www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Evaluasi Kegiatan Pamsimas III Riau 2020
Ichwanul: Progres Kegiatan Pamsimas III Riau 2020 Capai 97,96%
Rabu, 09 Desember 2020 - 12:50:34 WIB
Penandatanganan BAST antara Kelompok Keswadayaan Masyarakat dengan PPK Air Minum, Tuti Juniarti, disaksikan Kepala Balai PPW Riau, anggota Komisi V DPR RI, dan Kasatker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau. Foto IST
Penandatanganan BAST antara Kelompok Keswadayaan Masyarakat dengan PPK Air Minum, Tuti Juniarti, disaksikan Kepala Balai PPW Riau, anggota Komisi V DPR RI, dan Kasatker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau. Foto IST

Baca juga:

Pengolahan Air Limbah Domestik dan Lumpur Tinja IPAL Pekanbaru
Tampung 8.100 Meter Kubik Air Limbah per Hari, IPAL Pekanbaru Beroperasi Akhir Tahun ini
Kabalai PPW Riau Instruksikan Penyedia Prioritaskan K3

PEKANBARU - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Progres kegiatan Pamsimas di Provinsi Riau hingga kini sudah mencapai 97,96 persen, dimana desa dengan progress 100 persen dan telah melaksanakan fungsi ada sebanyak 91 desa sedangkan 48 desa lainnya belum menyelesaikan kegiatannya.

Program Pamsimas merupakan program yang berbasis masyarakat dimana masyarakat diajak terlibat langsung mulai dari awal perencanaan, pelaksanaan, operasional dan pengembangan.


Sebab itu dibutuhkan tim di tingkat kabupaten melalui kolaborasi Tim District Project Management Unit (DPMU)/Pemerintah Daerah dan Tim Regional Oversight Management Service (ROMS) kabupaten yang handal untuk melakukan penguatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat secara terus menerus.

Demikian disampaikan Kepala Balai PPW Riau, Ichwanul Ihsan saat rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Program Pamsimas III Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa (8/12/2020).

Rapat evaluasi ini dihadiri anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi Maazat, Kasatker Pelaksanaan, PPK Air Minum, Ketua DPMU Pamsimas se-Provinsi Riau, tenaga ahli ROMS 4 Pamsimas Provinsi Riau, fasilitator Pamsimas se-Provinsi Riau, KKM dan KP SPAMS Desa (Reguler, HID, HKP) melalui video conference.


Dikatakan, Program Pamsimas III di Provinsi Riau sudah sampai di penghujung tahun 2020 dimana pada tahun ini terdapat 139 desa sasaran yang terdiri dari 39 desa reguler, 74 Desa Hibah Insentif Desa (HID), 26 Desa Hibah Khusus Pamsimas (HKP) yang semua anggarannya bersumber dari APBN.

Ichwanul menyampaikan progres kegiatan provinsi sampai saat ini masih 97,96% dimana desa dengan progress 100 persen dan telah melaksanakan fungsi ada sebanyak 91 desa sedangkan 48 desa lainnya belum menyelesaikan kegiatannya.

“Untuk itu diharapkan kepada DPMU dan ROMS kabupaten dapat mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan dengan sisa waktu yang ada," harapnya.


Kegiatan ini sebagai suatu momen untuk mengevaluasi capaian kinerja yang telah dilaksanakan selama tahun 2020 dan sebagai tindak lanjut terhadap permasalahan dan kendala selama pelaksanaan kegiatan, sehingga permasalahan dan kendala ini tidak terulang lagi pada tahun berikutnya.

Apresiasi Kinerja Balai PPW Riau
Sementara itu, anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi Maazat menyampaikan apresiasi kepada Balai PPW Riau atas prestasi yang telah diraih tahun 2020, baik prestasi pada lomba-lomba yang diadakan Kementerian PUPR maupun capaian prestasi kinerja yang telah melebihi dari rata-rata nasional. Hal ini tentu tidak lepas dari kinerja semua lini, dimulai dari pimpinan sampai kepada staf di Balai PPW Riau.

“Sebagai wakil rakyat dapil Riau tentu saya memiliki tanggung jawab untuk memastikan dana APBN dari pusat dan setiap program ke PU-an yang ada di pusat harus saya pastikan ada objeknya di Provinsi Riau”, ujarnya.

Program Pamsimas ini adalah program yang berbasis masyarakat, dalam rapat Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR selalu disampaikan bahwasannya Komisi V DPR RI selalu memastikan program yang berbasis masyarakat ini mesti terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Apalagi saat ini kondisi dalam situasi pandemi covid-19.


“Setelah kegiatan ini dilaksanakan, infrastrukturnya sudah dibangun dan sudah bisa dimanfaatkan agar selanjutnya pemeliharaan infrastruktur tersebut harus selalu jaga dan ini merupakan tanggung jawab desa setelah diserah terima kelolakan nantinya," harapnya.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima antara Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dengan PPK Air Minum, Tuti Juniarti yang disaksikan Kepala Balai PPW Riau, anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi Maazat dan Kasatker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Yenni Mulyadi.

Editor: Budy Satria



   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Salah satu baliho sosialisasi Abdul Wahid sebagai bakal calon gubernur Riau (foto:rinai/halloriau) Lebih Baik Kembali ke DPR RI Daripada Jadi Wakil, PKB Pastikan Abdul Wahid Bacalon Gubri
Pj Gubri, SF Hariyanto dijadwalkan buka MTQ Tingkat Provinsi di Dumai (foto/int)Lusa, Pj Gubernur Riau Buka MTQ ke-42 Tingkat Provinsi di Dumai
  LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
Macet di Jalan Sudirman Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Pengendara di Pekanbaru Keluhkan Pak Ogah, Sembarangan Beri Jalan untuk yang Beri Uang
Irvan Herman saat bersama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (foto/ist)Irvan Herman Masuk Kandidat Potensial Calon Walikota Pekanbaru, Komunikasi Politik Mulai Dijalankan
Pj Gubri SF Hariyanto meminta dukungan dari Menhub RI, Budi Karya Sumadi (foto/int)Pj Gubri Minta Dukungan Menhub dalam Gebyar BBI/BBWI 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved