www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Sambut Baik Food Estate, Kementan Segera ke Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Curah Hujan Tinggi, Pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Terkendala
Minggu, 24 Januari 2021 - 11:09:58 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara

PEKANBARU - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), menyatakan pengerjaan infrastruktur jalan bebas hambatan di Provinsi Riau saat ini mengalami kendala utama cuaca karena curah hujan di daerah tersebut tinggi.

"Intensitas curah hujan yang tinggi membuat tim proyek harus melakukan sejumlah pekerjaan untuk menangani tanah yang basah, seperti pembuatan subdrain, memasang pompa di sekitar lokasi pekerjaan dan pekerjaan perkuatan tanah (soil improvement). Ini menjadi tantangan yang kerap kali dijumpai di lapangan," kata Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti, dalam pernyataan pers yang didikutip dari antarariau di Pekanbaru, Minggu (24/1/2021) .

Meski begitu, ia mengatakan HKI berupaya untuk menghadirkan solusi terbaik agar proyek Jalan Tol Trans Sumatera itu dapat selesai tepat waktu pada tahun 2021, dengan tetap sesuai kualitas yang disyaratkan.

"Kami juga rutin berkoordinasi dengan 'owner' yakni Hutama Karya, sehingga tak hanya selesai tepat waktu namun kualitas konstruksi jalan yang kami bangun juga maksimal," katanya.

Sebelumnya, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Muhammad Fauzan, mengatakan tetap optimis pengerjaan jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang akan selesai sesuai target yakni rampung pada tahun ini. Progres pembangunan konstruksi jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang hingga Januari 2021 mencapai 56 persen.

"Pembangunan konstruksi pada Tol Pekanbaru – Bangkinang cukup progresif. Hingga saat ini, progres konstruksinya sudah mencapai 56 persen. Sedangkan untuk proses pembebasan lahan yakni kegiatan pemberian Uang Ganti Kerugian (UGK) bagi masyarakat terus berjalan dengan metode pembayaran langsung melalui LMAN oleh Kementerian PUPR," katanya.

Ia menjelaskan Tol Pekanbaru – Bangkinang telah menerapkan teknologi BIM (Building Information Modelling) dalam tahap desain dan konstruksinya. Teknologi BIM merupakan representasi digital dari karakteristik fisik dan karakter fungsional suatu objek bangunan.

"Dalam rangka peningkatan compliancy desain jalan sesuai dengan arahan Dirjen Bina Marga, kami telah menerapkan teknologi BIM pada Tol Pekanbaru – Bangkinang. Teknologi ini mengandung semua informasi mengenai elemen bangunan yang digunakan sebagai basis pengambilan keputusan dalam kurun waktu siklus umur bangunan, sejak konsep hingga demolisi. Penggunaan teknologi BIM ini kami harapkan dapat mempercepat proses desain sehingga membuat pekerjaan dilapangan menjadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya, mutu dan waktu,” katanya.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 Kilometer (Km) merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) JTTS, yakni ruas Pekanbaru – Padang sepanjang 254 Km.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, jika terhubung secara keseluruhan, maka ruas Tol Pekanbaru – Padang akan berdampak besar pada kemajuan ilmu teknologi infrastruktur di Indonesia.

"Setelah berdiskusi dengan pihak Hutama Karya, akan ada rencana teknik pembuatan terowongan sepanjang 10 Km dengan kedalaman 200 meter. Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, ini berdampak besar bagi teknologi infrastruktur di Indonesia. Biasanya terowongan identik dengan negeri Sakura atau Jepang, sekarang kita terapkan di Indonesia," kata Firdaus. (*)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi banjir.Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada Banjir
Curah Hujan Tinggi, Ratusan Rumah di Bengkalis Terendam Banjir
  Petugas BPBD Rohil melihat salah satu rumah yang terendam banjir di bagan Punak Pesisir, Kecamatan Bangko.Curah Hujan Tinggi, BPBD Minta Kecamatan di Rohil Laporkan Korban Banjir

BERITA LAINNYA    
Gubri, Syamsuar diterima Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementan RI Jakarta, Kamis (4/3/2021).Sambut Baik Food Estate, Kementan Segera ke Riau
Unit Manager Communication, Relations & CSR RU II Pertamina Brasto Galih Nugroho memasangkan masker kepada salah satu pelajar.
Dukung Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pertamina Dumai Bantu 10.000 Masker
Pameran Motor Yamaha di Mal Ciputra.Ada Promo Maret Maxi Makin Greget di Masata Pekanbaru Fair Mal Ciputra
Personel TNI dan gabungan yang melaksanakan TMMD ke 110, melakukan Pembukaan akses jalan menuju ke puncak Desa Koto Ranah.Jalan Objek Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Sasaran TMMD ke-110
Sekda Abdul Haris, ikuti Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dengan Kepala Daerah se-Provinsi Riau bersama KPK RI, di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru.
Sekda Hadiri Rakor dengan KPK, Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Koordinasi
  Ilustrasi Covid-19Sebaran 7.264 Covid-19, Riau 87 Kasus Baru, 70 Sembuh, 4 Meninggal
Penyerahan bantuan oleh Bupati Siak dan istriBupati Siak dan Istri Serahkan Bantuan bagi Warga Kurang Mampu di Tualang
Satgas Covid-19 Kota Dumai mulai vaksinasi Covid-19 tahap 2 menyasar pelayanan publik.
Satgas Covid-19 Kota Dumai Mulai Vaksinasi Tahap II, Sasar 1.000 Orang
Kepala Dinas Sosial P3A Rohul, Hj Sri MulyatiPencabulan dan Kekerasan Anak Marak, KadisosP3A Rohul Sarankan Sekolah Tatap Muka Diaktifkan
Kunjungan audiensi Fakultas Pertanian UPP dengan Dinas TPH Rohul, membahas tentang isu utama budidaya tanaman pangan di Rohul.Fakultas Pertanian UPP Kolaborasi Program dengan Dinas TPH Rohul
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved