www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Mantan Mahasiswa yang Curi AC di UIN Suska Berhasil Ditangkap, Ternyata Sudah 5 Kali Beraksi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pelayanan Ortopedi RSUD Arifin Achmad Riau Selevel Luar Negeri
Jumat, 05 Agustus 2022 - 21:39:18 WIB
Dokter Spesialis Ortopedi RSUD Arifin Achmad Riau, dr Muhammad Ihsan Sp.OT (K) Hip & Knee.
Dokter Spesialis Ortopedi RSUD Arifin Achmad Riau, dr Muhammad Ihsan Sp.OT (K) Hip & Knee.

PEKANBARU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau terus berinovasi agar rumah sakit pemerintah daerah Riau bisa memberi pelayanan setara dengan rumah sakit di luar.

Misalnya saja untuk pelayanan bedah panggul dan lutut, pelayanan RSUD Arifin Achmad Riau untuk penyakit itu tidak kalah dengan rumah sakit di Jakarta maupun di negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

"Untuk pelayanan bedah panggul dan lutut  di RSUD Arifin Achmad Riau sudah cukup baik. Dimana kita bisa melakukan tindakan tindakan yang sifatnya non operatif (operasi) dan operatif," kata Dokter Spesialis Ortopedi RSUD Arifin Achmad Riau, dr Muhammad Ihsan Sp.OT (K) Hip & Knee, melalui keterangan tertulis, Jumat (5/8/2022).

Dia menjelaskan, bedah panggul dan lutut tersebut salah satu cabang spesialis Ortopedi (bedah tulang). Jenis-jenis kasus pada bedah panggul dan lutut ini meliputi, masalah panggul dan lutut yang disebabkan trauma (kecelakaan), degeneratif (proses penuaan), dan cidera olahraga.

"Tiga masalah itu yang utama. Tapi masalah panggul dan lutut ini bisa disebabkan masalah kronis yang melibatkan panggul dan lutut, sehingga terjadi gangguan fungsi pada panggul dan lutut. Namun kita tetap bisa menyembuhkan penyakit tersebut seperti rematik dan lainnya," terangnya, seperti yang dilansir dari mcr.

Adapun tindakan bedah panggul dan lutut yang dilakukan di RSUD Arifin Achmad Riau, meliputi tindakan yang sifatnya non operatif (operasi) dan operatif.

"Tindakan non operatif itu meliputi pemberian obat-obatan, fisioterapi (latihan), atau edukasi pasien menurunkan berat badan. Tindakan operarif, tentu menggunakan intervensi bedah, dan menggunakan implan," sebutnya.

"Yang paling populer di negara tetangga Malaka, Malaysia. Banyak masyarakat kita pergi ke Malaka untuk ganti sendi panggul dan sendi lutut. Alhamdulillah di RSUD Arifin Achmad bisa kita lakukan tindakan itu. Artinya segala penyakit yang melibatkan sendi panggul dan lutut yang memerlukan tindakan pemasangan sendi palsu (implan), itu bisa dilakukan disini. Karena kita sudah memiliki fasilitas itu," ungkapnya.

Kemudian untuk penyakit panggul dan lutut karena cidera olahraga, misalnya olahraga bola kakinya cidera karena ada urat lututnya putus.

"Jadi urat yang putus itu bisa kita lakukan rekontruksi dengan menggunakan alat Atroskopi. Alat ini juga yang sedang populer di Jakarta, Malaysia dan Singapura. Di mana yang dulu mereka tidak terlalu agresif mengobati cidera lutut ini, sekarang sudah agresif agar fungsi lutut lebih maksimal. Dengan operasi rekontruksi, dengan menggunakan alat bedah invasif, sehingga lukanya tidak besar dan hanya beberapa centi saja. Dengan mengunakan teknis Atroskopi," jelasnya.

Untuk fasilitas bedah panggul dan lutut sendiri, lanjut dr Ihsan, RSUD Arifin Achmad Riau sudah sangat lengkap. Termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) juga sudah lengkap.

"Peralatan kita sudah lengkap. Bahkan sekelas Rumah Sakit Umum Daerah, setahu saya bisa disetarakan dengan rumah sakit swasta. Artinya fasilitas kita sudah bagus, dan setara dengan center-center lain di Jakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya," bebernya.

"Untuk SDM saya tidak sendiri, tapi dibantu tim psikoterapi. Kemudian, kalau ada penyakit lain kita juga sudah ada dokter penyakit dalam. Di mana biasanya pasien yang ganti sendi lutut itu rata-rata orang tua. Sehingga kita tidak bisa langsung lakukan tindakan operasi. Tapi kita harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam, jantung dan lainnya. Karena itu salah satu tim sebelum melakukan tindakan," terangnya.

dr Ihsan menyatakan  rata-rata pasien yang telah dilakukan tindakan merasa terbantu, karena selama ini kebanyakan pasien mengeluhkan nyeri dan sudah mobilisasi karena penyakitnya.

"Tapi setelah kita lakukan tindakan, pasien merasa terbantu. Sebab sebelum dilakukan tindakan pasien lebih banyak terbaring, namun setelah dilakukan tindakan sudah bisa jalan. Itu untuk pasien yang tua. Sedangkan pasien yang muda, misalnya cedera olahraga cukup banyak. Setelah kita tangani respon mereka cukup baik," jelasnya.

Selain itu, dr Ihsan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menganggap orang tua menderita penyakit panggul dan lutut hal yang biasa.

"Kadang ada tradisi di masyarakat kita itu kalau orang tua sakit panggul dan lututnya itu diminta untuk bersabar menerima kenyataan, karena sudah tua. Sebetulnya anggapan itu sangat salah, justru orang tua itu harus bebas nyeri dan rasa sakit. Karena diusia tua seharusnya tidak menderita," ungkapnya. *


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pihak keamanan UIN Suska Riau menangkap mantan mahasiswa yang kedapatan mencuri AC (foto/int)Mantan Mahasiswa yang Curi AC di UIN Suska Berhasil Ditangkap, Ternyata Sudah 5 Kali Beraksi
IPEMARU pertanyakan tempat hiburan Holywings yang disinyalir telah melakukan pelanggaran jam operasional (foto/Mimi)IPEMARU Datangi DPRD Pekanbaru Tanyakan Dugaan Holywings Langgar Jam Operasional Tempat Hiburan
OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru, diminta segera memaparkan program kerja untuk kegiatan tahun 2023 (foto/int)OPD di Pemko Pekanbaru Diminta Paparkan Program Kerja Tahun 2023
Stafsus Menkum HAM kunjungi lokasi pelemparan dua paket ganja ke dalam Lapas Kelas II A Pekanbaru (foto/Antara)Stafsus Menkum HAM Lihat Langsung TKP Pelemparan Ganja di Lapas Pekanbaru
Upacara serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan tongkat komando Satpol PP dan Damkar Pelalawan (foto/and)Sertijab Kasatpol PP Baru, Ini Pesan Bupati Pelalawan
  Kabid Perhubungan Darat, Misnan (foto/int)Dishub Rohil Minta Pemilik Bus AKAP Urus Izin
Jelang HUT Republik indonesia (RI) ke-77 tahun, berbagai persiapan terus dilakukan oleh Pemkab Rohil (foto/zal)Jelang HUT RI Ke-77, 32 Paskibra Rohil Terus Ikuti Latihan
Penyerahan donasi berupa 5 unit kamera digital kepada #SahabatKecilCanon Komunitas Belajar Realino, Yayasan Realino, Yogyakarta (10/8/2022). Dukung Kreativitas Generasi Muda, Canon Donasi Peralatan Fotografi di HUT ke-53 Datascrip
Harga sembako secara perlahan menunjukkan penurunan di Pekanbaru (foto/dok)Pekan Kedua Agustus, Harga Sembako Berangsur Turun di Pekanbaru
Gubernur Riau, Syamsuar mengajak agar semua pihak menjaga marwah Melayu (foto/int)Gubri Syamsuar: Kalau Marwah Melayu Tak Dipelihara, Orang Tak Segan dengan Kita
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Eka Hospital Resmikan Gatam Institute Orthopaedic & Spine Center
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved