua angkatan ini ada sebanyak 10 Kelas, terdiri dari 7 kelas jenjang muda, 2 kelas jenjang madya, dan 1 kelas jenjang utama.

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan sponsor SKK Migas Sumbagut KKKS Wilayah Riau, Sinarmas dan sponsor lainnya.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harga kelapa sawit plasma di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Kelapa Sawit Mitra Plasma di Riau Pekan ini Capai Rp3.012/Kg
Pj Bupati Inhil, Herman.(foto: sri/halloriau.com)Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
Ketua Bawaslu, Syamsurizal saat hadiri Rakornas di Medan.Mantabkan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera
  Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: int)Rombak Besar-besaran Jelang Pilkada Serentak 2024, Pj Gubri Evaluasi 6 Kadis dan Kaban
Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
Anggota Bawaslu Kepulauan Meranti Rio Andika, M.Pd dan M. Hafit, S.Sos saat menyampaikan hasil pengawasan coklit pada Rakor Evaluasi Pengawasan Coklit Daftar Pemilih di Bawaslu Provinsi Riau.Koordinasi Inten Dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved