www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kasus Rasisme Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Sudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
Minggu, 25 Oktober 2020 - 22:52:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), Jeong Eun-kyung, mengatakan setidaknya ada 48 orang warga Korea Selatan meninggal dunia setelah mendapat suntikan vaksin flu pada hari Sabtu (24/10/2020).

Namun hingga kini tidak ditemukan kaitan langsung dengan vaksin yang diberikan, sehingga program vaksinasi tetap dilanjutkan.

Merujuk pada sebuah kajian, KDCA menyebut tidak menemukan kaitan langsung antara suntikan vaksin flu dengan 26 kasus kematian yang telah diselidiki, sehingga program vaksin terus dijalankan untuk mencegah terjadinya epidemi flu berbarengan dengan pandemi Covid-19 pada musim dingin.

"Setelah meninjau kasus kematian sejauh ini, ini bukan saatnya untuk menghentikan program vaksinasi flu karena vaksinasi sangat penting tahun ini, mengingat wabah Covid-19," jelas Direktur KDCA Jeong Eun-kyung, dikutip dari laman Reuters.

Sekitar 20 hasil otopsi awal dari kepolisian dan National Forensic Service menunjukkan bahwa 13 orang meninggal karena penyakit kardiovaskuler, serebrovaskuler, dan penyakit lain yang tidak disebabkan oleh vaksinasi.

Meningkatnya kematian telah menyebabkan beberapa dokter dan politisi menyerukan penghentian kampanye pemerintah untuk memvaksinasi sekitar 30 juta dari 54 juta penduduk negara itu.

Sementara mendorong masyarakat untuk mendapat vaksin flu, Jeong menyarankan langkah tindakan pencegahan yang harus dilakukan sebelum mendapatkan suntikan. Seperti minum cukup air dan memberitahu petugas kesehatan tentang kondisi medis yang mendasarinya.

Selain itu, Jeong juga menyarankan orang untuk menunggu 15 hingga 30 menit sebelum meninggalkan klinik tempat mereka menerima vaksin.

"Jika memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan vaksinasi flu saat cuaca hangat, karena ada kekhawatiran bahwa suhu rendah dapat mempengaruhi penyakit pembuluh jantung dan penyakit pembuluh otak," jelasnya, dikutip okezone.

KDCA mengatakan, ada 9,4 juta orang telah mendapat vaksin flu pada hari Jumat (23/10/2020) dalam program yang dimulai pada bulan September, dengan 1.154 kasus reaksi merugikan.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai dr Syaipul menjadi narasumber saat pembentukan Pokja persiapan dan penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19 di Dumai, baru-baru ini di Hotel Grand Zuri Dumai.Dumai Tunggu Jatah Vaksin Tahap 2 Sebanyak 960 Dosis
Bupati Rohul SukimanBupati Sukiman Dukung Vaksinasi Covid 19 di Rohul Tahap I Termin 2
IlustrasiTensi Tinggi Tidak Boleh Disuntik Vaksin, Ini Alasannya
  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga HartartoAirlangga: Vaksin Mandiri Tetap Gratis
Ilustrasi​Soal Vaksinasi, Begini Kata MUI Pekanbaru
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirPakar Ingatkan Vaksinasi Tak Jadikan Kebal Covid-19

BERITA LAINNYA    
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo YuwonoKasus Rasisme Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indra AgusKadis ESDM: Keputusan Kelola Blok Rokan Ada di BUMN Pertamina
Ilustrasi170 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh, 2 Orang Meninggal Dunia
  Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan12 Kecamatan di Pekanbaru Sudah Berstatus Zona Kuning Covid-19
Pelepasan atlet Futsal Kepulauan Meranti untuk mengikuti Kejurda oleh KONI Kepulauan MerantiKeberangkatan Tim Futsal Kepulauan Meranti ke Kejurda Riau Dilepas Ketua KONI
Walikota Pekanbaru, H FirdausWako Pekanbaru: Belajar Tatap Muka Mulai Awal Februari di Zona Kuning
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved