www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Terganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Seminar FPK Riau, Gubri Serukan Kelola Kemajemukan, Kapolda Minta Raih Kemajuan dengan Kebudayaan
Selasa, 01 Desember 2020 - 16:26:57 WIB
ist
ist

PEKANBARU - Gubernur Riau Drs Syamsuar, M.Si dan Kapolda Brigjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, S.Ik, M.Si memberikan materi pada seminar yang ditaja Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau. Pada Seminar yang diikuti sekitar 160 orang peserta dari 51 Paguyuban se Provinsi Riau dan Forum RT RW Pkanbaru ini, Gubri menyerukan mengelola kemajemukan. Sementara Kapolda lebih menekankan upaya meraih kemajuan dengan Kebudayaan.

Seminar yang bertemakan Budaya Sebagai Kunci Kejayaan Bangsa ini dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Pekanbaru, Selasa (01/12/2020). Tampil sebagai Moderator akademisi ternama Dr Santoso, SS.M.Si dengan menampilkan tiga pembicara. Masing-masing Gubernur Riau Drs H Syamsuar, M.Si yang diwakili Kepala Kesbangpol Drs Kaharudin, M.Pd, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH,S.Ik, M.Si dan budayawan Syaukani Alkarim.

Kapolda Riau dalam paparannya menjelaskan dibanding negara-negara maju, kita masih mengalami berbagai ketertinggalan. Untuk mengejar ketertinggalan, bisa dilakukan melalui operasional konsep kebudayaan ysmg dipahami dalam pikiran kita.

"Konsep kebudayaan diubah atau dibuat menjadi menjadi formulasi yang makin tajam, kuat dan mengkhusus, mewujudkan kebudayaan Melayu yang mampu meraih kejayaan. Untuk itu sudah saatnya kita menetapkan capaian Riau bermarwah, Provinsi Riau yang memiliki martabat, kehormatan, kemuliaan dan pangkat yang tinggi," katanya.

Irjen Pol Agung juga menyentil upaya mejaga kebudayaan Melayu. Menurutnya kita harus mempu menjadikan manusia dan kebudayaan Melayu bersatu dalam sistem pengetahuan yang ada dalam setiap kepala manusia untuk mengorganisasi dunianya, guna membangun kelakuannya sendiri dan memahami kelakuan orang lain serta adaptif.

"Menjaga kebudayaan dengan menetapkan identitas kebudayaan masing-masing, mejalankan tradisi dan kegiatanya, menjadi bagian dari masyarakat kebudayaan yang aktif dan aktualisasi kebudayaan Melayu," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar diwakili Kepala Badan Kesbangbangpol Drs.Kaharudin, M.Pd secara resmi membuka seminar. Gubri Syamsuar dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Kaharudin mengatakan, upaya yang perlu dilakukan saat ini adalah bagaimana memadukan kemajemukan menjadi silaturahmi yang harmonis.



"Bagaimana kita bisa mengelola kemajemukan yang ada dan meningkatkan komunikasi. Keberagaman etnis jangan menjadi bibit pertengkaran,  tapi untuk perkokoh persatuan," seru Gubri dalam amanatnya pada seminar yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta,  Pekanbaru,  Selasa (1/13/2020).

Sementara itu,  penasehat FPK Riau  Datuk Seri Alazhar Al azhar dalam sambutannya mengatakan,  kejayaan Riau ini akan terwujud jika semua elemen masyarakat kukuh bersatu. "Jika sebanyak 51 paguyuban ini satu tekad kukuh menjaga persatuan, maka cita cita kejayaan Riau tak mustahil dapat kura raih," ujar Datuk Seri Alazhar.



Ketua FPK Provinsi Riau Ir.AZ Fachri Yasin, M.Agr mengatakan seminar yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Pekanbaru ini merupakan rangkaian seminar yang dilaksanakan FPK Riau awak Desember 2020 ini. Dikatakan dalam rangka terus merawat pembauran kebangsaan, akhir tahun ini FPK akan melaksanakan tiga seminar. Acara dilaksanakan 1, 5 dan 7 Desember 2020 di sejumlah hotel di Kota Pekanbaru.

Ketua Panitia pelaksana Dr Hinsatopa Simatupang, MM usai acara acara mengakui puas dengan pelaksanaan seminar. Dia mengucapkan terima kasih pada semua Panitia yang telah bertungkus lumus hingga berjalan suksesnya acara. "Terima kasih juga disampaikan kepada kawan-kawan dan semua pihak yang membantu hingga terselanggranya acara ini dengan baik," katanya. (rls/sp)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Riau, Ikhwan Ridwan Jabatan Masrul Kasmy Berakhir 15 Januari, Gubri Akan Tunjuk Pj Sekdaprov
Polda RiauPolda Riau Masih Sisakan 879 Kasus Kejahatan yang Belum Terselesaikan
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam EffendiAkhir 2020, Polda Riau Masih Sisakan Satu Kasus Karhutla
  Gubri, H SyamsuarGubri Minta OPD Buat Laporan Tertulis Kinerja 2020
Gubri Syamsuar dan istri di sebuah acaraKetika Gubri dan Istri Sembuh dari Covid-19 Setelah Dirawat 23 Hari di Rumah Sakit
dr Indra YoviGubri Tunggu Kebijakan Tim Dokter untuk Kembali Beraktivitas

BERITA LAINNYA    
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Suzuki New CarryLebih Kokoh, Tangguh di Berbagai Medan, New Carry Dibanderol Rp163 Juta
ilustrasiRutan Pekanbaru Terima 40 Tahanan Titipan Kejari Pelalawan
  BTS XLTingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, ST, MT menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Kamis (21/1/2021). GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin (kiri) menyerahkan secara simbolis hygiene kits dan sarana cuci tangan portabel (foto kanan)PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru-Bengkalis
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta YhudistiraDor!!! Polres Dumai Bekuk 2 Tahanan Kabur
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved