www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Mobil Dokter Terbakar di Parkiran RS Aulia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ayo Gunakan Masker yang Benar! Masyarakat Riau Diingatkan Patuhi Protokol Kesehatan
Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:56:32 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau kembali mengingatkan masyarakat di Provinsi Riau untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, kasus pasien terkonfirmasi positif di Riau kembali alami kenaikan setelah beberapa hari sebelumnya turun.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menegaskan, jika masyarakat saat ini tidak mendisiplinkan diri maka kasus positif akan terus bertambah, terutama bagi Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dari data Diskes Provinsi Riau pada Rabu (21/10/2020), terjadi penambahan kasus positif sebanyak 322 kasus dan total terkonfirmasi 12.318 kasus. Yang mengisoalsi mandiri sebanyak 2.563 orang, rawat di rumah sakit sebanyak 1.122 orang.

"Sekarang ini kasus meningkat lagi, bahkan di Bengkalis meningkat tinggi hingga mencapai 64 kasus. Pekanbaru masih yang tertinggi penambahannya 153 kasus, disusul Kota Dumai, Siak, Kampar dan Kuantan Singingi. Penyebabnya naik ini karena memang masih banyak warga yang tidak disiplin dengan protokol kesehatan," kata Mimi.

Dijelaskan, untuk penambahan kasus positif di Riau ini, yang swab mandiri masih tinggi, terutama di Pekanbaru. Sedangkan di daerah lain, penyebaran dari hasil tracing dan kontak erat pasien positif sebelumnya. Untuk itu Mimi minta kepada masyarakat untuk selalu memakai masker yang benar, selain mencuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak.

"Untuk Kota Pekanbaru masih banyak dari swab mandiri yang mencapai 66 kasus dan selebihnya dari kasus positif sebelumnya termasuk daerah lain. Jadi disiplinlah memakai masker, pakai masker yang tepat dan benar jangan pakai masker hidungnya nampak, letaknya di dagu, masih banyak yang ngumpul di kafe dan restoran, sekarang ini yang biasa jadi luar biasa yang mengakibatkan penambahan positif terus meningkat," tegas Mimi yangtak bosan-bosannya mengingatkan patuhi protokol kesehatan.

Cara Memakai Masker yang Benar
Pandemi Corona sampai saat ini masih berlangsung hingga membuat kasus baru terus meningkat. Untuk mencegah angka ini terus meningkat, perlu menerapkan protokol kesehatan yang benar, seperti memakai masker yang benar, jaga jarak, sampai rajin cuci tangan.

Namun hingga kini masih banyak orang yang memakai masker dengan cara yang salah. Misalnya, tidak menutup hidung, menurunkannya di dagu, bahkan memakai masker medis dengan cara dibalik. Sebenarnya, bagaimana cara memakai masker yang benar?

Ada berbagai jenis masker yang bisa digunakan, seperti masker medis, masker kain yang dianjurkan pemerintah, hingga masker N95 yang biasa digunakan para petugas medis di garda terdepan. Tentunya dengan cara yang benar dan tepat.

Dalam hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan panduan untuk mengetahui bagaimana caranya memakai masker yang benar. Ini dalam rangka untuk mencegah penularan virus Corona Covid-19.

Berikut cara pakai masker yang benar:
1. Bersihkan tangan
Sebelum menggunakan masker, baik masker kain, medis, dan jenis masker lainnya pastikan tangan dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan sabun dan air. Jika tidak ada, bisa gunakan hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol.

2. Masker harus menutupi hidung sampai mulut
Saat menggunakan masker, pastikan bagian hidung dan mulut tertutup masker dengan benar. Tidak ada celah di antara wajah dan masker, yang bisa menjadi jalan masuk virus.

3. Saat dipakai, usahakan jangan menyentuh masker
Ketika masker sedang digunakan, hindari untuk menyentuh bagian maskernya. Jika masker itu tersentuh tangan yang tidak bersih, bisa membuat virus yang mungkin menempel di tangan akan berpindah ke masker. Usahakan cuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer sebelum menyentuhnya.

4. Gimana cara buka masker yang benar?
Jika kamu ingin membuka masker yang telah dipakai, hindari untuk menyentuh bagian depannya. Buka masker dari belakang, tepatnya pada bagian talinya.

Jangan lupa, setelah melepas masker juga harus menjaga kebersihan tangan. Bisa menggunakan hand sanitizer atau akan lebih baik dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

Menurut dokter spesialis pulmonologi dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, dr Fitri Rahayu Sari, SpP, banyak juga yang keliru saat menggunakan masker, terutama masker medis. dr Fitri mengatakan, sebelum memakainya pastikan bagian tali dan kondisi masker dalam keadaan baik.

Tak hanya itu, saat menggunakan masker medis yang tersedia dari berbagai warna juga tidak boleh terbalik. Cara memakai masker yang benar yaitu dengan menempatkan sisi yang berwarna di bagian depan, sedangkan sisi putih ada di bagian yang menempel ke wajah.

"Untuk memakai masker medis yang ada berbagai macam warna, seperti hijau, pink, dan biru, yang bagian berwarna harus di depan, jangan sampai terbalik," jelasnya.

Editor: Budy Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiKasus Baru Covid-19 Riau Tambah 155 Positif, Pasien Sembuh 165 Orang
IlustrasiSudah 20.601 Orang di Riau Terpapar Covid-19, Pekanbaru Sumbang 9.945 Kasus
Gubernur Riau SyamsuarTiga Hari Dirawat, Kondisi Gubri dan Istri Terus Membaik
  Kantor Gubernur Riau434 ASN Pemprov Riau Sembuh dari Covid-19, 8 Meninggal
IlustrasiKadiskes Riau Klaim Kapasitas Tempat Tidur di Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Masih Memadai
IlustrasiSudah 176.472 Spesimen Swab Diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad

BERITA LAINNYA    
Warga sedang melihat mobil yang terbakarMobil Dokter Terbakar di Parkiran RS Aulia
istPerluasan Jaringan dengan Biaya Lebih Efisien, XL Axiata Uji Coba Open RAN di Indonesia Timur
Pelepasan  produk kertas dan rayon untuk tujuan Tiongkok, Turki, Pakistan dan Bangladesh. Pelepasan ini disaksikan oleh  Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Indrasari Wisnu Wardhana, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Wakil Bupati Pelalawan, Zardewan, Mill Operations Support Director RAPP, Mhd Ali Shabri Presiden Lepas Ekspor Senilai Rp23,75 T, RAPP dan APR Ekspor Kertas dan Rayon ke Berbagai Negara
  Jawalter S MPdPasien Terkonfirmasi Covid-19 di Inhu Capai 531 kasus
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani NazirPositif Covid-19 Riau Bertambah 155 Kasus, Sembuh 161 Pasien
Haail survei 4 Paslon di Pilkada BengkalisElektabilitas Abi-Herman Kejar Keunggulan Kasmarni-Bagus
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Penandatanganan Pakta Integritas Ikatan 4968
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved